Rok A Line adalah rok yang pas di pinggul dan semakin melebar ke bawah. Bentuk inilah yang terlihat seperti bentuk huruf “A” kapital. Istilah ini digunakan pertama kali oleh designer Christian Dior sebagai label untuk koleksi musim seminya di tahun 1955. Model rok ini semakin populer dari tahun ke tahun. Pola dasar rok A Line pun semakin banyak dicari seperti halnya pola dasar baju wanita.

Tips Memakai Rok A Line

Bawahan A Line merupakan rok andalan kaum wanita. Mengapa? Sebab rok model ini cocok untuk bentuk tubuh apapun dan tubuh wanita jadi berkesan ramping! Nah, berikut ini beberapa tips mengunakan model rok ini agar tampak semakin stylish.

  • Hindari memilih rok model A Line yang terlalu besar di bagian bawahnya. Sebab jika terlampau besar, proporsi tubuh tak jadi tampak ramping, malah sebaliknya.
  • Bagi yang memiliki tubuh ramping, cobalah masukkan atasan ke dalam rok. Ini akan membantu menonjolkan bentuk tubuh. Sedangkan bagi mereka yang punya pinggul lebar, sebaiknya keluargan bagian atasan. Tujuannya, untuk menutupi pinggul sehingga terkesan lebih ramping.
  • Untuk atasan, sebaiknya pilih model atasan yang pas di badan. Model atasan ini akan menyeimbangkan model rok A Line yang sudah cukup melebar. Hindari memilih model atasan gombrong atau tanpa bentuk.
  • Untuk ke kantor atau acara formal, padukan rok model ini dengan blouse dari bahan sutra dengan warna yang senada dengan warna rok. Bisa juga dipasangkan dengan kardigan leher bundar atau blouse lengan panjang. Lalu gunakan belt (ikat pinggang) dan model sepatu tertutup.
  • Untuk acara kasual, padukan rok dengan tank top atau t-shirt. Tambahkan belt model kepang dan sepatu model teplek.
  • Jika ingin tampak ‘nyeni’, padukan rok dengan outer berupa kardigan atau blus asimetris. Tambahkan pula scarf dan ikat pinggang yang lebar. Bawahannya, pakailah high heels.

Pola Dasar Rok A Line

Tak harus beli, rok model A Line sangat mudah dijahit sendiri. Dengan membuat sendiri, Anda pun lebih leluasa memilih motif bahan. Nah, berikut ini pola dasarnya.

Pola Dasar Ukuran S

Panjang rok: 96cm
Lingkar pinggang : 72cm
Lingkar panggul : 94cm

Pola Dasar Rok A Line S

Pola Dasar Rok Model A Line S (ukuran bisa disesuaikan dengan kebutuhan)

Pola Dasar Rok Model A Line Ukuran M

Panjang rok: 98cm
Lingkar pinggang : 80cm
Lingkar panggul : 102cm

Pola Dasar M

Ukuran M (ukuran bisa disesuaikan dengan kebutuhan)

Pola Dasar Rok Ukuran L

Panjang rok: 100cm
Lingkar pinggang : 86cm
Lingkar panggul : 108cm

Pola Dasar Rok A Line L

Pola Dasar Rok Ukuran L (ukuran bisa disesuaikan dengan kebutuhan)

Pola Dasar Rok Model A Line Ukuran XL

Panjang rok: 102cm
Lingkar pinggang : 92cm
Lingkar panggul : 114cm

Pola Rok XL

Ukuran XL (ukuran bisa disesuaikan dengan kebutuhan)

Pola Dasar Rok Model A Line Ukuran 4XL

Panjang rok: 106cm
Lingkar pinggang : 110cm
Lingkar panggul : 134cm

Pola Rok Ukuran 4XL

Pola Dasar Rok Ukuran 4XL (ukuran bisa disesuaikan dengan kebutuhan)