PINTU Aplikasi Jual Beli Crypto Terpercaya di Indonesia – Investasi menjadi salah satu jalan untuk meningkatkan aset, menambah sumber pemasukan dan sekaligus cara untuk memenuhi kebutuhan di masa depan yang semakin meningkat. Dilansir dari Kompas.com, investasi adalah kegiatan untuk menempatkan modal berupa uang atau aset berharga lainnya ke dalam sebuah lembaga, pihak atau platform dalam jangka waktu tertentu. Harapannya, seseorang akan mendapatkan keuntungan dalam kurun waktu tersebut.

Berkaitan dengan investasi ini, ada beragam instrumen yang populer sebagai alat untuk berinvestasi. Mulai dari emas, saham, properti, deposito hingga crypto. Di kalangan milenial, aset crypto telah menjadi salah satu instrumen investasi favorit. Data yang dihimpun katadata.co.id menunjukkan, jumlah investor kripto telah melampui instrumen investasi populer lainnya seperti saham dan reksadana.

Berdasarkan catatan BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi), investor aset kripto di Indonesia berjumlah 12,4 juta per Februari 2022. Jumlah ini menunjukkan adanya peningkatan sebanyak 532.102 orang dari tahun sebelumnya.

jumlah investor kripto

Sayangnya di tengah geliat masyarakat untuk berinvestasi, akhir-akhir ini berita tentang investasi yang merugikan banyak orang, berseliweran di berbagai media. Ada yang dirugikan puluhan juta dan ada pula yang dirugikan hingga ratusan juga. Bagi mereka yang baru mengenal investasi atau ingin memulai investasi, tentu pemberitaan itu menimbulkan rasa takut. Apakah kalian juga merasakan ketakutan yang sama?

Karena kerapnya kasus penipuan investasi terjadi, lembaga-lembaga yang berwenang seperti BAPPEBTI gencar menyampaikan himbauan kepada masyarakat. Kalau kalian menyimak himbauannya, salah satu saran untuk menghindari penipuan invetasi adalah dengan memilih penyelenggara, lembaga atau aplikasi investasi yang terpercaya. Nah di antara begitu banyak aplikasi, salah satu aplikasi investasi yang terpercaya adalah aplikasi PINTU. Ingin tahu lebih banyak? Yuk simak pembahasan saya tentang aplikasi PINTU!

Apa Itu Aplikasi PINTU?

PINTU adalah aplikasi crypto terbaik yang digunakan untuk membeli, menjual, menyimpan dan juga mengirimkan berbagai aset kripto. Berkantor pusat di Jakarta, aplikasi PINTU berada di bawah bendera PT. Pintu Kemana Saja. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2019 ini didirikan oleh seorang anak negeri yang bernama Jeth Soetoyo.

Pria lulusan Harvard yang telah mengenal dunia kripto sejak 2017 ini rupanya punya mimpi agar siapa pun bisa lebih mudah berinvestasi kripto. Mimpi itu pun segera diwujudkan dengan meluncurkan aplikasi PINTU di bulan April 2020. Asal kalian tahu saja, PINTU merupakan aplikasi mobile kripto pertama di Indonesia lho!

Jumlah Install

Rating App Store

Rating Google Play

Tak hanya menawarkan kemudahan membeli, menjual, menyimpan dan mengirimkan beragam aset kripto, aplikasi PINTU juga memudahkan investor untuk melakukan analisis dan belajar tentang cryptocurrency. Aplikasi ini memiliki tampilan UI/UX yang sederhana, perangkat trading yang komprehensif, keamanan yang canggih dan kaya dengan konten edukatif. Pengguna baru dijamin tak akan mengalami kesulitan untuk menggunakan semua fiturnya!

Meskipun terbilang baru, di bulan Agustus 2021 lalu aplikasi PINTU telah berhasil memperoleh pendanaan seri A+ sebesar 35 juta dollar AS atau setara dengan Rp 503 miliar. Pendanaan ini dinahkodai Lightspeed Venture Partners dan didukung Blockchain.com Ventures, Alameda Ventures, Castle Island Ventures, Pantera Capital dan Intudo Ventures. Ini artinya startup PINTU dinilai memiliki kinerja yang baik, mempunyai ide hebat dan strategi yang kuat sehingga para para investor memberikan pendanaan.

Berlanjut di pertengahan tahun 2022, PINTU kembali pendapatkan pendanaan seri B sebesar 113 juta dollar AS atau setara Rp 1,6 triliun. Pendanaan ini diperoleh dari Intudo Ventures, Northstar Group, Lightspeed dan Pantera Capital.

Fakta PINTU Aplikasi Jual Beli Crypto Terpercaya di Indonesia

Maraknya praktik investasi ilegal tentu saja membuat setiap orang harus cermat dalam memilih lembaga atau platform untuk berinvestasi. Nah, PINTU memiliki sejumlah fakta yang menjadikannya sebagai aplikasi jual beli crypto terpercaya di Indonesia. Apa saja faktanya?

Mendapatkan Pendanaan Seri A+ dan Seri B

Startup atau perusahaan rintisan menjadi tren bisnis yang berkembang pesat memasuki era revolusi industri keempat. Termasuk juga di Indonesia, startup menjamur mencapai jumlah tak kurang dari 2.100 startup. Sayangnya, tak sedikit startup yang akhirnya berjatuhan bahkan sebelum melewati tahun pertama operasinya.

PINTU menjadi salah satu startup yang mampu bertahan dan berkembang hingga sampai pada tahapan memperoleh pendanaan seri A+ dan seri B. Pencapaian PINTU ini menunjukkan fakta bahwa PINTU mempunyai strategi yang kuat, bisa berkembang dengan baik dan memiliki pendapatan yang teratur. Lebih dari itu, PINTU telah terbukti sebagai aplikasi jual beli crypto yang mampu meraih kepercayaan konsumennya.

Memiliki Ijin BAPPEBTI

Selain kinerja yang baik sehingga memperoleh pendanaan seri A+ dan seri B, PINTU telah mengantongi izin dari Kementerian Perdagangan melalui BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi). Wajib kalian ketahui, BAPPEBTI adalah salah satu lembaga berwenang selain BI (Bank Indonesia), OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan Kementerian Koperasi dan UKM yang menerbitkan izin usaha. Nah berdasarkan regulasi, aset kripto digolongkan sebagai komoditi sehingga perizinan dan pengawasannya berada di bawah kewenangan BAPPEBTI.

Adapun perusahaan-perusahaan pedagang aset kripto yang terdaftar di BAPPEBTI, seperti PINTU, memiliki kewajiban untuk menyampaikan laporan transaksi harian, laporan keuangan harian dan bulanan, dan juga laporan kegiatan sejak mengantongi izin pedagang aset kripto. Laporan-laporan ini menjadi salah satu cara untuk menjalankan fungsi pengawasan sehingga masyarakat aman berinvestasi.

Bagi perusahaan yang tidak menyampaikan laporan-laporan tersebut, maka BAPPEBTI tak segan-segan untuk melakukan pembekuan dan pembatalan. Sampai saat ini, PINTU masih terdaftar di BAPPEBTI. PINTU telah mengantongi izin sejak awal tahun 2020 dengan nomor 003/BAPPEBTI/CP-AK/02/2020. Jadi tak perlu ragu lagi, PINTU aplikasi jual beli crypto terpercaya di Indonesia!

pintu aplikasi jual beli crypto terpercaya di Indonesia

Bersertifikasi ISO 27001

Dengan keinginan untuk semakin berkembang, PINTU mengikuti tahapan demi tahapan untuk mendapatkan sertifikasi ISO 27001. Dan tepat pada tanggal 31 Mei 2021, sertifikasi ISO 27001 pun berhak disandang perusahaan rintisan ini. Sertifikasi ISO 27001 ini wujud komitmen aplikasi PINTU untuk terus meningkatkan keamanan informasi investor termasuk peningkatan kualitas teknologi informasi.

Adapun ISO 27001 atau ISMS (Information Security Management System) adalah standar khusus yang terstruktur berkaitan dengan pengamanan informasi yang telah diakui secara internasional. Pengamanan informasi bisa tercapai dengan melakukan kontrol kebijakan, proses, prosedur, struktur perusahaan dan fungsi infastruktur teknologi informasi.

Bersertifikasi ISO 27017

Selain mengantongi sertifikasi ISO 27001, PINTU juga telah memiliki sertifikasi ISO 27017. Sertifikasi ini masih berkaitan erat dengan ISO 27001. Penerapan standar ISO ini bertujuan membantu PINTU untuk membangun dan sekaligus memelihara sistem manajemen keamanan informasi seiring bertambahkan pengguna aplikasi PINTU.

Sertifikasi ISO 27017 adalah sertifikasi standar internasional untuk keamanan cloud yang memberi panduan kontrol keamanan yang diterapkan untuk penyediaan dan pemakaian layanan cloud. Sertifikasi ini diperoleh PINTU pada 2 September 2021. Tentu saja adanya ISO 27017 ini menjadikan PINTU aplikasi jual beli crypto terpercaya di Indonesia.

10 Kelebihan Pintu Aplikasi Jual Beli Crypto Terpercaya di Indonesia

Sebagai pengguna aplikasi PINTU sejak 2021, saya menemukan sejumlah kelebihan yang membuat semakin yakin menggunakan aplikasi ini untuk berinvestasi aset kripto. Berikut ini 10 kelebihan yang saya rasakan sebagai salah satu pemakai aplikasi PINTU. Kelak jika kalian sudah mencoba menggunakannya, bisa jadi kalian akan menemukan kelebihan-kelebihan lainnya!

User Interface yang Simple

Apakah kalian baru saja memulai untuk investasi aset crypto? Tak usah kuatir, bagi kalian yang baru memulai dan sedang belajar, aplikasi PINTU menawarkan user interface yang mudah dipahami dan menggunakan istilah-istilah teknis yang mudah dimengerti orang awam sekalipun. Tampilan UI/UX yang rapi, simple dan mudah dioperasikan sangat cocok untuk pemula. Dijamin kalian pasti bisa!

Chat Support 24/7

Tak usah kuatir jika menghadapi kesulitan. Setiap saat bahkan di malam hari pun, PINTU menyediakan chat support. Saya sudah membuktikannya! Layanan PINTU live chat yang bisa diakses melalui menu Help Center akan membantu kalian setiap saat. Setiap pertanyaan dan kesulitan kalian akan segera teratasi.

Kemudahan Pembuatan Akun

Proses mendaftar atau membuat akun di aplikasi PINTU terbilang mudah. Cukup instal aplikasi PINTU di smartphone kalian lalu ikuti tahapan demi tahapan pendaftaran. Dalam proses ini, semua tahapan dilakukan secara online melalui smartphone tanpa perlu mengirimkan dokumen fisik.

Metode Deposit Beragam

Untuk melakukan deposit, aplikasi PINTU menawarkan beragam metode. Ketika saya menuliskan pengalaman menggunakan aplikasi PINTU ini, tersedia metode deposit melalui Interbank transfer, Bank Mandiri, Bank Permata dan Bank BNC. Sedangkan untuk metode e-wallets tersedia pilihan OVO, Jenius Pay, GoPay, DANA, LinkAja dan juga ShopeePay. Dengan banyaknya pilihan ini, tentunya deposit semakin mudah dilakukan.

pintu aplikasi jual beli crypto terpercaya di Indonesia

Minimum Pembelian Sangat Terjangkau

Tak masalah seberapa besar modal kalian, aplikasi PINTU menawarkan nilai minimum pembelian yang terjangkau. Kalian bisa membeli sebagai dari 1 bitcoin atau aset crypto lainnya dari Rp.11.000,-. Sangat terjangkau ‘kan?

Berdasarkan update yang dikeluarkan PINTU tanggal 20 Januari 2022, berikut ini beberapa aset crypto yang tersedia di aplikasi PINTU dan ketentuan jumlah minimal serta maksimum untuk setiap transaksi. Ingat, tak ada jumlah maksimum pembelian atau penjualan per hari ya! Jika kalian ingin melakukan transaksi beli atau jual lebih dari jumlah maksimum per transaksi, maka kalian bisa memecah pembelian atau penjualan menjadi beberapa transaksi. Semoga daftar ini bisa memberi gambaran yang lebih jelas untuk kalian ya!

Crypto Jumlah minimum per transaksi Jumlah maximum per transaksi
BTC Rp11,000 Rp500,000,000
ETH Rp11,000 Rp500,000,000
USDT Rp11,000 Rp300,000,000
BNB Rp11,000 Rp500,000,000
COMP Rp11,000 Rp500,000,000
LINK Rp11,000 Rp500,000,000
SNX Rp11,000 Rp300,000,000
YFI Rp11,000 Rp500,000,000
UNI Rp11,000 Rp500,000,000
MKR Rp11,000 Rp300,000,000
AAVE Rp11,000 Rp500,000,000
SUSHI Rp11,000 Rp500,000,000
GRT Rp11,000 Rp450,000,000
REN Rp11,000 Rp200,000,000
BAL Rp11,000 Rp150,000,000
CRV Rp11,000 Rp500,000,000
MATIC Rp11,000 Rp500,000,000
OCEAN Rp11,000 Rp200,000,000
1INCH Rp11,000 Rp350,000,000
AXS Rp11,000 Rp500,000,000
SAND Rp11,000 Rp500,000,000
USDC Rp11,000 Rp500,000,000
WBTC Rp11,000 Rp50,000,000
PERP Rp11,000 Rp150,000,000
FTT Rp11,000 Rp500,000,000
DOGE Rp11,000 Rp500,000,000
DOT Rp11,000 Rp500,000,000
ADA Rp11,000 Rp500,000,000
XRP Rp11,000 Rp500,000,000
XTZ Rp11,000 Rp500,000,000
ALICE Rp11,000 Rp500,000,000
PTU Rp15,000 Rp25,000,000
SOL Rp11.000 Rp500.000.000
MANA Rp11.000 Rp150.000.000
LUNA Rp11.000 Rp100.000.000
BIT Rp150.000 Rp500.000.000
AVAX Rp11,000 Rp1,700,000,000
FTM Rp11,000 Rp3,000,000,000
ALPHA Rp11,000 Rp150,000,000
CAKE Rp11,000 Rp250,000,000
QNT Rp11,000 Rp150,000,000
ATOM Rp11,000 Rp1,050,000,000

 

Gratis Biaya Jual Beli Crypto dan Kirim Crypto Sesama PINTU

Jika kalian tertarik untuk terjun sebagai trader crypto, maka aplikasi PINTU menjadi pilihan yang tepat. Selain aman dan terpercaya, PINTU menawarkan biaya gratis untuk aktivitas beli dan jual aset crypto. Tak hanya itu saja, kirim crypto ke sesama pengguna PINTU juga tidak dikenakan biaya dan instan.

Biaya Tarik Rupiah Flat

Dalam aktivitas trading maupun investasi, suatu waktu tentu kalian akan melakukan tarik Rupiah. Untuk keperluan ini, aplikasi PINTU menetapkan biaya tarik Rupiah berlaku flat ke semua bank. Jadi apapun bank kalian, tak perlu kuatir dikenakan biaya tarik lebih mahal. Semuanya flat alias sama rata Rp.4.500,-.

Banyak Pilihan Aset Crypto

Ketika review ini ditulis, aplikasi PINTU telah mendukung 78 aset kripto untuk diperdagangkan. Jumlah ini bertambah hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya yang baru memilki 48 aset kripto. Tentu saja bertambahnya jumlah aset crypto ini akan semakin memudahkan siapa pun yang ingin berinvestasi.

Aset crypto populer seperti Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, Tether, Solana, Avalanche dan USD Coin tentu saja bisa ditemukan di aplikasi PINTU. Untuk aset crypto lainnya, kalian bisa menemukan daftar lengkap fluktuasi harganya melalui menu Market. 

Melalui menu Market ini pula, kalian bisa membandingkan harga dan perubahan suatu aset crypto. Misalnya saja btc to idr dalam rentang waktu 24 jam, 1 minggu, 1 bulan dan 1 tahun. 

Keamanan Terjamin

Aplikasi Pintu ini dilengkapi dengan autentikasi 2 faktor Google Authenticator sehingga keamanan aktivitas transaksi terjamin aman. Autentikasi dua faktor atau verifikasi dua langkah ini melindungi akun dari berbagai peretasan digital. Menurut Symantec, sebuah perusahaan keamanan cyber, autentikasi 2 faktor ini bisa mencegah terjadinya pencurian data hingga 80%.

Selain autentikasi 2 faktor, aplikasi PINTU juga dilengkapi dengan identifikasi Face ID dan sidik jari. Identifikasi ini memastikan bahwa sebuah akun PINTU hanya bisa diakses oleh penggunanya saja.

Program Referral PINTU

Program ini menawarkan sistem komisi jangka panjang seiring bertambahnya jumlah teman yang kalian undang. Saat teman yang diundang melakukan aktivitas jual beli aset crypto di aplikasi PINTU, maka kalian sebagai pengundang dan pemilik kode referral secara otomatis akan mendapatkan komisi. Program ini tentu akan menambah penghasilan kalian ‘kan?

pintu aplikasi jual beli crypto terpercaya di Indonesia

Fitur-Fitur Pintu Aplikasi Jual Beli Crypto Terpercaya di Indonesia

Aplikasi PINTU menawarkan fitur-fitur yang lengkap dan pastinya mendukung kalian untuk investasi aset crypto. Nah sebagai gambaran, saya akan mengulas fitur-fitur yang ada di aplikasi PINTU. Simak baik-baik ya!

Username

Sesudah mengunduh aplikasi PINTU dan mendaftarkan diri, kalian akan mendapatkan username. Username ini tentu saja bisa diubah jika kalian ingin memiliki username yang unik. Tidak hanya melengkapi identitas, username pada aplikasi PINTU mempunyai fungsi penting lho. Kalian bisa menggunakan username untuk menerima dan juga mengirimkan aset crypto di antara sesama pemakain aplikasi PINTU. Praktis ‘kan!

fitur username pintu

Price Alert

Seperti namanya, fitur iini berfungsi memberitahu penggunanya ketika aset kripto incaran kalian mencapai level harga tertentu. Dengan fitur ini, kalian tak akan melewatkan kesempatan untuk melakukan buy the dip (membeli aset crypto ketika harga koreksi dalam) atau take profit (menjual aset crypto begitu harga mencapai target harga yang telah kalian tentukan).

pintu aplikasi jual beli crypto terpercaya di Indonesia

Earn

Fitur Earn menawarkan keuntungan berupa bunga sampai dengan 4% hanya dengan menyimpan aset crypto di Earn. Bunganya pun bisa kalian peroleh setiap jam lho! Kalina bisa cek langsung jumlah bunga melalui riwayat pembayaran bunga di Earn. Selain mendapatkan bunga setiap jam, nantinya saldo di fitur Earn bisa ditarik setiap saat. Fitur PINTU Earn menjadi cara mudah untuk investasi aset crypto.

fitur pintu earn

Nabung Rutin

Jika kalian ingin menyisihkan dana secara teratur untuk investasi aset crypto, maka fitur Nabung Rutin ini menjadi pilihan yang tepat. Fitur ini mengacu pada strategi investasi DCA (Dollar Cost Averaging). Strategi ini menerapkan pembelian aset crypto secara rutin dengan jumlah yang sama, tanpa mengkhawatirkan pergerakan harga crypto.

Dengan cara ini, kalian akan mendapatkan keuntungan dan terhindar dari risiko membeli crypto dalam jumlah besar saat harganya terlalu tinggi. Nabung Rutin menjadi strategi yang mudah, efektif dan beresiko rendah jika dibanding dengan mencoba-coba menebak harga aset crypto untuk investasi.

fitur nabung rutin

PTU Staking

PTU Staking merupakan fitur yang memungkinkan pengguna aplikasi PINTU mendapatkan berbagai imbalan dengan ‘mengunci’ aset PTU yang dimiliki di PINTU. PTU atau Pintu Token adalah ERC-20 yang dirancang untuk mendukung komunitas dan ekosistem PINTU. Adapun token PTU ini bisa diperoleh melalui menu Market pada aplikasi PINTU.

Staking PTU ini menawarkan sejumlah manfaat yang menggiurkan, mulai dari bunga Staking PTU sampai dengan 12% per tahun, gratis tarik Rupiah ke rekening bank, tambahan bonus bunga Earn yang lebih tinggi, ekstra komisi referral sampai 35% dan gratis kirim semua aset ke Blockchain. Blockchain adalah rantai digital yang menghubungkan banyak blok-blok data yang dipakai untuk menyimpan informasi digital yang nantinya akan disimpan di sebuah database publik, yaitu rantainya.

Tak hanya itu saja, Staking PTU juga akan memperoleh beragam bonus spesial berupa gratis tiket nonton XXI the premiere tiap bulan dan merchandise eksklusif edisi terbatas dari PINTU.

fitur PTU staking

PINTU Academy

Bagi kalian yang ingin tahu lebih banyak seputar dunia cryptocurrency, manfaatkanlah fitur PINTU Academy yang tersedia di aplikasi PINTU. Di fitur ini, tersedia informasi lengkap yang akan membantu kalian memahami cryptocurrency dari awal. Mulai dari mengenal apa itu Bitcoin, kelebihan investasi crypto hingga tips untuk meraih keuntungan lebih banyak melalui investasi crypto.

fitur pintu academy

Komunitas

Berkumpul dengan sesama pengguna aplikasi PINTU tentu akan sangat menyenangkan. Kalian bisa berdiskusi dan berbagi pengalaman. Melalui fitur Komunitas ini kalian bisa memilih untuk bergabung dengan para pengguna aplikasi PINTU di Discord ataupun Telegram. Lewat fitur Komunitas ini pula, kalian bisa mengikuti berita terbaru dari PINTU melalui link akun media sosial PINTU yang tersedia di fitur ini.

fitur komunitas pintu

PINTU OTC

Fitur PINTU OTC (Over-the-counter) adalah fitur yang disediakan untuk transaksi likuiditas tinggi yang lebih aman dan personal. Fitur ini disediakan untuk institusi maupun individu yang ingin melakukan transaksi beli atau jual aset crypto dalam jumlah besar.

Tentu saja fitur ini menawarkan banyak kemudahan mulai dari likuiditas terbaik untuk IDRT, USDC dan USDT di kawasan Asia Tenggara, terkoneksi ke 100 lebih penyedia likuiditas di seluruh dunia, layanan VIP setiap hari dan sederet kemudahan lainnya.

fitur PINTU OTC

Nah, dari uraian saya tentang fakta-fakta bahwa PINTU aplikasi jual beli crypto terpercaya di Indonesia, sejumlah keunggulan dan juga fitur-fiturnya, dapat disimpulkan bahwa aplikasi PINTU menjadi pilihan yang tepat untuk berinvestasi aset crypto. Jadi, tunggu apalagi? Segera unduh aplikasi PINTU di Google Play Store atau App Store dan buat akunnya. Mulailah berinvestasi crypto untuk masa depan yang lebih baik!

 

Referensi: 
pintu.co.id/blog
bappebti.go.id
katadata.co.id
kompas.com

Blog ini menjadi tempat saya berbagi informasi seputar keterampilan wanita, gaya hidup, fashion, pengalaman pribadi dan hal-hal menarik lainnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

Puji Lestari