Cara Membuat Taplak Meja Dua Sisi, Mudah dan Pasti Bisa!

Cara Membuat Taplak Meja Minggu yang lalu saya bongkar-bongkar kamar belakang. Eh..nggak diduga ada setumpuk harta karun yang ditemukan. Kain perca…! Yup, potongan kain-kain sisa bikin sprei dan blouse tampak bertumpuk tak tersentuh. Mau dibuang tentu sayang banget. Otak saya pun berputar untuk memanfaatkan sisa-sisa kain ini. Hmm..sepertinya kain sisa-sisa ini bisa digunakan untuk bikin taplak meja! Nah, seperti apa hasilnya dan bagaimana langkah-langkah pembuatannya? Saya akan mencoba menuliskannya untuk kalian! Yuk, simak selengkapnya cara membuat tapak meja dua sisi berikut ini.

kain perca

Bahan-bahan untuk Membuat Taplak Meja Dua Sisi

Berbeda dengan taplak meja biasa, taplak meja dua sisi ini nantinya memiliki dua sisi yang bisa digunakan bolak-balik. Masing-masing sisi sebaiknya menawarkan warna yang berbeda. Tujuannya tak lain untuk mengubah suasana ruang tamu dengan cepat. Untuk kreasi taplak meja dua sisi ini, berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan.

1. Perlengkapan jahit

Siapkan perlengkapan jahit pastinya ya! Seperti benang dengan warna senada, jarum pentul, kapur jahit, meteran, dan juga gunting kain.

2. Dua macam kain perca dengan warna dan motif berbeda

Satu kain perca nantinya akan digunakan untuk satu sisi taplak meja dan satu kain perca lagi akan dipakai untuk sisi taplak meja lainnya.

3. Kain polos inma premium

Kain polos menjadi bahan utama untuk membuat taplak meja dua sisi ini. Kain polos dipilih agar motif kain perca terlihat cantik dan menonjol. Untuk mendapatkan kain polos, saya biasa belanja di marketplace Shopee atau Tokopedia. Setelah mencari-cari kain yang cocok, pilihan saya jatuh pada jenis kain inma premium di toko Mitra Mulia yang ada di Shopee. Untuk kreasi taplak meja dua sisi ini, saya memilih warna hijau dan warna coklat.

kain inma premium

Pesanan saya tiba dalam waktu yang terbilang cepat. Ketika membuka bungkus paket, saya takjub banget. Warna kain yang saya terima persis dengan deskripsi produk di toko Mitra Mulia. Artinya, foto produk yang ditampilkan akurat sehingga kalian nggak akan salah pilih warna kain untuk kebutuhan jahit apapun. Pilihan warnanya pun sangat lengkap, harganya bersaing dan pelayanannya juga bagus banget. Selain di Shopee, kalian juga bisa mendapatkan koleksi kain inma ini di toko Mitra Mulia Texindo yang ada di Tokopedia.

toko kain mitra mulia

Sebaiknya Kamu Tahu…!

Kain inma premium tergolong sebagai jenis kain yang baru. Kain impor dari Jepang ini memang bukan kain katun 100%. Seratnya yang halus dan sangat mirip tekstur kain katun terbuat dari material spun poly yakni campuran beberapa senyawa kimia. Meskipun berasal dari serat sintetis, namun kain inma premium ini cenderung adem dan jatuh. Teksturnya juga halus banget, pilihan warnanya beragam, warnanya pun tak mudah pudar, tak gampang kusut, mudah di setrika dan tidak menerawang. Dengan karakteristik seperti ini, kain inma premium cocok digunakan untuk bahan kemeja formal, blouse, busana syar’I, jilbab, aksesoris/ aplikasi dan beragam kebutuhan rumah tangga seperti taplak meja.

Mengukur Meja dan Menyiapkan Bahan untuk Membuat Taplak Meja Dua Sisi

Kreasi taplak meja dua sisi ini nantinya digunakan untuk meja ruang tamu. Taplak meja dua sisi tidak menutup seluruh permukaan meja melainkan hanya bagian tengahnya saja. Kedua sisi taplak meja dirancang menjuntai dengan ujung berbentuk segitiga. Untuk itu simak langkah-langkah mengukur meja sebagai pedoman untuk mengukur dan memotong bahan.

1. Pertama-tama ukurlah meja tamu kalian. Sebagai contoh, meja ruang tamu saya memiliki ukuran panjang 95cm dan lebar 54cm.

2. Lalu ukur pula panjang sisi taplak meja yang menjuntai. Panjang ujung taplak yang menjuntai ini terserah kalian yaa. Bisa 20cm atau 15cm.

mengukur meja tamu

3. Berdasarkan hasil pengukuran meja tamu, saya berencana membuat taplak meja dua sisi berukuran panjang 126cm dan lebar 35cm saja. Untuk itu, siapkan dua lembar kain polos inma premium dan potong dengan ukuran masing-masing panjang 126cm dan lebar 35cm. Untuk lebar kain, tambahkan 2cm untuk jahitan.

ukuran bahan taplak meja

4. Selanjutnya siapkan pula potongan kain perca motif yang akan jadi penghias taplak meja. Saya berencana meletakkan potongan kain perca memanjang di bagian tengah taplak meja. Adapun lebar ukuran kain perca ini 10cm saja dengan tambahan 2 cm untuk jahitan dan panjang 126cm sesuai panjang taplak meja.

potongan kain perca

Nah, bagaimana jika panjang kain perca tak mencapai 126cm? Tak perlu kuatir, kalian bisa menyambung kain perca tersebut. Gunakan teknik menyambung kain secara diagonal. Teknik ini akan menghasilkan sambungan kain yang lebih rapi dan juga estetik. Lihat panduan berikut ini yaa!

cara menyambung kain secara diagonal

Cara Membuat Taplak Meja Dua Sisi

Jika bahan-bahan telah disiapkan, selanjutnya ikuti langkah-langkah cara membuat taplak meja dua sisi berikut ini.

1. Siapkan terlebih dahulu kain perca yang akan dijahit di bagian tengah kain inma premium. Tekuk ke dalam sisi-sisinya selebar 1cm. Untuk memudahkan pengerjaan, buatlah alat bantu berupa keras karton selebar 10cm dan sepanjang kira-kira 20cm. Letakkan di bagian tengah kain perca, lalu tekuk dan setrika sisi-sisinya agar tertekuk dengan rapi.

2. Jika sudah, letakkan kain perca tepat di tengah bahan kain inma premium yang telah disiapkan. Gunakan jarum pentul untuk melekatkannya.

cara membuat taplak meja

3. Lakukan langkah yang sama pada kain perca kedua dan bahan kain inma kedua atau dalam contoh ini, perca motif bunga-bunga dan kain inma premium warna coklat.

4. Langkah selanjutnya, jahit kain perca dengan jarak kurang lebih 0.5cm hingga 1cm dari bagian tepi kain perca.

cara membuat taplak meja

5. Bila kedua perca sudah dijahit pada bagian tengah masing-masing bahan kain inma premium, berikutnya gabungkan kedua bahan tersebut dengan bagian luar taplak meja berada di dalam dan posisi saling berhadap-hadapan.

6. Satukan keduanya dengan menggunakan jarum pentul.

7. Potong ujung taplak meja sehingga didapat bentuk yang meruncing. Caranya, buatlah garis bantu terlebih dahulu dengan menggunakan kapur jahit. Barulah setelah itu gunting mengikuti garis.

8. Lakukan langkah yang sama pada bagian ujung taplak meja lainnya sehingga kedua ujung taplak meja memiliki bentuk yang meruncing.

cara membuat taplak meja

9. Berikutnya, jahit keliling taplak meja dengan mengambil jarak 1cm dari tepian kain. Jangan lupa untuk menyisakan bagian tengah (tidak dijahit). Bagian tengah yang tidak dijahit ini nantinya digunakan sebagai jalan untuk membalikkan hasil jahitan taplak meja.

menjahit taplak meja

10. Langkah selanjutnya, balik hasil jahitan sehingga bagian luar taplak meja berada di luar.

11. Gunakan setrika untuk merapikan tepi-tepi hasil jahitan.

12. Setelah itu, barulah jahit keliling seluruh tepian taplak meja dengan jarak 1cm dari tepiannya.

cara membuat taplak meja

13. Sesudahnya, kalian akan mendapatkan hasil akhir taplak meja dua sisi. Kalian bisa menggunakan setiap sisinya secara bergantian untuk mengubah suasana ruang tamu.

taplak meja dua sisi

Nah, demikianlah langkah-langkah cara membuat taplak meja dua sisi dengan memanfaatkan kain perca sebagai pemanis dan kain inma premium sebagai bahan utamanya. Selamat mencoba ya! Jika ada kesulitan, tinggalkan pertanyaan di kolom komentar ya…

Halo, blog ini menjadi tempat saya berbagi informasi seputar keterampilan wanita, gaya hidup, fashion, pengalaman pribadi dan hal-hal menarik lainnya. Semoga bermanfaat ya! ~ Puji Lestari (Blogger, Content writer, Sewing Hobbyist, Dreamer)

Puji Lestari