Selain menjahit baju, kerajinan tas dan dompet bisa jadi pilihan untuk para pemula yang sedang belajar menjahit. Kerajinan tas dan dompet ini bisa dibuat dari kain-kain perca ukuran sedang hingga ukuran kecil. Ada banyak pola tas dan dompet yang mudah untuk ditiru para pemula. Jika berhasil membuat satu karya saja, pasti keinginan untuk belajar menjahit semakin besar. Nah, berikut ini koleksi pilihan 10 pola tas dan pola dompet yang mudah ditiru para pemula. Selamat mencoba!

1. Tas Serut Dengan Dasar Bulat

Pola tas ini menggunakan pola dasar tas serut. Bedanya, bagian dasarnya dibuat tersendiri berbentuk bulat. Jika tak ingin bentuk bulat, bagian dasar tas juga bisa dimodifikasi menjadi bentuk lainnya. Misalnya elips atau persegi empat. Sedikit berbeda dengan tas serut pada umumnya, bagian tali serut tidak disembunyikan melainkan dibiarkan terlihat dari luar.

Source: Pinterest

2. Pola Tas Bento

Sering membawa bekal ke kantor? Atau ingin mengirimkan makanan ke orang terkasih? Tas bento ini bisa menjadi pilihan untuk membungkus wadah makanan. Tas bento ini berasal dari Jepang yang terkenal dengan budaya membawa bekal ke sekolah ataupun ke kantor. Terbilang sangat sederhana, pola tas bento ini hanya membutuhkan dua helai kain berbentuk segitiga.

source: Pinterest

3. Tas Peralatan Rajut

Suka merajut? Pola tas ini adalah pola untuk membuat tas wadah aneka peralatan merajut. Dengan tas ini, Anda bisa merajut di berbagai kesempatan tanpa harus repot membawa peralatan rajut. Tali tas yang lebar memudahkannya untuk diselipkan di lengan.

Source: Pinterest

4. Tas Segitiga

Pola tas ini sangat simple dan juga berasal dari Jepang. Untuk membuat tas ini hanya dibutuhkan selembar kain persegi panjang. Kemudian lipat kain tersebut dan tambahkan jahitan pada bagian tertentu. Selain kain persegi panjang, dibutuhkan pula sebuah tali tas. Tali ini bisa yang terbuat dari kain ataupun kulit.

Source: Pinterest

5. Tas Simpul

Ingin punya tas kain yang simple? Model tas simpul ini bisa jadi pilihan. Pola tas simpul ini sangat sederhana dengan bagian tali panjang dan pendek. Nantinya, tali tas yang lebih panjang akan diselipkan pada tali yang lebih pendek sehingga terbentuk kuncian. Dalam daftar pola tas dan dompet, pola tas ini paling banyak disukai lho!

source: pinterest

6. Tas Bolak Balik

Pola tas ini adalah sebuah pola tas bahu dengan dua sisi yang bisa dibolak balik. Polanya sangat sederhana namun tak kalah menarik dengan pola tas lainnya. Jika ingin lebih menarik, pilih kain dengan motif yang kontras sehingga mendapatkan tampilan tas yang benar-benar beda pada kedua sisinya.

7. Pola Dompet Koin

Dompet mungil ini sangat cocok untuk menyimpan banyak koin. Dompet dibuat dari dua potongan setengah lingkaran yang digabungkan dengan dasar berbentuk persegi empat.

8. Dompet Koin Besar dan Mini

Mirip dengan pola dompet sebelumnya, dompet ini bisa menjadi variasi lain model dompet untuk menyimpan koin.

9. Dompet Pesta Simple

Model dompet ini terbilang sederhana tetapi bisa dibawa ke berbagai acara termasuk ke acara pesta. Jika bisa merajut, pada bagian tutupnya bisa ditambahkan beberapa motif rajutan.