Celana sebagai salah satu pakaian yang dikenakan untuk berbagai kegiatan sehari-hari biasanya dibuat dari jenis kain tertentu. Tingkat ketebalan dan tekstur kain menjadi pertimbangan tersendiri. Nah, jika Anda berencana menjahit celana, ada baiknya kenali bermacam-macam jenis kain untuk celana.

Apa Jenis Kain untuk Celana Kerja Wanita?

Untuk celana kerja wanita, biasanya jenis kain yang dipilih adalah jenis kain yang lembut dan jatuh. Jenis kain untuk celana wanita yang kerap dipilih adalah jenis kain katun dan jenis kain thaisilk.

Kain katun yang terbuat dari serat alami menjadi pilihan yang tepat untuk celana kerja wanita. Kain katun terasa adem dikulit, halus, lembut, menyerap keringat dan mudah perawatannya. Namun karena terbuat dari serat alami, celana kerja wanita kain katun cenderung lebih mudah kusut pada bagian lutut dan betis jika dipakai untuk berjongkok atau kaki menekuk.

Berbeda dari kain katun, kain thaislik punya karakter tipis, lembut, tidak kaku dan mengkilat. Karakter kain thaislik ini membuat celana kerja wanita kain thaisilk berkesan mewah dan terasa nyaman dipakai. Tidak hanya untuk bekerja, celana kerja wanita kain thaisilk cocok dikenakan saat dinner ataupun meeting. Adapun model yang cocok untuk kain thaisilk ini adalah celana kerja wanita model kulot.

Apa Jenis Kain untuk Celana Formal Pria?

Celana formal pria dikenal juga dengan istilah celana kantoran. Ada beberapa merk premium celana formal pria antara lain Cardinal, Calbin, Lawell, dan Hamlin. Adapun jenis kain untuk celana formal pria dari beberapa merk premium ini mulai dari bahan katun, kain sanwos yang merupakan campuran katun dan polyster, hingga kain wool.

jenis kain celana formal pria

Source: Unsplash.com/ michael schaffler

Apa Jenis Kain Celana Kolor?

Celana kolor biasanya dipilih sebagai celana santai untuk di rumah. Celana kolor juga kerap dikenakan sebagai celana dalaman sebelum mengenakan celana panjang. Celana kolor baik untuk orang dewasa ataupun anak-anak biasanya terbuat dari bahan kain katun dan kain polyster dengan printing pewarnaan yang disebut dengan istilah kain disperse atau kain mikrotex. Untuk celana kolor anak-anak, para ibu biasanya membeli kain-kain perca sisa pembuatan sprei sehingga mendapat harga yang ekonomis.

Apa Jenis Kain untuk Celana Sirwal?

Celana muslim Sirwal Al-Fiqi semakin digemari. Modelnya pun fashionable, praktis dan nyaman dipakai. Jenis kain untuk celana sirwal antara lain kain kanvas, kain ripstop, kain twill dan kain semi wool. Jenis kain untuk celana sirwal umumnya memiliki karakter tebal, nyaman, kuat, tahan lama dan tahan terhadap cuaca. Dengan karakter bahan seperti ini, celana sirwal sangat cocok dikenakan untuk aktivitas-aktivitas di lapangan.

Apa Jenis Kain Celana Gunung?

Jenis kain untuk celana gunung harusnya memiliki karakter yang ringan sehingga tak akan menghalangi kegiatan pendakian. Selain itu, jenis kain untuk celana gunung harus kuat, tidak mudah robek, mudah kering, lentur dan juga nyaman. Adapun jenis kain yang memenuhi kriteria tersebut adalah kain ripstop nilon dan kain polyster sintetis. Kedua bahan ini mudah didapat dan harganya pun cukup terjangkau.

Apa Jenis Kain untuk Celana Cutbray?

Celana cutbray pernah menjadi tren di tahun 70-an. Celana cutbray punya potongan yang unik yakni potongan bell bottoms. Celana cutbray berpotongan lebar dari lutut sampai bawah kaki sehingga membuat kaki tampak lebih jenjang. Beberapa jenis kain untuk celana cutbray antara lain kain scuba tebal, kain jeans dan juga kain drill dengan karakter stretch atau melar.

Apa Jenis Kain Celana Cargo?

Celana cargo yang memiliki banyak kantong, dirancang sekitar tahun 1938 untuk memenuhi kebutuhan tentara militer Inggris. Kantong-kantong ditambahkan untuk menyimpan radio dan juga amunisi. Kini celana cargo dikenal lebih luas sebagai celana keren yang bisa dikenakan di mana saja dan sangat cocok untuk kegiatan lapangan. Adapun jenis kain untuk celana cargo haruslah memiliki karakteristik yang tebal dan kuat, contohnya saja kain ripstop nilon, kain polyster dan kain twill.

Apa Jenis Kain untuk Celana Chino?

Saat ini celana chino menjadi salah satu celana favorit. Harganya sangat terjangkau dengan pilihan warna yang semakin beragam. Celana chino memiliki potongan baggy atau lurus dan terkadang dimodifikasi mirip potongan celana jeans. Seperti halnya celana cargo, celanan chino juga dirancang pertama kali untuk kepentingan militer tepatnya untuk para anggota militer di Cina pada abad ke-19. Adapun jenis kain untuk celana chino yang utama adalah kain twill 100% katun.

Apa Jenis Kain Celana Olahraga atau Jenis Kain untuk Celana Training?

Celana olahraga atau celana training pastinya harus nyaman dikenakan, menyerap keringat dan lentur sehingga nyaman untuk bergerak. Jika ingin menjahit celana olahraga sendiri, ada beberapa pilihan jenis kain yang bisa dipilih antara lain kain lotto, kain adidas, kain diadora, kain spandek, kain micro, kain despo, kain serena, kain paragon, kain baby terry dan kain drifit.

Apa Jenis Kain untuk Celana Jeans?

Celana jeans tersedia dengan beragam pilihan model, mulai dari celana jeans panjang, celana jeans selutut, hingga celana jeans pendek. Celana jeans tentu saja terbuat dari kain jeans atau kain denim. Tetapi sebenarnya ada beragam jenis kain jeans atau kain denim. Jenis kain untuk celana jeans antara lain kain cotton serge denim, organic denim, poly denim, ramie denim, stretch denim, pre wash denim, dan black coated denim.

jenis kain celana jeans

Source: Unsplash.com/ Ian Deng

Apa Jenis Kain Celana Dickies?

Celana Dickies tidak mengacu pada model celana tertentu. Celana Dickies merujuk pada celana bermerk Dickies asal Amerika yang pertama kali diproduksi pada tahun 1918. Dickies tak hanya memproduksi celana kerja pria, tetapi juga kemeja kerja, pakaian kerja wanita, ikat pinggang, tas hingga sepatu.

Sejak tahun 1922, celana Dickies khususnya banyak dikenakan oleh para pekerja di industri perminyakan dan bidang pertanian. Selain alasan kenyamanan, bahan celana Dickies dinilai berkualitas dan tahan lama. Jenis kain celana Dickies memiliki karakter yang kaku dan keras. Kain celana Dickies ini baru akan terasa lebih lembut setelah melalui 6x proses pencucian. Tergantung serinya, jenis kain yang digunakan antara lain kombinasi polyster, katun dan spandek, spandek kombinasi katun, dan kain katun kombinasi polyster.

Apa Jenis Kain untuk Celana Kulot?

Hampir setiap wanita memiliki koleksi celana kulot. Celanan model ini bisa dikenakan untuk kegiatan casual maupun formal. Berasal dari bahasa Perancis, Culot atau biasa disebut kulot memiliki arti celana yang panjangnya selutut dan berbentuk seperti rok.

Bergantung kebutuhannya, jenis kain untuk celana kulot tersedia dalam berbagai pilihan. Jika ingin tampil anggun, pilih bahan satin untuk membuat celana kulot. Untuk mereka yang memiliki aktivitas tinggi, pilihan bahan katun untuk celana kulot. Bila ingin celana kulot yang elastis, pilih jenis kain spandex. Dan jika ingin celana kulot lembut dan tebal, pilih jenis kain crepe.

Nah, itulah referensi berbagai jenis kain celana baik celana wanita maupun celana pria. Berbekal referensi ini, Anda bisa memiliki jenis kain yang tepat saat ingin menjahit sendiri berbagai model celana. Selamat menjahit!