Tertarik untuk belajar menjahit? Pastinya mesin jahit menjadi peralatan utama yang wajib dimiliki. Saat ini ada begitu banyak pilihan mesin jahit dengan harga yang bervariasi. Saking banyaknya pilihan, penjahit pemula biasanya bingung dalam menentukan pilihan. Nah, untuk itu coba simak 5 tips memilih mesin jahit untuk pemula berikut ini.

Budget

Berapa budget dana yang Anda siapkan? Pertama-tama pertimbangkanlah jumlah dana yang Anda miliki. Carilah mesin jahit yang sesuai dengan dana, baik mesin jahit baru ataupun mesin jahit bekas.

Kesampingkan dulu tentang segala fitur canggih yang ditambahkan pada mesin jahit. Lihatlah saja pada fungsi utamanya untuk menjahit. Jika memang harus membeli mesin jahit bekas, pastikan mesin jahit masih bisa bekerja dengan baik. Tak ada salahnya kok membeli mesin jahit bekas pakai.

Memilih Mesin Jahit untuk Pemula 2

Memilih Mesin Jahit // Alibaba.com

Kebutuhan

Untuk apa membeli mesin jahit? Apakah untuk belajar menjahit saja dan membuat berbagai kebutuhan sendiri? Ataukan untuk mendirikan usaha? Dengan mengenali kebutuhannya, Anda bisa menentukan jenis mesin jahit yang hendak dibeli.

Merk mesin jahit

Ada beragam merk mesin jahit di pasaran. Ada merk mesin jahit yang sudah begitu populer, ada pula merk-merk mesin jahit baru. Dalam memilih merk mesin jahit, sebaiknya ketahui dahulu lokasi service center-nya.

Adakah service center mesin jahit merk tersebut di kota Anda? Apakah tukang service biasa bisa menangani kerusakannya? Keberadaan service center ini penting jika di masa depan ada kendala-kendala yang Anda hadapi.

Sadari kemampuan diri

Bagi mereka yang mulai belajar menjahit, sebaiknya tak perlu memilih mesi n jahit dengan fitur-fitur yang sangat banyak. Sebab semakin banyak fitur yang ada, maka semakin rumit pula pengoperasiannya.

Fitur penting yang hampir semua mesin jahit memilikinya adalah lampu, alat untuk memasukkan benang ke jarum otomatis, dan jarum atas bawah otomatis.

Fitur lainnya termasuk sebagai fitur tambahan yang kurang penting dan jarang digunakan, terlebih bagi mereka yang sedang belajar menjahit.

Memilih Mesin Jahit untuk Pemula 1

Memilih Mesin Jahit untuk Pemula // Bukalapak.com

Mesin jahit mini

Tak dipungkiri, mesin jahit mini sangat menarik perhatian. Harganya murah dan kemampuan jahit yang ditawarkan

cukup menggiurkan. Tapi sebaiknya hindari membeli mesin jahit seperti ini.
Mesin jahit mini tak cocok untuk dipakai belajar menjahit. Bunyinya berisi, benang hanya ada 1, hasil jahitan tak rapi, dan tidak awet. Jika ingin berhemat, lebih baik membeli mesin jahit bekas.

Nah, semoga dengan tips ini, Anda terbantu untuk memilih mesin jahit untuk pemula yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Nantinya setelah memiliki mesin jahit, siapkan pula alat jahit pemula yang paling pokok untuk mendukung kegiatan menjahit.