Lengan baju adalah bagian pakaian yang menutup bagian ketiak sampai pangkal lengan. Lengan baju akan melindungi tangan saat cuaca dingin maupun panas. Tak hanya berfungsi sebagai pelindung, lengan baju juga mempercantik busana dan membantu membentuk tubuh. Nah, bagi mereka yang sedang belajar menjahit, membuat pola lengan baju terbilang cukup sulit. Dibutuhkan pemahaman mengenai rumus pola lengan baju yang tepat.

Rumus Pola Lengan Baju Dasar

Untuk membuat pola lengan baju, ukurlah terlebih dahulu 3 bagian lengan yakni

1. Lingkar kerung lengan

Lingkarkan pita meter di sekeliling kerung lengan yakni dari titik atas bahu, lalu ke ketiak dan kembali ke titik bahu semula.

2. Panjang lengan

Untuk mengukur panjang lengan, mintalah orang yang hendak diukur lengannya untuk menekuk siku dan meletakkan telapak tangan di pinggul. Lalu mulailah melakukan pengukuran. Untuk membuat lengan panjang, lakukan pengukuran dari lengan atas sampai ke pergelangan tangan. Sedangkan untuk membuat lengan pendek, ukur dari lengan atas hingga panjang lengan yang diinginkan.

3. Lingkar pergelangan tangan

Lingkarkan pita meter pada pergelangan tangan yakni pada bagian pergelangan dengan tulang yang menonjol. Tentu saja ukuran pergelangan tangan ini perlu dilebihkan. Atau bisa juga dengan mengukur lingkar telapak tangan tepat di bagian tengah.

cara mengukur lengan

cara mengukur lengan // Jarumjahit.com

Sebagai contoh hasil pengukuran, diperoleh ukuran lingkar kerung lengan 50 cm, panjang lengan 58 cm dan lingkar pergelangan tangan 26 cm. Berdasarkan hasil pengukuran ini, maka bisa dibuat bentuk dasar pola dasar lengan baju. Berikut ini langkah-langkah cara membuat pola lengan baju dengan mengandalkan rumus pola lengan baju.

Langkah 1

Rumus pola lengan baju untuk membuat kerung lengan:
• Titik puncak AB = ¼ Lingkar Kerung Lengan + 2cm
• Titik AC dan AD = ½ Lingkar Kerung Lengan – ½ cm

Pola lengan baju 4

Pola lengan baju 4 // Modiste

Langkah 2

Buatlah garis horizontal atau garis mendatar menggunakan penggaris siku dengan melewati titik B.

Pola lengan baju 5

Pola lengan baju 5 // Modiste

Langkah 3

Rumus mencari titik AC dan AD adalah 1/2 lingkar kerung lengan – 1/2 cm.

Pola lengan baju 6

Pola lengan baju 6 // Modiste

Langkah 4

Buatlah garis melewati titik C, M, N, A, O, F, P dan D

Pola lengan baju 7

Pola lengan baju 7 // Modiste

Langkah 5

Buatlah garis lurus horizontal atau mendatar menggunakan penggaris siku melewati titik K.

Pola lengan baju 8

Pola lengan baju 8 // Modiste

Langkah 6

Tarik garis lurus dari titik C ke J dan tarik garis lurus dari titik D ke L.

Pola lengan baju 9

Pola lengan baju 9 // Modiste

Langkah 7

Pola lengan baju pun sudah selesai dibuat. Bagian kerung lengan yang memiliki lengkung lebih dalam adalah bagian depan. Sedangkan bagian kerung lengan dengan bentuk lengkung yang lebih tinggi adalah bagian belakang.

Pola lengan baju 10

Pola lengan baju 10 // Modiste

Cara Memasang Lengan Baju

Mereka yang sedang belajar menjahit sebagian besar mengalami kesulitan saat memasang lengan baju. Penyebabnya tak lain karena lingkar kerung lengan di bagian lengan lebih panjang daripada lubang kerung lengan yang terdapat pada bagian badan.

Pola lengan memang sengaja dibuat lebih panjang. Tujuannya supaya diperoleh bentuk lengan yang lebih berisi dan tidak lepek. Tentu saja bentuk lengan yang bagus akan didapat jika lengan dijahit dengan benar. Menjahit lengan baju dengan benar membutuhkan sedikit teknik dan ketelatenan. Berikut ini cara memasang lengan baju.

  1. Siapkan bagian lengan dan badan bagian muka dan belakang.
  2. Kemudian jahit sisi badan muka dan belakang. Jahit bahu dengan kampuh buka.
  3. Lantas setik renggang kurang lebih ½ cm dari garis atas pola dan kurang lebih ½ cm di bawah garis pola.
  4. Lakukan pengukuran panjang lingkar lengan yang terdapat di bagian badan. Ukur juga lingkar bagian lengan yang akan disatukan. Temukan selisihnya.
  5. Selanjutnya tarik kedua benang yang berada di bagian atas dan di bagian bawah garis pola sepanjang selisih yang telah ditemukan sebelumnya. Lalu ratakan.
  6. Tambahkan tanda tengah-tengah kepala lengan.
  7. Lalu jahit bagian pinggir lengan dengan kampuh buka.
  8. Dengan menggunakan jarum jahit tangan, pasang lengan pada badan dengan cara dijelujur terlebih dahulu. Teknik ini perlu dilakukan untuk menghindari kesalahan. Barulah kemudian dijahit. Ingatlah pula untuk memastikan bagian tengah kepala lengan yang sudah ditandai bertemu dengan jahitan bahu.
  9. Setelah itu gunting tepi kampuh kerung lengan dan sisakan sekitar ¾ cm.
  10. Nantinya sisa kampuh bisa diselesaikan dengan cara diobras atau difeston.
cara-memasang-lengan-baju

Tutorial memasang lengan // anaarisanti.blogspot.com

Nah, berbekal rumus pola lengan baju dan cara memasang lengan baju ini diharapkan lengan baju yang rapi bisa terpasang. Jangan patah semangat untuk terus belajar ya!

Simak pula artikel menarik tentang cara membuat pola dasar baju wanita dan pola baju pemula dan pola baju sederhana.