Harisenin.com Kelas Online Terbaik 2022 – Apa pekerjaan kalian saat ini? Apakah pekerjaan itu benar-benar ingin kalian jalani dalam hidup dengan penuh gairah? Ataukah sekarang ini kalian sedang bersiap mencari pekerjaan?

Tak banyak orang yang beruntung bisa segera mendapatkan pekerjaan impiannya. Sebagian orang harus kehilangan arah hidupnya, tak tahu apa yang harus dilakukan.

Sebagian lainnya terpaksa berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya karena merasa tak nyaman. Tak sedikit pula yang sekedar mendapatkan pekerjaan demi bertahan hidup lalu merasa terjebak seumur hidup.

Saya termasuk salah satu orang yang harus bersusah payah untuk menemukan pekerjaan impian. Butuh waktu sekitar 5 tahun untuk menemukan pekerjaan yang kini saya tekuni.

kelas online bootcamp

Menemukan Passion untuk Raih Karir Impian

Menurut penulis buku “You Do You”, Fellexandro Ruby, passion adalah kecintaan terhadap bidang tertentu. Ketika menghadapi rintangan seberat apapun, passion atau gairah ini akan membantu. Passion membuat siapapun kuat dan tangguh melewati tantangan apapun. Hari-hari penuh semangat dan kegembiraan.

Passion membuat seseorang yang berada dalam tingkat keseriusan tertinggi dan memiliki fokus berpikir yang tinggi. Jika diibaratkan seekor kuda di arena pacuan, maka kuda ini sedang mengerahkan seluruh kekuatannya untuk berpacu dan menang.

Masalahnya, sungguh tak mudah menemukan passion. Ada orang yang membutuhkan jalan panjang untuk menggapainya, tapi tak sedikit pula yang segera menemukannya.

Nah, jika kalian ingin menemukan passion, maka carilah. Jangan hanya merenung dan bergumul di benak sendiri. Dilansir dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, berikut ini tips yang bisa kalian coba untuk menemukan passion.

Mengenali Bakat Diri

Setiap orang memiliki keistimewaan. Keistimewaan ini bisa berupa bakat tertentu atau kelebihan di bidang tertentu.

Untuk menemukan passion, mulailah dengan mengenali keistimewaan kalian. Buatlah catatan kecil yang berisi kelebihan atau kekuatan yang kalian miliki.

Cobalah mengeksplorasi apa saja kelebihan atau kekuatan yang bisa kalian kembangkan. Asah bakat atau kelebihan yang kalian temukan dengan belajar. Misalnya dengan mengikuti webinar atau bootcamp.

Kesukaan Masa Kecil

Dulu mungkin kalian memiliki banyak mimpi yang ingin diwujudkan. Tapi seiring waktu berjalan, satu demi satu mimpi-mimpi itu kian pudar lalu menghilang.

Sekarang, cobalah sisihkan waktu untuk mengingat-ingat kembali kesukaan kalian di masa kecil. Bisa jadi kesukaan itu adalah passion yang sebenarnya ingin kalian geluti.

Jangan Menyerah

Passion acapkali ditemukan saat kalian menekuni satu bidang meski banyak rintangan yang harus dihadapi. Sikap tak mudah menyerah dan keuletan kalian akan membantu menemukan passion. Tak hanya itu saja, karakter yang baik pun akan terbentuk.

Kalian juga bisa mencoba hal-hal baru untuk menemukan passion. Seperti yang dilakukan penulis buku “You Do You”, Fellexandro Ruby. Ia menempuh pendidikan master di Sydney dan telah menjalani 9 profesi dalam kurun waktu 13 tahun. Mulai dari menjadi sales, petugas lelang, operator alat berat, food photographer, travel blogger, penyanyi, social media manager, F&B consultant, F&B influencer, product manager hingga menjadi seorang pengusaha.

“And, when you want something, all the universe conspires in helping you to achieve it.”
― Paulo Coelho, The Alchemist

Program Bootcamp Harisenin.com Kelas Online Terbaik 2022 Pilihan Indonesia

Masih berkaitan dengan pencarian passion, mencoba hal-hal baru juga bisa menjadi salah satu cara untuk menemukan passion. Keluarlah dari comfort zone dan tantang dirimu untuk mencicipi sesuatu yang baru.

Berfokus mengikuti atau mencari satu minat saja bisa membuat kalian tidak memperhitungkan adanya minat lain dalam diri sendiri yang sebenarnya diperlukan dalam menjalani pekerjaan. Berpikirlah bahwa hidup adalah serangkaian kesempatan untuk mengembangkan berbagai minat. Ketika kalian menemukan sesuatu yang baru, luangkanlah waktu untuk mencari tahu lebih banyak dan munculkan kesadaran untuk belajar tentang sesuai yang menarik itu. 

Ingat, dunia ini semakin canggih. Satu bidang akan terhubung dengan bidang yang lain. Misalnya bidang seni terhubung dengan bidang teknologi. Jadi, apapun yang kalian pelajari nantinya akan berguna!

Kalian bisa belajar dengan membaca buku-buku, mengikuti webinar atau dengan mengikuti bootcamp. Pernah mendengar istilah bootcamp?

Bootcamp adalah pelatihan hardskill dengan materi-materi yang berkaitan dengan industri di bidang tertentu. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan peluang untuk karir yang lebih baik.

Program Bootcamp di Harisenin.com kelas online terbaik 2022 pilihan Indonesia menawarkan belajar intensif dengan job guarantee hanya dalam waktu 3 bulan hingga 6 bulan saja.

Program Bootcamp Human Resources

Ingin meniti karir sebagai human resources? Profesi yang satu ini memang menawarkan masa depan yang cerah lho. Tak sedikit kisah inspiratif tokoh-tokoh yang sukses meniti karir di bidang human resources.

Salah satu contohnya Monica Oudang yang pernah menjabat sebagai Chief Human Resource Officer Go-Jek. Mengawali karir di dunia perbankan, sosok wanita ini mengantongi gelar bisnis dan hukum internasional dari Universitas Boston, di Amerika Serikat. Di tahun 2014, wanita ini bergabung dengan Go-Jek dan mengurusi perekrutan dan sumber daya manusia.

Contoh lainnya adalah Ripy Mangkoesoebroto. Wanita ini pernah menjabat Human Resource Director PT. Indosat. Karir Human Resource Ripy Mangkoesoebroto melewati proses yang panjang, dimulai dari menjadi manajer Divisi Learning and Development. Di tangannya, PT. Indosat mengalami banyak perombakan dan kemajuan.

Ada pula sosok Herdy Rosadi Harman. Beliau pernah menjabat sebagai Chief Human Capital Officer PT. Telkom Group. Prestasinya tak perlu diragukan lagi. Bahkan di tahun 2016, beliau dinobatkan sebagai Best Chief Human Officer (Best CHCO) pada ajang BUMN Leaders Award.

Lalu ada sosok Josef Bataona. Pria ini telah malang melintang di dunia Human Resource selama lebih dari 30 tahun. Ia pernah menjabat di PT. Bank Danamon, PT. Unilever Indonesia dan juga PT. Indofood CBP Makmur.

Terkait: Belajar Jahit Sendiri, Apa Mungkin? Wajib Dibaca untuk Pemula!

Harisenin.com Kelas Online Terbaik 2022

Selain empat nama tersebut, tentu saja masih banyak lagi tokoh-tokoh lainnya di bidang Human Resource yang bisa menjadi inspirasi kalian.

Nah, jika kalian tertarik meniti karir Human Resource, maka salah satu langkah awal yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengikuti bootcamp Human Resource yang diadakan Harisenin.com kelas online pilihan Indonesia.

Bootcamp yang berlangsung selama 16 minggu ini bertujuan untuk meningkatkan skill menjadi Human Resource profesional.

Dalam waktu yang terbilang singkat ini, kalian akan dibekali dengan hard dan soft skill komplit untuk menjadi Human Resources Development perusahaan, ilmu dan tips sukses langsung dari Top Mentor, koneksi ke perusahaan ternama, menjadi profesional partner harisenin.com dan mengerjakan project ratusan juta rupiah, sertifikat yang membantu kalian mencapai karier impian lebih cepat, dan juga unlimited career support hingga diterima kerja.

Join di Bootcamp Harisenin.com membantu aku memahami pentingnya culture & value di sebuah perusahaan, maupun talent management plant yang ternyata sering ditanyakan saat interview. Selain itu adanya Career support sangat membantu aku dalam berkarir.

Adhiya Aprilianita Yunara, Alumni Harisenin.com
Human Resources di Elglow Aesthetic Clinic

Program Bootcamp Digital Marketer di Harisenin.com Kelas Online Terbaik 2022 Pilihan Indonesia

Kemajuan teknologi telah melahirkan profesi-profesi baru, salah satunya digital marketer. Digital marketer adalah profesi pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan internet, media sosial, search engine, smartphone, dan media-media lainnya untuk menjangkau konsumen.

Melansir dari laman Investopedia, sejumlah pakar pemasaran mengatakan bahwa digital marketing merupakan upaya yang benar-benar baru. Karena itu dibutuhkan pula cara baru untuk memahami perilaku konsumen di era moderen ini.

Membekali diri dengan kemampuan digital marketing pastinya akan memudahkan kalian untuk meniti karir sebagai seorang digital marketer. Di tahun 2022, gaji seorang digital marketer berada di kisaran 5 juta hingga 15 juta Rupiah.

Tak hanya menjadi seorang pekerja, ilmu digital marketing juga bisa membawa kalian menjadi seorang founder startup. Banyak nama-nama populer yang dikenal sebagai digital marketer sekaligus founder startup. Contohnya saja, Wiliam Tanuwijaya pendiri dan CEO Tokopedia, Nadiem Makarim pendiri Gojek, Ferry Unardi pendiri Traveloka, Adamas Belva Devara pendiri Ruangguru dan beberapa nama besar lainnya.

Jika kalian ingin mempersiapkan diri menjadi digital marketer profesional, maka kalian bisa mengikuti bootcamp digital marketer profesional di Harisenin.com.

Bootcamp ini akan mempersiapkan kalian menjadi profesional digital marketer dalam waktu 12 minggu saja. Tak cuma itu, kalian juga akan mendapatkan job guarantee. Jika sesudah lulus kalian masih mengganggur dalam 365 hari dapatkan refund 100%!

Mostly membantu banget di pekerjaanku dan bisnisku. Aku jadi lebih memahami tools digital marketing, tahapan campaign, dan ternyata sosial media itu memang punya algoritma, tapi bukan berarti kita tidak bisa menembus itu. Thankyou Harisenin!

Balqis Fauzira Adawinsa Putri, Alumni Harisenin.com
Campaign Operations di TikTok

Program Bootcamp Graphic & Motion Designer

Graphic and motion designer adalah sebuah keahlian membuat desain ilustrasi, fotografi, tipografi maupun grafis motion untuk keperluan media elektronik, media cetak, promosi cetak, promosi online dan berbagai kebutuhan lainnya.

Tak hanya wajib membuat konsep visual baik secara manual ataupun dengan aplikasi, graphic & motion designer harus bisa juga mengkomunikasikan ide-idenya agar bisa menginspirasi dan menyampaikan pesan lewat pekerjaan yang dibuat.

Bagaimana dengan peluang kerjanya? Keahlian seorang graphic & motion designer sangat banyak dibutuhkan di era digital sekarang ini. Kalian bisa bekerja di berbagai perusahaan startup, agency atau bisa pula bekerja sebagai freelancer.

Dilansir dari Lifepal.com, gaji rata-rata graphic & motion designer di Indonesia berkisar 42 juta per tahun. Sedangkan bagi pemula, rata-rata bergaji sekitar 10 juta per tahun. Untuk yang sudah berpengalaman dan memiliki jam terbang tinggi, penghasilan per tahunnya bisa mencapai 71 juta.

Salah satu sosok yang bisa menjadi inspirasi kalian sebagai graphic & motion designer antara lain Rini Sugianto yang pernah bekerja sebagai character animator untuk Weta Studio yang bermarkas di New Zealand. Rini terlibat dalam pembuatan sejumlah film besar Holywood seperti Iron Man 3, The Avengers dan juga Hunger Games: Catching Fire.

Selain Rini Sugianto, ada pula sosok Henricus Kusbiantoro yang menjadi art director di Landor. Salah satu keahlian pria ini adalah mendesain logo. Desain logo hasil karyanya sudah banyak digunaka perusahaan-perusahaan dalam negeri maupun luar negeri.

Ada lagi sosok Danton Sihombing yang pernah berkarya di beberapa perusahaan dunia seperti AGA (Allied Graphic Arts). Ia juga berkontribusi besar proyek prestisius revitalisasi brand Marks & Spencer dan Nascar.

Tentu saja beberapa nama ini hanya segelintir contoh nama yang meraih sukses di bidang graphic & motion designer. Masih banyak sosok inspiratif lain yang telah meraih sukses dengan bertekun di bidang ini. Kalian pun bisa mengikuti jejak mereka dengan menimba ilmu bersama top mentor pilihan di Harisenin.com kelas online pilihan Indonesia!

Kelas Online Terbaik 2022

Program Bootcamp UI/UX Designer & Product Manager di Harisenin.com Kelas Online Terbaik 2022 Pilihan Indonesia

Kemampuan seorang UI/UX (User Interface/User Experience) designer semakin banyak dibutuhkan sekarang ini. Meningkatnya kebutuhan ini bukan tanpa alasan. Banyak perusahaan mulai memanfaatkan situs dan juga platform mobile untuk memajukan bisnis mereka. Seorang UI/UX designer biasanya bekerjasama dengan product manager untuk membuat konsep agar user merasa nyaman ketika menggunakan sebuah produk.

Saat ini, UI/UX designer menjadi salah satu pekerjaan yang paling banyak diburu kaum milenial. Pasalnya, pekerjaan ini menawarkan penghasilan yang cukup menggiurkan antara 8,8 juta hingga 16 juta.

Sebagian perusahaan juga menawarkan jenjang karir yang cemerlang. Adapun jenjang karir di profesi ini yakni UI/UX Designer, Senior UI/UX Designer, lalu Head Product Design hingga jenjang VP Product Design.

Nah, program bootcamp ini kalian akan belajar UI/UX sekaligus product manager hanya dalam waktu 12 minggu saja. Kombinasi kedua skill ini tentu akan saling melengkapi dan dari segi biaya jadi lebih hemat. Tak hanya skill komplit untuk menjadi rockstar UI/UX designer dan product manager impian, kalian juga akan mendapatkan tips sukses dari top mentor yang telah terlebih dahulu terjun di bidang ini.

Terkait: Apa Saja Hobi yang Bisa Menghasilkan Uang di Tahun 2022?

Program Bootcamp Full-stack Web Developer di Harisenin.com Kelas Online Pilihan Indonesia

Di lansir dari Liputan6.com, Indonesia membutuhkan tak kurang dari 17 juta orang pekerja di bidang ekonomi digital hingga tahun 2030 nanti. Banyaknya permintaan ini dipicu menjamurnya perusahaan startup dan juga peningkatan kebutuhan sejumlah perusahaan.

Salah satu pekerjaan di bidang ekonomi digital dengan permintaan yang terbilang tinggi adalah full stack web developer baik sebagai front-end maupun back-end developer.

Selain permintaan yang tinggi, dari segi pendapatan pun sangat penggiurkan. Dilansir dari Glints, perkiraan gaji seorang senior full stack developer berkisar antara 14 juta hingga 25 juta. Untuk backend developer berkisar antara 10 juta hingga 17 juta. Sedangkan utuk fronted developer berkisar antara 9 juta hingga 17 juta.

Melihat peluang kerja yang terbuka lebar dan penghasilan yang terbilang menggiurkan, kalian tentu bertanya-tanya, apa saja skill yang wajib dikuasai seorang full-stack web developer?

Untuk menjadi seorang full-stack web developer yang handal, kalian wajib menguasai HTML dan CSS, Javascript, bahasa pemrograman Back-end, paham kinerja database dan web storage, mengetahui cara kerja HTTP dan REST, bisa menggunakan GIT, paham konsep dasar algoritma dan struktur data, serta memahami UI dan UX.

Di bootcamp Harisenin.com kelas online pilihan Indonesia, kalian akan mempelajari hal yang dibutuhkan untuk menjadi full-stack web developer handal dan siap kerja hanya dalam waktu 16 minggu saja.

Harisenin.Com Kelas Online Terbaik 2022 Pilihan Indonesia

Program Bootcamp Big 4 Auditor & Financial Analyst di Harisenin.com Kelas Online Terbaik 2022 Pilihan Indonesia

Apakah kalian bermimpi untuk berkarir di perusahaan besar yang reputable secara internasional dan masuk dalam daftar Big 4? Di kalangan sarjana lulusan akuntansi, berkarir di perusahaan Big 4 adalah impian besar.

Big 4 company adalah 4 Kantor Akuntan Publik (KAP) yang terdiri dari PwC (PricewaterhouseCoopers), Deloitte (Deloitte Touche Tohmatsu ), E&Y (Ernst & Young) dan KPMG (Klynveld Peat Marwick Goerdeler). Big 4 ini dikenal sebagai worldwide company karena memiliki partner lokal di berbagai negara termasuk juga di Indonesia.

Bekerja di perusahaan Big 4 tentu saja akan membuat kalian semakin berkembang. Kalian akan berkesempatan menangani klien dari dalam dan luar negeri. Selain bergengsi, gaji para pekerja di Big 4 juga terbilang cukup tinggi yakni sekitar 4 juta hingga 15 juta belum termasuk bonus dan insentif.

Auditor & financial analyst dibutuhkan untuk membuat rekomendasi keputusan bisnis untuk sebuah organisasi atau perusahaan. Dengan beban tugas ini, maka seorang auditor & financial analyst wajib memiliki kemampuan problem solving, public speacking, dan pastinya keahlian perhitungan kuantitatif.

Di bootcamp Harisenin.com kelas online pilihan Indonesia, kalian akan mempelajari materi-materi penting audit dan financial analisis hanya dalam waktu 12 minggu saja.

Baca juga: Harisenin.com: Mengintip Kurikulum dan Top Mentor Andalannya!

Harisenin.Com Kelas Online Pilihan Indonesia

Proclass, Pilihan Tepat Tingkatkan Skill Profesional Bersama Harisenin.com Kelas Online Terbaik 2022 Pilihan Indonesia

Bagi kalian yang ingin meningkatkan skill profesional, Harisenin.com Kelas Online Terbaik 2022 memiliki program khusus yang disebut ProClass. Program ini akan membantu meningkatkan skill profesional kalian hanya dalam waktu 1 bulan hingga 3 bulan saja. Berbeda dari program Bootcamp, program ProClass menawarkan materi yang lebih spesifik dengan kualitas pembelajaran yang sama.

ProClass HR Specialist

Program ini menawarkan ilmu praktikal dan pemahaman mendalam mengenai human resource bersama pada ahli profesional. Proclass ini dilengkapi dengan kurikulum berstandar industri yang sudah tervalidasi oleh expert dari kalangan top company. Meski dikemas dalam durasi yang singkat yakni hanya dalam waktu 8 minggu saja, namun ProClass HR Specialist tetap intensif dan mudah dipahami.

ProClass UI/UX Designer

Program ProClass UI/UX Designer ini menjadi pilihan yang tepat jika kalian ingin lebih cepat meningkatkan skill profesional di bidang UI/UX Designer. Kalian akan mendapatkan materi-materi keren termasuk tentang prototyping, Figma dan juga Adobe XD.

ProClass Digital Marketing

Memperdalam digital marketing dalam waktu 8 minggu? Bisa banget di Harisenin.com kelas online terbaik 2022. Selama 8 minggu, kalian akan belajar secara intensif bersama expert profesinal dengan materi-materi penting seputar digital marketing seperti social media marketing, online ads, performance marketing strategy, search engine optimization, search engine marketing, dan juga Google Analytics.

ProClass English for Professional

Tak bisa dipungkiri, kemampuan berbahasa inggris sangat dibutuhkan di dunia bisnis sekarang ini. Bagi kalian yang secara khusus ingin meningkatkan skill profesional di bidang bahasa inggris, maka ProClass English for Professional ini jadi pilihan yang tepat. Tak sekedar belajar vocabulary dan grammar saja, di program ini kalian akan mendapatkan materi-materi spesifik seperti business writing, speaking english fluently untuk presentasi, meeting, negosiasi hingga job aplication!

proclass hari senin

Program Webinar Harisenin.com Kelas Online Terbaik 2022 Pilihan Indonesia

Selain bootcamp, Harisenin.com juga mengadakan webinar. Webinar ini bertujuan untuk memberikan pelatihan di berbagai bidang yang terkait dengan industri digital. Mulai dari tech & product, keuangan, bisnis, digital marketing hingga desain.

Semua webinar yang diadakan Harisenin.com ini gratis lho. Walaupun free, tapi kalian tetap akan mendapatkan e-certificate. Tak hanya itu saja, ada pula sesi career coaching. Mantap!

Berikut ini daftar webinar gratis di sepanjang bulan April-Mei 2022 yang bisa kalian ikuti di Harisenin.com kelas online terbaik 2022 pilihan Indonesia.

  • Growth Brand with Community Marketing, 8 April 2022, pukul 15.00-16.30 WIB
  • Auditor & Financial Analyst, 13-14 April 2022, pukul 15.00-17.00 WIB
  • Graphic & Motion Designer, 16-17 April 2022, pukul 10.00-12.00 WIB
  • Digital Marketing, 13-14 April 2022, pukul 15.00-17.00 WIB
  • Full Stack Web Developer, 16-17 April 2022, pukul 10.00-12.00 WIB
  • Human Resources, 13-14 April 2022, pukul 15.00-17.00 WIB
  • UI/UX Designer & Product Manager, 16-17 April 2022, pukul 10.00-12.00 WIB
  • English for Professional, 16-17 April 2022, pukul 10.00-12.00 WIB
  • UI/UX Design Creation in Figma, 16-20 Mei 2022, pukul 19.00-21.00 WIB
  • Career as A Graphic Designer, 23-27 Mei 2022, pukul 19.00-21.00 WIB
  • Content Planning in Digital Marketing, 16-20 Mei 2022, pukul 19.00-21.00 WIB
  • Human Resources 101 Recruitment, 16-20 Mei 2022, pukul 19.00-21.00 WIB
  • Audit Inventory 101, 23-27 Mei 2022, pukul 19.00-21.00 WIB

Mengapa Memilih Harisenin.com Kelas Online Terbaik 2022?

Memang saat ini ada cukup banyak sekolah online. Tapi Harisenin.com punya keunggulan. Berikut ini alasan mengapa kalian wajib memilih Harisenin.com kelas online terbaik untuk belajar intensif dan menguasai skill profesional.

Kurikulum Standar Industri

Kurikulum di setiap program bootcamp dan proclass harisenin.com disusun berdasarkan keterampilan yang paling banyak dibutuhkan dunia kerja saat ini dan masa depan. Kalian akan dibekali dengan hard skill dan juga soft skill sehingga mampu jadi rockstar di bidang tersebut. Tak hanya belajar teori saja, Harisenin.com menawarkan kelas-kelas online dengan lebih banyak praktek.

Harisenin.com Kelas Online Terbaik 2022, Tempat Belajar dari Ahlinya

Di kelas online Harisenin.com, kalian akan dibimbing oleh sosok-sosok hebat di bidangnya masing-masing. Tak hanya akan mendapatkan ilmu berdasarkan pengalaman mereka di lapangan, tetapi kalian juga akan mendapatkan sejumlah tips dari mereka.

Job Guarantee

Tak perlu kuatir soal masa depan, Harisenin.com kelas online terbaik di Indonesia ini menawarkan program dengan job guarantee. Artinya biaya yang kalian keluarkan akan kembali 100% jika dalam waktu setahun belum juga mendapatkan pekerjaan.

Koneksi ke Perusahaan Ternama

Selain mendapatkan skill, kalian juga akan memperoleh koneksi ke perusahaan-perusahaan ternama.Tentu saja koneksi ini akan sangat membantu khususnya bagi fresh graduate yang sama sekali belum memiliki koneksi di dunia kerja.

Harisenin.com Kelas Online Terbaik 2022 Bersertifikat

Sertifikat yang dikeluarkan Harisenin.com untuk setiap program yang kalian ikuti akan memperkaya portfolio kalian.

Biaya terjangkau

Harisenin.com menawarkan program bootcamp dan proclass dengan biaya yang sangat terjangkau. Ada juga program cicilan lho. Tak cuma itu saja, follow akun sosial media Harisenin.com untuk mendapatkan promo-promo menarik lainnya.

Harisenin.com Kelas Online Pilihan Indonesia

Kesimpulan

Nah, tunggu apa lagi? Kuasai skill dengan belajar bersama Harisenin.com kelas online terbaik 2022 pilihan Indonesia dan temukan passion kalian. Raih karir impian kalian walau kurang pengalaman, belum lulus kuliah, beda jurusan atau bahkan pindah jurusan. Tak ada kata terlambat, yuk mulai sekarang!

Blog ini menjadi tempat saya berbagi informasi seputar keterampilan wanita, gaya hidup, fashion, pengalaman pribadi dan hal-hal menarik lainnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.
Puji Lestari