Semen Baturaja, Kunci Wujudkan Rumah Impian yang Kokoh dan Tahan Lamo

semen baturaja

dokumentasi pribadi

Berencana segera membangun rumah impian? Bagi sebagian orang, memiliki rumah adalah pencapaian yang luar biasa. Termasuk untuk saya dan suami. Dalam pandangan kami, rumah tak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal, tetapi juga aset investasi yang aman sebab harganya tak pernah turun. Karena itu pula, kami bertekad membangun sebuah hunian yang nyaman sekaligus kokoh dan tahan lama.

Nah, setelah lelah berpindah-pindah dari satu kontrakan ke kontrakan lainnya, di tahun kelima pernikahan akhirnya tabungan kami pun terkumpul dan cukup untuk membangun sebuah rumah. Membangun rumah sendiri dari nol memang jadi pilihan kami. Sebab selain lebih hemat, keterlibatan dalam proses pembangunan rumah juga akan menjadi kenangan manis yang kelak bisa diceritakan ke anak cucu.

pengalaman membangun rumah sendiri
pengalaman membangun rumah sendiri

dokumentasi pribadi

pengalaman membangun rumah sendiri

Apa Saja yang Harus Disiapkan untuk Membangun Rumah Impian?

Tak bisa dipungkiri, membangun rumah sendiri ternyata sangat melelahkan. Tantangannya pun cukup berat. Tapi jangan takut, antusiasme membangun rumah sendiri mampu mengalahkan semua rasa lelah dan tantangan itu kok, percaya deh! Nah, berdasarkan pengalaman yang telah saya lalui, setidaknya ada 4 hal yang perlu disiapkan jika kalian berencana untuk membangun rumah sendiri.

tahan lamo

Siapkan Sebidang Tanah

Untuk membangun rumah sendiri tentunya kalian harus menyiapkan lahan atau tanah kosong. Kalian bisa membeli sebidang tanah ini jauh-jauh hari sebelum rencana pembangunan. Misalnya saja dua atau tiga tahun sebelum membangun. Langkah ini pula yang saya pilih untuk menyiasati dana yang terbatas. Setelah tanah terbeli, kalian bisa fokus menabung untuk pembangunan rumah. 

Idealnya sih sebidang tanah ini berada di kawasan yang kalian sukai, luasnya cukup untuk membangun rumah impian dan lokasinya cocok untuk tempat tinggal. Namun jika dana terbatas, tak ada salahnya kok membeli tanah di daerah pinggiran kota yang harganya lebih miring. Oh ya, jangan lupa untuk memastikan status tanah secara hukum.

tahan lamo

Desain Rumah yang Tak Rumit

Pastinya kalian sudah punya gambaran di kepala tentang bentuk rumah impian kalian. Tak hanya gambaran di angan-angan saja, kalian sebaiknya membuat cetak biru atau blue print rencana arsitektur rumah. Mulai dari tata letak struktur, ukuran dan jumlah kamar tidur, kamar mandi, dapur, pasokan air dan listrik serta detil lainnya. Jika tidak bisa membuatnya sendiri, tak ada salahnya melibatkan seorang arsitek.

Terkait desain rumah, kalian bisa memilih desain rumah minimalis jika ingin menghemat biaya dan waktu. Desain rumah minimalis akan menghemat material karena tak banyak menggunakan ornamen dekoratif. Waktu pembangunan juga lebih cepat karena arsitektur yang simpel. Tentu saja hal ini membuat biaya jasa bisa ditekan.

tahan lamo

Tim Kerja yang Efisien

Ketika anggaran telah siap dan cetak biru sudah di tangan, maka selanjutnya kalian perlu mencari tim kerja konstruksi yang efisien. Efisien artinya, tim ini bekerja dengan jujur, komunikatif dan aktif bahkan ketika kalian tidak bisa mengawasi.

Tim juga harus bisa bekerja dengan tenggat waktu yang telah ditetapkan dengan mengedepankan kualitas kerja. Hal ini sangat penting sebab akan mempengaruhi biaya dan kualitas bangunan rumah impian kalian. 

Tentu saja untuk mendapatkan tim kerja yang efisien tidaklah mudah. Kalian bisa meminta rekomendasi dari keluarga dan teman untuk mendapatkan mandor dan pekerja konstruksi yang bisa dipercaya.

tahan lamo

Riset dan Survei Harga Material

Terkait dengan proses konstruksi, kalian perlu mencatat bahan-bahan bangunan yang nantinya akan digunakan. Kemudian lakukan riset dan survei harga material. Berdasarkan pengalaman saya, riset dan survei harga material bisa dilakukan setidaknya 6 bulan sebelum pembangunan rumah dimulai.

Waktu itu, saya mendatangi toko-toko bangunan yang berada di sekitar lokasi calon rumah impian. Semua itu dilakukan demi mendapatkan harga dan kualitas terbaik. Saat riset dan survei inilah, saya menemukan beberapa toko bahan bangunan yang menawarkan kemudahan pembayaran hingga potongan harga yang lumayan besar jika berbelanja material terus menerus sampai proyek rumah selesai dikerjakan. Lumayan banget ‘kan?

memilih semen

Memilih Semen yang Tepat, Kunci Wujudkan Rumah Impian

Ketika melakukan riset dan survei harga material, kalian akan mendapati ada begitu banyak pilihan material bangunan. Misalnya saja untuk semen, ada beragam merek semen yang tersedia di toko-toko bangunan saat ini dan harganya pun bervariasi. Salah satu contohnya adalah semen Baturaja produksi dalam negeri.

Pada tahapan inilah kalian dituntut untuk jeli memilih. Pasalnya, memilih semen yang salah akan membuat konstruksi bangunan tidak kokoh dan cepat rusak. Sebaliknya, semen yang berkualitas mampu menciptakan rumah impian yang kokoh untuk jangka waktu yang panjang, tangguh dalam berbagai cuaca, dan mengurangi beban masa depan seperti terjadinya kerusakan dini. Nah, untuk memilih semen yang berkualitas, ada ciri-ciri yang wajib kalian perhatikan.

Berlogo SNI

SNI atau Standar Nasional Indonesia adalah standar satu-satunya yang berlaku di Indonesia secara nasional. Standar ini dirumuskan oleh Komite Teknis Perumusan SNI dan ditetapkan oleh Badan Standarisasi Nasional atau BSN.

Logo SNI yang terdapat pada suatu produk menandakan bahwa produk telah teruji keamanannya, kualitas dan spesifikasinya sebelum diluncurkan ke pasaran dan digunakan secara luas. Termasuk pada produk semen, logo SNI yang terdapat pada kemasan semen menandai bahwa semen tersebut berkualitas.

Pilih Stock Semen yang Masih Baru

Ketika memilih semen di toko bangunan, pastikan kalian memilih stock semen yang masih baru. Atau setidaknya pilih semen yang tersimpan paling lama dalam jangka waktu 1 bulan. Ini penting untuk mendapatkan semen yang berkualitas.

Tentu saja untuk memastikan semen masih baru atau tidak, kalian perlu bertanya kepada penjualnya. Atau bisa juga dengan cara menekan semen dari luar kemasan. Jika semen memiliki tekstur yang kasar, maka itu artinya semen sudah tersimpan lama. Sebaliknya, bila tekstur semen lembut ketika ditekan dari luar, maka itu menandakan semen masih layak dan bagus.

Kemasan yang Utuh

Ketika memilih semen, pastikan kemasan semen masih bagus, tidak rusak dan juga tidak sobek. Kemasan yang masih utuh menjadi salah satu tanda bahwa kualitas semen terjaga dengan baik. Sebaliknya jika kemasan semen rusak, maka kualitas semen akan terpengaruh. Nantinya ketika digunakan, hasil akhir pekerjaan konstruksi menjadi kurang memuaskan.

Selain kemasan yang utuh, kalian juga bisa mencoba menyelipkan tangan pada tumpukan semen yang ada di toko bangunan. Jika kalian merasakan sensasi rasa dingin pada tangan, maka ini juga menandai bahwa semen terjaga kualitasnya.

Tekstur dan Warna Semen yang Khas

Semen memiliki tekstur yang khas yakni mudah terurai dan tidak menggumpal. Butiran semen mempunyai permukaan yang lembut mirip butiran debu halus. Bila kalian menemukan semen yang menggumpal atau mempunyai tekstur seperti kerikil, maka ini menandakan bahwa semen tersebut kurang berkualitas.

Adapun untuk warnanya, semen umumnya berwarna abu-abu kehijauan. Semen yang terlampau gelap (tampak agak hitam) atau terlalu terang (tampak agak putih) biasanya memiliki kekuatan yang kurang baik karena mengandung aditif yang berlebihan.

Semen Baturaja Jadikan Rumah Impian Kokoh dan Tahan Lamo

Nah, selain mengenali ciri-ciri semen yang berkualitas, kalian juga harus jeli memilih merek semen. Sebab semen menjadi salah satu material penting dalam proses pembangunan rumah impian. Semen menjadi perekat yang kuat sekaligus berfungsi sebagai bahan utama pembuatan beton untuk keperluan fondasi dan struktur bangunan. Mengingat peran utama ini, kalian tak boleh sembarangan memilih merek semen. Jangan hanya mempertimbangkan harganya saja, tetapi sungguh-sungguh pilih semen yang sudah teruji kualitasnya. Dari banyak merek semen yang ada di toko bangunan, semen Baturaja jadi pilihan yang tepat!

Yuk Kenalan Dengan Semen Baturaja

Semen baturaja diproduksi oleh PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk. Perusahaan ini adalah Badan Usaha Milik Negara atau BUMN yang secara khusus memproduksi semen. Adapun pabrik utamanya berada di Baturaja, Provinsi Sumatera Selatan. Sedangkan fasilitas penggilingan dan pengantongan semen berada di tiga lokasi yakni di pabrik Baturaja dan di pabrik Palembang, provinsi Sumatera Selatan serta di pabrik Panjang, Provinsi Lampung.

Adapun bahan baku yang digunakan pada produk semen Baturaja terdiri dari batu kapur dan tanah liat yang diperoleh dari pertambangan batu kapur dan tanah liat milik perusahaan ini yang berada sekitar 1,2 Km dari pabrik Baturaja. Sedangkan bahan baku pendukung lainnya seperti pasir silika dipasok dari rekanan yang berlokasi di sekitar wilayah Baturaja. Selanjutnya untuk material pasir besi diperoleh dari rekanan di Lampung. Untuk gypsum didapat dari Petro Kimia Gresik dan sebagian impor dari Thailand. Lalu untuk kantong semen dipasok dari produsen kantong semen dalam negeri.

Bukan perusahaan yang baru berdiri, PT. Semen Baturaja Tbk ini telah berdiri sejak tahun 1974. Artinya, perusahaan semen ini telah memiliki segudang pengalaman dalam memproduksi semen yang berkualitas dan produknya pun sudah teruji di pasaran.

Bukan tanpa bukti lho!

Berkaitan dengan kualitas produknya, PT. Semen Baturaja Tbk telah meraih SNI Award peringkat perak di tahun 2021. Di tahun sebelumnya, perusahaan ini juga sudah meraih SNI Award peringkat perak di tahun 2019 dan SNI Award peringkat perunggu di tahun 2018.

SNI Award sendiri adalah pemberian penghargaan tertinggi yang diberikan kepada organisasi atau perusahaan yang secara konsisten dan berkinerja tinggi mampu menjaga Standar Nasional Indonesia. Penghargaan yang diberikan oleh pemerintah ini sebagai bentuk apresiasi untuk terus meningkatkan kualitas produk dan standar mutu SNI. Jadi untuk kualitas, semen Baturaja nggak perlu diragukan lagi!

Produk Berkualitas Semen Baturaja untuk Rumah Impian Kokoh dan Tahan Lamo

Untuk menciptakan rumah impian yang kokoh dan tahan lamo, PT. Semen Baturaja menawarkan 2 pilihan produk yakni Portland Composite Cement (PCC) dan Baturaja Mortar. Apa saja kegunaan dan keunggulan? Yuk simak uraiannya berikut ini.

semen baturaja pcc

Baturaja Portland Composite Cement (PCC)

Baturaja Portland Composite Cement (PCC) adalah produk Semen Baturaja yang telah memenuhi kriteria SNI 7064 : 2014 dan European Standard: EN 197-1:2000 ( 42.5 N&42.5 R).

Baturaja Portland Composite Cement (PCC) ini direkomendasikan untuk digunakan dalam pengerjaan konstruksi umum semua mutu beton, perumahan dan bangunan bertingkat, struktur jembatan, struktur jalan beton, berbagai komponen bangunan seperti paving block, hollow brick, panel beton, batako, bolongan, plesteran, keramik dan juga acian.

Baturaja Portland Composite Cement (PCC) mempunyai sejumlah keunggulan yakni daya rekat yang kuat, kedap air, kekuatan tekan yang baik, menghasilkan permukaan beton serta plester yang lebih rapat dan halus, serta lebih mudah dalam proses pengerjaan karena memiliki panas hidrasi lebih rendah.

Berikut ini komposisi adukan semen Baturaja yang direkomendasikan untuk beton dan plesteran atau pasangan.

Semen Pasir Batu Pecah
Adukan Beton 1 2 3
Adukan Plester/Pasangan 1 7

Baturaja Portland Composite Cement (PCC) tersedia dalam kemasan zak 50 Kg, big bag 1000 Kg dan juga curah.

semen baturaja mortar

Baturaja Mortar

Baturaja Mortar adalah produk turunan semen yang bisa menjadi bahan bangunan alternatif pengganti adukan semen-pasir konvensional. Semen mortar atau disebut juga mortar instan ini terbuat dari campuran semen, kapur, pasir dan beberapa jenis bahan aditif.

Baturaja Mortar menawarkan sejumlah keunggulan yaitu aplikasinya lebih tipis sehingga lebih hemat, lebih berkualitas karena menggunakan aditif khusus, lebih praktis karena tidak perlu ditambahkan dengan material lainnya dan hanya perlu ditambahkan air secukupnya. Adapun untuk takaran air disarankan menggunakan perbandingan sebagai berikut.

Jenis Baturaja Mortar

Semen Mortar

Air

Pasangan Bata

4

1

Plesteran

2

1

Pasangan Bata Ringan

3

1

Acian

2

1

Perekat Keramik

2

1


Baturaja Mortar tersedia dalam kemasan zak 25 Kg dan 40 Kg.

Produk Semen Baturaja untuk Konstruksi Khusus

Selain dua jenis semen yang umum digunakan di masyarakat yakni Baturaja Portland Composite Cement (PCC) dan Baturaja Mortar, PT. Semen Baturaja Tbk juga memproduksi semen untuk konstruksi khusus. Semen-semen ini diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pembangunan konstruksi di berbagai daerah seperti landasan pacu pesawat udara, bangunan di dekat dermaga atau laut, bangunan di kawasan tambang hingga proyek-proyek geothermal.

Baturaja Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe I

Baturaja Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe I

Baturaja Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe 1 adalah produk Semen Baturaja yang telah memenuhi kriteria SNI 2049 : 2015. Baturaja OPC Tipe 1 ini memiliki sederet keunggulan yaitu lebih cepat kering, mempunyai daya rekat yang kuat, hasil adukan tak mudah retak dan mempunyai kekuatan tekan yang baik.

Baturaja OPC Tipe I biasanya digunakan untuk jalan beton, struktur jembatan, komponen bangunan bertingkat seperti tiang pancang, panel beton, dan juga landasan pacu pesawat udara. Baturaja OPC Tipe I tersedia dalam kemasan zak 50 Kg, big bag 1000 Kg dan curah.

Baturaja Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe II

Baturaja Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe II

Baturaja Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe II adalah produk Semen Baturaja yang sudah memenuhi kriteria SNI 2049 : 2015. Produk semen ini direkomendasikan untuk bangunan konstruksi yang membutuhan ketahanan terhadap kandungan asam sulfat sedang yakni 0.10 – 0.20% dan juga panas hidrasi yang bersifat sedang atau medium resistance.

Contohnya saja bangunan-bangunan yang berada di pinggir laut, tanah rawa, dermaga, saluran irigasi dan bendungan. Baturaja OPC Tipe II tersedia dalam kemasan big bag 1000 Kg dan curah.

Baturaja Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe V

Baturaja Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe V

Baturaja Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe V adalah produk Semen Baturaja yang telah memenuhi kriteria SNI 2049 : 2015. Produk semen Baturaja ini direkomendasikan untuk bangunan konstruksi yang membutuhkan ketahanan terhadap kandungan asam sulfat tinggi lebih dari 0.20% dan panas hidrasi tinggi atau ultra Resistance.

Contohnya bangunan di bawah air, terowongan, pelabuhan, kawasan tambang, IPAL (Bangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah) dan juga project geothermal. Baturaja OPC Tipe V tersedia dalam kemasan big bag 1000 Kg dan curah.

keunggulan semen baturaja

Menikmati Tinggal di Rumah Impian yang Kokoh dan Tahan Lamo

Jika diingat kembali, proses pembangunan rumah impian kami terbilang cukup lama. Hampir memakan waktu satu tahun. Pembangunan rumah kami memang sempat terhenti beberapa kali karena terkendala biaya dan beberapa anggota tim kerja yang jatuh sakit. Namun ketika rumah selesai dibangun, semua lelah sirna seketika. Segala suka dukanya menjadi cerita yang sungguh layak dikenang.

Nah, bila kalian memilki mimpi atau sudah berencana untuk membangun rumah impian sendiri, maka siapkan mental untuk menghadapi semua tantangan yang ada. Jangan lupa untuk memilih material yang berkualitas seperti semen Baturaja. Semen Baturaja menjadikan rumah impian kalian kokoh dan tahan lamo hingga bertahun-tahun ke depan. Ketika cuaca berubah, panas, hujan ataupun angin menerjang, kalian tetap bisa merasa aman tinggal di rumah impian yang kokoh tanpa rasa kuatir!

 

Referensi: 
Semenbaturaja.co.id
Akun media sosial Semen Baturaja
Kompas.com
Pengalaman Pribadi

Blog ini menjadi tempat saya berbagi informasi seputar keterampilan wanita, gaya hidup, fashion, pengalaman pribadi dan hal-hal menarik lainnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung. ~ Puji Lestari (Blogger, Content writer, Dreamer)

Puji Lestari