Pernah dengar tentang mesin jahit heavy duty? Mesin jahit heavy duty adalah mesin jahit yang dilengkapi dengan motor atau dinamo yang lebih cepat dibandingkan mesin jahit portable biasa. Untuk merk Singer, mesin jahit heavy duty tersedia dalam beberapa pilihan seri. Berikut ini beberapa seri mesin jahit heavy duty Singer, persamaan dan perbedaannya.

Persamaan Heavy Duty Singer seri 4411, 4423 dan 4432

Memiliki tampilan yang hampir sama, ketiga seri mesin Heavy Duty keluaran Singer ini dilengkapi Heavy Duty Motor. Dengan adanya motor ini, kecepatan mesin jahit ini bisa mencapai 1.100 jahitan per menit. Ketiga mesin ini cocok dipakai untuk menjahit semua jenis kain, termasuk kain yang keras dan tebal. Misalnya saja bahan jeans dan kulit.

Selain itu, ketiga seri mesin jahit ini dilengkapi pula dengan top drop-in bobbin, pemotong benang, pemutar bobbin otomatis, pengatur pola jahitan, pengatur panjang jahitan, pengatur lebar jahitan, pengatur posisi jarum, pengatur tekanan benang atas, tuas jahitan mundur, lampu LED dan tuas pengangkat sepatu yang bisa mengangkat sepatu lebih tinggi jika dibandingkan dengan mesin jahit lainnya. Dari spesifikasi ini dapat disimpulkan bahwa ketiga seri Heavy Duty Singer ini multifungsi dan sangatlah kuat.

Dalam setiap box pembeliannya, pihak Singer menyertakan pedal atau foot controller, soft cover, buku instruksi manual dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, tool kit dan kartu garansi resmi. Adapun garansi resmi yang diberikan Singer Indonesia adalah selama 1 tahun.

Source: Singerindonesia.com

Perbedaan Heavy Duty Singer seri 4411, 4423 dan 4432

Meskipun mempunyai banyak sekali persamaan, namun jika dicermati terdapat beberapa perbedaan antara ketiga mesin jahit heavy duty ini. Bagi sebagian orang, perbedaan ini bukanlah sesuatu hal yang begitu penting. Namun mungkin bagi Anda, perbedaan ini sangat berarti. Sebagai bahan pertimbangan, simak beberapa perbedaan ketiganya.

Heavy Duty Singer 4411

Dua angka terakhir pada nomor seri mesin jahit ini tak lain menunjukkan jumlah pola jahitan yang bisa dijalankan pada mesin jahit. Adapun pada seri 4411 ini, mesin jahit dilengkapi dengan 11 pola jahitan. Perbedaan lainnya, seri ini memiliki kemampuan 4 langkah pelubang kancing. Dari segi harga, official store Singer menawarkannya dengan harga Rp. 3.172.000,- per bulan Mei 2021.

pola jahitan 4411

source: Singerindonesia.com

Heavy Duty Singer 4423

Dari segi pola jahitan, seri 4423 ini dilengkapi dengan pola jahitan yang lebih banyak dibanding seri 4411. Adapun jumlah pola jahitan pada mesin jahit ini sebanyak 23 pola jahitan. Selain kelebihan ini, seri 4423 menawarkan 1 langkah pelubang kancing sehingga jauh lebih praktis. Mesin jahit ini juga memiliki pemasang benang otomatis. Di official store, seri 4423 dibanderol dengan harga Rp. 3.400.000,- per Mei 2021.

pola jahitan 4423

source: SingerIndonesia.com

Heavy Duty Singer 4432

Di antara ketiga seri mesin jahit Heavy Duty ini, seri 4432 memiliki pola jahitan terbanyak yakni sebanyak 32 jahitan. Seperti halnya seri 4423, mesin jahit ini juga dilengkapi 1 langkah pelubang kancing dan pemasang benang otomatis. Tentu saja harganya pun sedikit lebih mahal yakni Rp. 3.650.000 per Mei 2021.

Pola Jahitan 4432

source: Singerindonesia.com

Nah, persamaan dan perbedaan ini bisa jadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli mesin jahit Heavy Duty Singer. Jika punya dana yang cukup dan ingin belajar menjahit tak hanya baju tetapi juga aneka home d├ęcor dan tas, maka mesin Heavy Duty ini sungguh layak untuk dimiliki. Cara mengoperasikannya pun terbilang mudah dan tak jauh berbeda dengan mesin jahit portable biasa. Bagaimana? Tertarik untuk memilikinya?