Jika saat ini sedang belajar menjahit, maka menjahit sprei sendiri bisa jadi langkah awal yang tepat. Dengan menjahit sprei, Anda akan berlatih menjahit lurus dan rapi. Memang tidak mudah, sungguh-sungguh dibutuhkan ketekunan dan ketelitian. Nah untuk membuat sprei sendiri, ikutilah tutorial menjahit sprei berikut ini lengkap dengan pola sprei.

Memilih Bahan Sprei

Langkah pertama yang dilakukan adalah memilih bahan sprei. Sebaiknya jangan memilih bahan sprei berdasarkan corak atau warnanya saja. Perhatikan pula jenis kain bahan sprei.

Bahan katun menjadi pilihan terbaik karena memberikan kenyamanan. Bahan katun mampu menyerap keringat, lembut, sejuk, daya tahan yang lama, tampilannya mengkilap, dan mudah dirawat.

Sedangkan bahan sprei dari polyester memiliki harga yang lebih murah namun tidak menyerap keringat. Sementara bahan sprei dari kain rayon lebih mengkilap tapi tidak tahan lama.

Setidaknya ada 3 bahan sprei katun yang populer di pasaran, yakni:

1. Katun Panca

Bahan sprei katun panca terdiri atas campuran 75% katun dan sekitar 25% polyster. Katun panca memiliki daya serap keringat yang cukup baik dan cukup sejuk. Katun panca tidak berbulu setelah dicuci dan warna sprei pun cukup awet.

2. Katun Catra

Bahan sprei katun catra memiliki kualitas yang lebih baik dari katun panca. Sama-sama jenis katun lokal, katun catra mempunyai kandungan katun yang lebih banyak.
Kandungan katun sekitar 80% dan 20% sisanya polyster. Komposisi katun yang lebih banyak membuat bahan sprei ini lebih dingin dan nyaman dipakai. Katun catra juga tidak mudah luntur dan juga tidak berbulu setelah dicuci.

3. Katun Jepang

Kain katun Jepang memiliki kandungan katun hingga 95%. Karena itulah, sprei dari bahan katun Jepang sangat lembut, dingin, mempunyai daya serap yang baik dan tekstur yang lembut.

Perlengkapan

Setelah mendapatkan bahan sprei, persiapkan pula perlengkapannya yakni

  1. Karet elastis ukuran 3 cm atau 1,25 inchi untuk setiap sudut sprei
  2. Benang yang sesuai dengan warna sprei
  3. Tali pita untuk sarung bantal
  4. Peralatan jahit yang paling pokok

Tutorial Menjahit Sprei

Setelah bahan sprei, perlengkapan dan peralatan jahit disiapkan, selanjutnya kita bisa memulai menjahit sprei.

Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Ukuran kasur terlebih dahulu.

2. Lalu tambahkan tambahkan sekitar 20cm atau 30cm pada masing-masing tepian. Sebagai contoh, jika kasur berukuran 160cm x 200cm, maka potonglah kain sepanjang 220cm x 260cm. Pada contoh ini, masing-masing tepian kain ditambahkan 30cm sesuai dengan tinggi kasur.

pola sprei

pola sprei // Jarumjahit.com

3. Potong sudut-sudut kain. Karena tambahannya 30cm, maka potong kotak seluas 30cm x 30cm.

pola sprei

potong sudut sprei// Jarumjahit.com

4. Jahit sudut yang telah dipotong untuk menyatukannya.

pola sprei

Menjahit ujung sprei // Jarumjahit.com

5. Kemudian jahit seluruh pinggiran sprei (hem).

6. Potonglah karet elastis sepanjang 30cm sebanyak 4 buah untuk bagian sudut sprei.

7. Tentukan titik, kira-kira pada pertengahan sudut sprei. Lalu geser karet elastis sekitar 15cm dari posisi tengah. Jahitlah karet sambil ditarik supaya karet meregang 2x dari ukuran semula.

8. Jika ingin sprei lebih rapi dan tidak mudah lepas saat dipasang pada kasur, tambahkanlah karet elastis lagi. Potonglah karet elastis sepanjang 25cm sebanyak 4 buah. Lantas jahit di setiap sudutnya. Ulangi jahitan pada ujung-ujung elastis sebanyak 2-3 kali agar karet elastis melekat kuat.

pola sprei

Karet elastis di ujung sprei // Jarumjahit.com

Nah, dengan cara ini sebuah sprei sudah selesai dijahit. Semoga tutorial menjahit sprei ini bisa membantu! Selamat mencoba!