Bootcamp UI UX – Sebagai seorang freelancer, apa sih yang kamu lakukan untuk memenangkan persaingan yang semakin sengit sekarang ini? Upgrade ilmu dong! Yup, betul banget. Saya pun berpikiran sama.

Setelah malang melintang selama beberapa tahun di dunia tulis menulis, ketertarikan saya pada dunia IT muncul begitu saja tanpa disadari. Tampaknya semua berawal ketika saya menjadi assistant writer untuk seorang penulis buku bertema IT. Hampir dua tahun menjadi assistant writer, saya asyik tenggelam menyelami dunia IT yang sebelumnya masih begitu asing.

Minat saya semakin kuat, saat melihat banyaknya peluang pekerjaan IT untuk para freelancer maupun non freelancer dengan fee yang cukup menggiurkan. Ketertarikan ini lantas mendorong saya untuk mencari tahu cara cepat dan efektif menimba ilmu di bidang IT. Pilihan pun jatuh pada pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan dalam bentuk bootcamp.

Nah, dari sekian banyak program yang ditawarkan sejumlah bootcamp, saya tertarik untuk mengikuti bootcamp UI UX. Mengapa? Saat ini perkembangan aplikasi begitu cepat. Banyak pelaku industri teknologi berusaha menciptakan dan mengembangkan produk mereka menjadi semakin bagus. Kondisi ini tentu membuka peluang yang besar bagi UI UX designer. Ditambah lagi jumlah UI UX designer yang mumpuni masih terbilang rendah. Saya yakin, beberapa tahun ke depan kebutuhan akan UI UX designer akan terus ada!

Membandingkan Bootcamp UI UX Harisenin.com dan Binar Academy

Dalam pencarian bootcamp UI UX, pilihan pun akhirnya mengerucut pada dua penyelenggara bootcamp yakni Harisenin.com dan Binar Academy. Saya pun mencoba membandingkan keduanya sebelum menjatuhkan pilihan.

bootcamp ui ux

Harga

Pertama-tama, harga menjadi perhatian saya. Bukan tanpa alasan, sebagai freelancer yang harus mampu bersaing saya berencana untuk menambah ilmu di beberapa bidang. Karena itu, saya harus menemukan program pelatihan UI UX dengan harga yang terjangkau tapi tetap berkualitas supaya saya bisa mengikuti pelatihan lainnya.

Dari segi harga, Harisenin.com menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan Binar Academy. Di bulan Agustus 2022 ini, bootcamp UI UX designer & product manager di Harisenin.com memberikan penawaran spesial berupa diskon 60%. Jadi, saya cukup bayar Rp.4.000.000,- saja untuk mengikuti Guarantee Program kelas UI UX designer & product manager yang berlangsung selama 4 bulan dan terdiri dari 24 kali kelas online dan intensif selama 3 bulan plus 1 bulan untuk final project, career coaching & job connect. Tentu saja ini jadi poin plus di mata saya! Sedangkan di Binar Academy, kelas UI UX Reseach & Design dibanderol dengan harga Rp. 7.399.000,-. Wow, beda jauh ‘kan!

Metode Pembayaran

Ketika membandingkan harga, saya tertarik dengan fakta bahwa kedua penyelenggara bootcamp UI UX ini menawarkan skema pembayaran cicilan untuk program-program mereka. Tentu saja ini sangat memudahkan freelancer seperti saya. Skema cicilan pembayaran pastinya akan meringankan beban keuangan. Namun setelah saya telusuri lebih jauh, ternyata ada yang berbeda dengan skema pembayaran cicilan di Harisenin.com dan Binar Academy.

Untuk menjalankan skema pembayaran cicilan ini, Binar Academy bekerjasama dengan platform pembiayaan khusus mahasiswa yakni PT. Cicil Solusi Mitra Teknologi atau yang lebih dikenal dengan nama Cicil dan lembaga keuangan Danacita. Tentu saja untuk menggunakan skema pembayaran cicilan ini, peserta bootcamp di Binar Academy harus membuat akun di layanan tersebut terlebih dahulu, melakukan pengajuan dan menunggu keputusan atas pengajuan tersebut. Hmm…terlihat cukup merepotkan bagi saya!

Sedangkan Harisenin.com tidak bekerjasama dengan pihak ketiga. Artinya, skema pembayaran cicilan jadi lebih ringkas. Ditambah lagi, ada penawaran yang sangat menggiurkan bagi saya yakni benefit diskon untuk pembayaran pertama. Siapa sih yang bakal nolak diskon?

Untuk mendapatkan gambaran yang semakin jelas, coba deh kalian simak perbandingan yang saya buat berikut ini.

Kelas UI UX Designer & Product Manager di Harisenin.com Kelas UI/UX Research & Design di Binar Academy
Cicilan tidak melalui pihak ketiga Cicilan melalui pihak ketiga
Tak perlu membuat pengajuan dan menunggu verifikasi pihak ketiga Mengajukan permintaan cicilan dan menunggu verifikasi dari pihak ketiga.
Tanpa bunga Besarnya bunga cicilan mengikuti ketentuan pihak ketiga
Cicilan ringan Rp.500.000,- selama 20 kali Cicilan Rp. 2.466.333,- selama 3 bulan atau cicilan Rp. 1.233.167,- selama 6 bulan atau cicilan Rp. 822.111,- selama 9 bulan.
Benefit diskon untuk pembayaran pertama Tidak ada benefit diskon untuk pembayaran pertama

Tim Admission Conselor

Pastinya saya mencoba mencari informasi sebanyak-banyaknya melalui website kedua penyelenggara bootcamp UI UX tersebut. Karena ingin tahu lebih banyak, saya pun lantas mencoba untuk menggunakan fasilitas chat tim admission counselor yang tersedia.

Dan hasilnya? Tim admission counselor di Harisenin.com merespon lebih cepat dan dengan sigap menjawab setiap hal yang ingin saya ketahui. Sebaliknya, di Binar Academy saya harus menunggu selama hampir 2 jam sebelum akhirnya mendapatkan respon pertama.

Hmm…bagi saya respon cepat sangat dibutuhkan mengingat dalam beberapa minggu ke depan saya akan menimba ilmu bersama mereka. Bisa saja di tengah jalan ada kendala dan saya membutuhkan bantuan. Respon yang cepat tentu akan sangat membantu ‘kan?

Program

Ketika saya menjelajah laman website Harisenin.com dan Binar Academy, ada banyak kesamaan dari keduanya. Program-program yang ditawarkan nyaris sama. Harisenin.com menawarkan program Bootcamp, Proclass dan Event & Workshop. Sedangkan di Binar Academy terdapat 3 program juga yakni Binar Bootcamp, Binar Insight dan BinarGo.

Tetapi setelah saya cermati, ada perbedaan pada keduanya. Di Harisenin.com terdapat benefit Job Guarantee. Benefit Job Guarantee ini memberikan jaminan 100% uang kembali jika dalam setahun kalian menganggur setelah mengikuti guarantee program. Jaminan ini tentu saja bikin saya jadi meleleh. Jaminan seperti ini tak mungkin didapat dari bangku kuliah ‘kan?

Sementara itu di Binar Academy tidak ditemukan adanya benefit job guarantee. Namun Binar Academy menawarkan fasilitas Job Connect. Berbeda dengan program Job Guarantee di Harisenin.com, fasilitas Job Connect ini hanya bersifat menghubungkan para lulusan Binar dengan para partner yang menjalin kerjasama dengan mereka. Jadi, tak ada jaminan akan mendapatkan job dari fasilitas ini!

Materi Bootcamp UI UX

Untuk urusan materi bootcamp UI UX saya benar-benar mencermatinya. Sebab saya tak ingin ada yang terlewatkan dalam kesempatan belajar yang sangat berharga ini.

Berdasarkan penelusuran saya, baik Binar Academy maupun Harisenin.com menawarkan materi yang terbilang lengkap mulai dari introduction, deeper comprehension hingga portfolio preparation.

Bedanya, Harisenin.com menggabungkan materi UI UX dengan product manager yang sangat berkaitan erat. Karena itu, bootcamp UI UX ini jadi punya nilai tambah. Penggabungan materi ini juga membuat biaya bootcamp jadi terbilang murah. Ibaratnya, beli satu gratis satu nih!

Jadi, Pilih Bootcamp UI UX yang Mana Nih?

Karena sangat berhati-hati dalam menjatuhkan pilihan, saya butuh waktu beberapa hari untuk mengendapkan hasil penelusuran kedua penyelenggara bootcamp ini. Sampai akhirnya saya pun berani mengambil keputusan untuk bergabung dengan bootcamp UI UX yang diselenggarakan Harisenin.com.

Bagi saya, bootcamp Harisenin.com menawarkan lebih banyak nilai plus, mulai dari harga yang terjangkau, skema pembayaran cicilan yang praktis, tim admission conselor yang cepat memberi respon, dan adanya program Job Guarantee.

Tapiiii…yang lebih menggiurkan bagi saya adalah materi pembelajarannya. Ketika kelak mengikuti bootcamp UI UX di Harisenin.com ini, saya tak hanya akan mendapatkan materi yang berkaitan dengan UI UX saja tetapi juga materi-materi product manager. Tentu saja materi-materi itu akan membuat saya menjadi seorang freelancer yang berdaya saing!

bootcamp ui ux

ilustrasi: Jarumjahit.com

Nah, itulah cerita singkat perjalanan saya menemukan bootcamp UI UX yang tepat sebagai tempat untuk belajar. Bagi kalian yang saat ini sedang mencari bootcamp untuk belajar UI UX, jangan ragu untuk memilih Harisenin.com dengan banyak kelebihannya. Semoga cerita ini bisa membantu yaa!

Blog ini menjadi tempat saya berbagi informasi seputar keterampilan wanita, gaya hidup, fashion, pengalaman pribadi dan hal-hal menarik lainnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

Puji Lestari