Bersumber dari Damarstudio.com, pola outer kimono ini terbilang simple. Pada contoh pola outer ini, bahan yang digunakan berukuran 120cm x 120cm. Tentu saja Anda bisa menyesuaikan dengan ukuran badan dan bahan yang dimiliki. langkah pembuatannya terbilang simple. Jika ingin mengukur lebih detil, Anda bisa melihat artikel rumus pola atasan wanita dan juga artikel rumus pola lengan wanita.

Nah, outer atau baju luaran bukan hanya sebagai penghangat tubuh saat bepergian. Lebih dari itu, outer mampu mendongkrak penampilan. Bagi mereka yang mengenakan busana muslim, outer bisa jadi salah satu cara untuk tampil stylish.

Tips Memilih Model Outer

Ada berbagai model outer atau pakaian luaran yang bisa ditemukan saat ini. Mulai dari jaket, rompi, blazer, outer kimono dan lain sebagainya. Anda bisa memilih model outer sesuai dengan gaya yang ingin ditampilkan. Berikut beberapa tips memilih model outer.

• Outer formal

Jika ingin tampil lebih formal, padukan setelan kaos dan celana jeans dengan outer berupa blazer. Kaos akan sedikit tertutup dengan blazer, begitu pula dengan celana jeans.

• Outer warna gelap

Jika mempunyai tubuh gemuk, mengenakan outer bisa jadi solusi untuk tampil lebih ramping. Mereka yang bertubuh gemuk bisa memilih outer berwarna gelap agar mengurangi tampilan volume tubuhnya.

• Tone warna yang sama

Tak perlu ragu memilih outer bermotif. Outer bermotif tetap bisa dipadukan dengan busana yang juga kaya motif. Perhatikan saja tone warnanya. Keduanya sebaiknya memiliki tone warna yang senada. Perpaduan kedua motif memang akan memberi kesan ramai. Namun tone warna yang sama akan membuatnya menarik untuk dilihat.

Pola Outer Kimono Simple

Untuk membuat pola outer model kimono simple ini, siapkanlah terlebih dahulu kertas pola. Kertas pola bisa menggunakan koran bekas atau kertas daur ulang yang telah disambung-sambung sehingga cukup lebar.

1. Gunakan kertas pola untuk menggambar pola seperti terlihat pada pola di bawah ini. Pola ini adalah pola outer separuh badan.

pola 1 outer 

2. Jika pola sudah disiapkan, lipat kain menjadi dua bagian. Pastikan bagian yang baik atau muka kain berada di atas. Potong kain mengikuti pola dan keterangannya. Nantinya jika dibentangkan, maka diperoleh hasil potongan seperti ilustrasi di bawah ini.

Pola Outer 2

3. Selanjutnya potong masing-masing bagian sesuai pola sehingga diperoleh tiga bagian utama seperti terlihat pada ilustrasi ini. Adapun bagian-bagian tersebut meliputi bagian badan, bagian lengan sebanyak 2 potong dan bagian scraf.

Pola 3 Outer Kimono Simple

4. Kemudian jahit potongan lengan dan sambungkan dengan bagian badan. Jahit pula potongan scraf.

Pola Outer Kimono Simple 4

5. Jika sudah dijahit, maka akan diperoleh tampilan sementara seperti ilustrasi di bawah ini.

Pola 5 Outer Kimono Simple

6. Sekarang, jahit potongan scraf di bagian atas. Jahit satu sisinya terlebih dahulu.

Pola 6 kimono simple

7. Langkah selanjutnya, balikkan outer lalu jahit sisi lain dari potongan scraf.

Pola 7 outer kimono scraf

Setelah melalui tahapan-tahapan di atas, maka hasil akhir pola outer kimono simple pun berhasil diperoleh. Selamat mencoba!

Hasil akhir outer kimono simple