Seperti telah diulas dalam artikel “Review Lengkap Mesin Jahit Heavy Duty Singer 4411, 4423 dan 4432”, mesin jahit portable Heavy Duty Singer 4423 dan 4432 dilengkapi dengan fitur 1 langkah pelubang kancing. Pastinya fitur ini membuat pekerjaan pembuatan lubang kancing jadi lebih praktis dan cepat. Lantas bagaimana cara bikin lubang kancing satu langkah dengan mesin jahit portable Singer Heavy Duty?

Tutorial Cara Bikin Lubang Kancing Satu Langkah

Pada tutorial ini, kami menggunakan mesin jahit Heavy Duty Singer 4423. Pertama-tama siapkan dahulu bahan-bahan perlengkapannya.

1. Sepatu lubang kancing
Sepatu lubang kancing biasanya disertakan dalam setiap pembelian mesin jahit Heavy Duty Singer. Jika tak ada, sepatu lubang kancing ini bisa dibeli di toko peralatan jahit offline maupun online.

sepatu lubang kancing

source: Jarumjahit.com

2. Kancing baju
Siapkan kancing baju yang hendak dipasang. Kancing baju ini berfungsi sebagai penanda panjangnya lubang kancing yang hendak dibuat.

3. Penggaris dan pensil
Siapkan pula penggaris dan pensil untuk menandai bagian kain yang hendak dilubangi. Dengan bantuan penggaris dan pensil, letak lubang kancing bisa lebih presisi.

4. Pendedel
Pendedel dibutuhkan untuk merobek lubang setelah langkah pembuatan lubang kancing selesai dilakukan.

pendedel

source: Jarumjahit.com

Langkah-langkah Cara Membuat Lubang Kancing Satu Langkah

Jika sudah terbiasa, langkah-langkah pembuatan lubang kancing satu langkah ini terbilang mudah. Namun diawal, ada beberapa pengaturan yang membuatnya tampak rumit. Untuk itu ada baiknya cobalah membuat lubang kancing di kain perca terlebih dahulu.
1. Pertama-tama, lakukan beberapa pengaturan pada mesin jahit. Di bagian Tension pilih nilai terendah yakni 0 dan di bagian Needle Position pilih posisi jarum di tengah.

Mesin jahit portable

source: Jarumjahit.com

2.Di bagian Width, pilih angka 6 atau 4. Anda bisa melakukan eksperimen dengan pengaturan di bagian ini untuk mendapatkan hasil terbaik berdasarkan tingkat ketebalan kain. Lalu di bagian Length, pilih antara nilai 1 dan 0.

setting heavy duty 4423

source: Jarumjahit.com

3. Jika di bagian Length sudah diatur antara nilai 1 dan 0, selanjutnya putar tombol di bawahnya hingga menunjukkan pada mode lubang kancing.

pengaturan lubang kancing satu langkah

source: Jarumjahit.com

4. Jika semua pengaturan pada mesin jahit portable Singer Heavy Duty 4423 sudah dilakukan, selanjutnya ambil sepatu lubang kancing. Tarik bagian atas.

source: Jarumjahit.com

5. Di bagian atas sepatu lubang kancing selanjutnya akan terlihat tempat untuk meletakkan kancing.

source: Jarumjahit.com

6. Letakkan kancing pada tempat tersebut.

Source: Jarumjahit.com

7. Dorong sisi atas sepatu lubang kancing sehingga kancing terjepit rapat.

Source: Jarumjahit.com

8. Setelah itu pasanglah sepatu lubang kancing.

source: Jarumjahit.com

9. Kemudian tarik ke bawah tombol bertuliskan PUSH.

source: Jarumjahit.com

10. Setelah itu dorong ke belakang tombol PUSH. Ingat, tombol ini berperan penting dalam pembuatan lubang kancing satu langkah. Karena itu, pastikan Anda menarik tombol tersebut dan mendorongnya kebelakang setiap kali hendak membuat lubang kancing baru.

source: Jarumjahit.com

11. Selanjutnya tandai letak lubang kancing pada kain dengan menggunakan pensil dan penggaris. Buatlah garis lurus selebar kancing baju agar nantinya letak lubang kancing yang satu dengan lainnya benar-benar lurus dan rapi.

12. Sesudah itu barulah jahit kain untuk membuat lubang kancing baju.

source: Jarumjahit.com

13. Gunakanlah pendedel untuk merobek bagian tengah lubang kancing. Lakukan langkah ini dengan hati-hati.

14. Seperti telah dijelaskan di atas, Anda bisa bereksperimen di bagian Width dengan memilih angka 6 atau 4 atau angka lainnya sesuai ketebalan kain. Perbedaan nilai pada bagian Width nantinya akan menghasilkan lubang kancing yang berbeda pula. Pada contoh ini, lubang kancing bagian atas menggunakan nilai Width: 6 dan lubang kancing bagian bawah menggunakan nilai Width: 4.

source: Jarumjahit.com

Nah, demikianlah tutorial cara membuat lubang kancing satu langkah dengan mesin portable Singer Heavy Duty 4423. Sekali lagi, sebaiknya cobalah dahulu di kain perca untuk melihat hasilnya. Jika masih ada pengaturan yang salah, ulangi lagi langkah-langkah dari atas. Bila sudah mendapatkan hasil yang memuaskan, barulah aplikasikan pada kain yang sesungguhnya. Selamat mencoba!