Laptop gaming terbaik jadi salah satu benda yang paling diincar anak muda. Maklum saja, laptop gaming dirancang secara khusus dengan spesifikasi yang mampu memberikan pengalaman bermain game yang memuaskan.

Saat ini tren bermain game memang terus mengalami peningkatan. Jika dulu bermain game hanya untuk kesenangan semata, kini kemahiran dan ketekunan bermain game bisa menjadi sumber penghasilan yang sangat menjanjikan.

Karena itulah, laptop gaming jadi impian di kalangan pehobi game! Apakah kamu salah satunya?

Nah, ASUS sebagai salah satu vendor yang mendominasi pasar laptop dunia turut ambil bagian untuk menyediakan kebutuhan laptop gaming terbaik. Brand Republic of Gamers telah menjadi bukti keseriusan ASUS dalam memenuhi kebutuhan para gamer.

Apa Itu ASUS ROG?

Bagi teman-teman yang belum tahu, ASUS ROG adalah sebuah brand dari ASUS yang berfokus pada perangkat gaming. ROG yang merupakan singkatan dari Republic of Gamers dibentuk pertama kali pada tahun 2006.

Tak perlu menunggu lama, berdasarkan angka penjualan unit global di penghujung tahun 2016 ASUS gaming laptop telah menguasai 59% market share. Republic of Gamers pun terus berkembang menjadi pemain utama di industri game dunia. Terbukti dengan lebih dari 6000 penghargaan telah dimenangkan Republic of Gamers di dunia sejak tahun 2006.

Kenapa Harus Pilih ASUS ROG?

Republic of Gamers berkomitmen menciptakan laptop gaming terbaik dan paling kuat. Sejak dibentuk tahun 2006 ASUS ROG terus melakukan inovasi-inovasi yang sulit ditemukan di laptop lain. Bekerjasama dengan gamer profesional top dunia, ASUS Republic of Gamers memanfaatkan feedback mereka untuk menciptakan platform yang sempurna bagi para gamer.

Karena itulah wajar jika Republic of Gamers kerap jadi pionir beragam inovasi teknologi. Contohnya saja laptop gaming dengan system water cooling pertama di dunia, laptop gaming tipis pertama di dunia, laptop gaming pertama yang menggunakan layar 360Hz, & sederet inovasi lainnya.

Dengan inovasi & kualitas terbaik, Republic of Gamers menyabet sejumlah penghargaan mulai dari penghargaan dari Tech Advisor, PC World, iF Design hingga CES Innovation awards. Republic of Gamers juga menjadi partner gaming resmi turnamen-turnamen esports tingkat dunia seperti BlizzCon, PAX, The International, Dreamhack & The Majors.

Republic of Gamers benar-benar menawarkan pengalaman bermain game yang lebih baik dengan hardware gaming berperforma luar biasa, grafis terbaik dan pendinginan inovatif yang membawa performa laptop gaming meningkat lebih tinggi. Semua laptop Republic of Gamers juga melalui sederetan tes ketahanan & diuji pada kondisi tak biasa demi memastikan ketangguhannya.

Apa Saja Laptop Gaming Terbaik Dari ASUS ROG?

Dengan komitmen menciptakan laptop gaming terbaik & paling kuat, ASUS ROG telah mengeluarkan banyak pilihan laptop gaming berkualitas. Dari sekian banyak pilihan, kali ini saya memilih tiga laptop gaming yang begitu mencuri perhatian. Satu laptop gaming dari seri ROG Strix, satu laptop gaming dari seri ROG Zephyrus dan satu laptop lainnya dari seri ROG Flow. Nah jika diamati, walaupun seri & namanya berbeda namun deretan laptop gaming tersebut mempunyai satu kesamaan. Apa kesamaannya?

Kesamaan dari tiga laptop gaming ASUS ini terletak pada prosesornya. Yup, ketiganya ditenagai dengan prosesor (CPU) Intel Core generasi ke-12 (Alder Lake). Prosesor Alder Lake menawarkan kombinasi Performance-cores (P-cores), CPU core dengan performa paling tinggi yang pernah diproduksi Intel, serta Efficient-cores (E-cores) yang dirancang untuk performa workload multi-thread yang memiliki skalabilitas tinggi.

Adapun performance hybrid architecture dari prosesor 12th Intel Core merupakan lompatan arsitektur yang dihasilkan dari co-engineering yang erat antara software dan hardware. Hasilnya, performa yang jauh lebih unggul dibandingkan generasi-generasi sebelumnya.

Lalu bagaimana spesifikasi masing-masing laptop gaming? Saya mencoba menghimpun informasi dari situs resmi ASUS ROG & press release mengemasnya secara singkat. Yuk, simak ulasannya di sini!

ASUS ROG Strix Scar 17 Special Edition, Laptop Gaming Terbaik & Paling Powerful di Dunia

ROG Strix SCAR 17 Special Edition adalah laptop gaming pertama yang ditenagai CPU 12th Gen Intel Core i9-12950HX. Fyi, CPU ini merupakan CPU laptop paling powerful di dunia!

Pada ROG Strix SCAR 17 Special Edition, CPU dengan konfigurasi 16 core (8 P-core dan 8 E-core) dan 24 thread sudah ditingkatkan performanya. 12th Gen Intel Core i9-12950HX yang ditanamkan di ROG Strix SCAR 17 Special Edition mempunyai base power 65W dan Performance-core yang bisa berjalan di frekuensi sampai dengan 5,2GHz. Spesifikasi tersebut dapat menghadirkan performa CPU single-thread terbaik ketika bermain game dalam skenario apapun.

Selain itu keunggulan ROG Strix SCAR 17 Special Edition lainnya adalah CPU 12th Gen Intel Core i9-12950HX  juga bisa ditingkatkan performanya lewat Manual Mode pada aplikasi Armoury Crate yang membuat CPU bisa berfungsi di daya 175W. Performa ini pastinya membuat ROG Strix SCAR 17 Special Edition memiliki performa yang mirip PC desktop.

Laptop gaming terbaik ini juga dibekali dengan GPU yang sangat powerful yakni NVIDIA GeForce RTX 3080Ti. GPU-nyajuga sudah ditingkatkan performanya dengan TGP maksimal di angka 175W lewat Dynamic Boost. Dengan spesifikasi ini, ROG Strix SCAR 17 Special Edition dipastikan bisa dipakai untuk memainkan semua game PC dengan sangat baik pada resolusi tinggi.

Adapun tentang resolusi, laptop gaming terbaik sudah dibekali dengan layar beresolusi QHD (2560 x 1440) dengan refresh rate 240Hz dan response time 3ms. Layar terbaik didukung teknologi Dolby Vision dan Adaptive Sync sehingga pengalaman bermain game semakin nyaman tanpa efek stuttering & tearing.

Untuk memori serta penyimpanan, ROG Strix SCAR 17 Special Edition dibekali dengan memori DDR5 4800MHz yang kapasitasnya bisa ditingkatkan hingga 64GB. Sedangkan untuk penyimpanannya mengandalkan NVMe PCIe Gen4 SSD yang bisa dikonfigurasikan secara RAID 0 untuk performa maksimal. Seperti laptop gaming ROG 2022 lainnya, ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga dilengkapi MUX Switch untuk performa gaming terbaik.

Sedangkan untuk konektivitas, ROG Strix SCAR 17 Special Edition menawarkan konektivitas modern & lengkap, mulai dari WiFi 6E sampai Thunderbolt 4 sehingga penggunanya bisa terhubung ke jaringan internet tanpa gangguan & perangkat pendukung bisa terhubung tanpa masalah.

Sistem pendingin khusus juga ditambahkan pada laptop gaming terbaik ini. ROG Strix SCAR 17 Special Edition hadir dengan sistem pendingin ROG Intelligent Cooling. Salah satunya pemakaian liquid metal sebagai thermal compound untuk CPU & GPU. Liquid metal yang digunakan adalah Thermal Grizzly Conductonaut Extreme yang bisa mendinginkan suhu operasional sampai dengan 15⁰C dibandingkan thermal compound standar dari bahan silikon.

Sistem pendinginnya juga dilengkapi vapor chamber untuk membantu mendinginkan semua komponen gaming. Vapor chamber melapisi 48,8% bagian mainboard sehingga proses pendinginan untuk masing-masing komponen mulai dari CPU, GPU, VRM & VRAM bisa berjalan optimal.

Heatsink berbahan tembaga terhubung langsung dengan vapor champber, dirancang secara presisi supaya bisa melepas panas dengan optimal. Pelepasan panas juga dibantu dua kipas Arc Flow yang bisa aliran udara lebih baik & mempunyai tingkat kebisingan lebih rendah dibandingkan teknologi kipas di laptop Republic of Gamers generasi sebelumnya.

Sebagai laptop gaming terbaik edisi khusus, walau masih menggunakan basis desain bodi sama dengan model ROG Strix SCAR 17, namun ROG Strix SCAR 17 Special Edition dilengkapi fitur “invisible ink” terukir pada bagian bodi. Invisible ink hanya bisa terlihat saat bodi laptop terkena sinar UV.

laptop gaming terbaik

ASUS ROG Zephyrus M16, Laptop Gaming Sempurna untuk Gamers & Konten Kreator

Tak hanya untuk para gamers, laptop ASUS ROG Zephyrus M16 juga bisa menjadi andalan para konten kreator. Pasalnya, laptop ini dipersenjatai dengan teknologi layar ROG Nebula Display.

Apa sih keistimewaan teknologi layar ROG Nebula Display?

ROG Nebula Display adalah teknologi layar dengan color gamut 100% DCI-P3, tingkat kecerahan 500 nits & response time 3 ms. Teknologi tersebut disematkan pada layar laptop yang terbilang luas yakni berukuran 16 inchi. 94% Screen-to-Body yang diterapkan tentunya membuat para gamer bisa lebih menatap layar dengan lebih mantap. Ditambah pula bezel yang lebih tipis menjadikan pandangan jauh lebih clear. ⁠⁠

Di laptop ASUS ROG Zephyrus M16, teknologi layar ROG Nebula Display disempurnakan dengan fitur Dolby Vision, Adaptive Sync, akurasi warna Pantone Validated Display, serta sertifikasi TUV Rheinland untuk low blue light & anti-flicker. Sebuah kamera webcam yang mendukung perekaman video 720p HD juga ditanamkan di bagian atas layar.

Seperti laptop gaming terbaik ASUS Republic of Gamers lainnya, seri ASUS ROG Zephyrus M16 dilengkapi pula dengan MUX Switch. MUX Switch adalah chip khusus yang bisa mengatur jalur data visual di layar laptop. Chip MUX Switch diklaim bisa mendongkrak performa laptop antara 10% sampai dengan 30% ketika dipakai bermain game.

Selain mengunggulkan teknologi layar ROG Nebula Display, laptop gaming ASUS ROG Zephyrus M16 juga tampil istimewa karena ditenagai Intel Core H-series generasi ke-12 berbasis Intel 7. Prosesor ini memadukan antara Performance Core (P-core) dan Efficient Core (E-core) yang disebut-sebut bisa menghadirkan performa terbaik untuk mengerjakan tugas-tugas berat sekaligus efisiensi daya ketika laptop dipakai untuk mengerjakan tugas-tugas ringan.

Laptop gaming ASUS ROG Zephyrus M16 ditawarkan dengan dua pilihan prosesor, Intel Core i7-12700H & Intel Core i9-12900H. Adapun Prosesor Intel Core i7-12700H memiliki 14 cores (6 P-cores and 8 E-cores) dengan kemampuan clockspeed 2,3 GHz (mode turbo 4,7 GHz). Sedangkan Intel Core i9-12900H mempunyai konfigurasi 14 cores (6 P-cores dan 8 E-cores) dan 20 thread berkecepatan 2,5 GHz yang bisa dipacu sampai dengan 5 GHz.

Sementara itu untuk pengolah grafis, ASUS ROG Zephyrus M16 menggunakan chip grafis dari Nvidia, yaitu GeForce RTX 3060 hingga 3070Ti yang sudah disertai Tensor Core dan RT Core. Untuk RAM, laptop ini dibekali RAM DDR5 16 GB (dual-channel) 4.800 Mhz.

Selanjutnya untuk untuk penyimpanan, laptop gaming terbaik ASUS ROG Zephyrus M16 dipasangi dengan penyimpanan NVMe PCIe Gen4 SSD yang bisa menyimpan data sampai dengan 1 TB dengan kecepatan baca hingga 7 Gbps.

Dari sisi konektivitas, laptop gaming dilengkapi port HDMI 2.0b, USB 3.2 Gen2 Type-A, UHS II MicroSD card reader, 3.5mm combo audio jack, port gigabit ethernet (LAN) dan port Thunderbolt 4 USB Type-C. Teknologi Thunderbolt 4 bisa mencapai kecepatan data hingga 40 Gbps sehingga bisa dipakai untuk menghubungkan laptop ke monitor yang memiliki resolusi hingga 8K.

Untuk semua kecanggihannya, laptop gaming ASUS ROG Zephyrus M16 ditenagai baterai berkapasitas maksimal 90 WHrs. Sedangkan untuk sistem operasi, laptop gaming sudah menjalankan sistem operasi Windows 11 Home dan juga Pre-installed Office Home and Student 2021. Pastinya akan memudahkan teman-teman untuk memainkan game favorite sekaligus meningkatkan produktivitas sehari-hari.

Secara keseluruhan, laptop gaming terbaik dari ASUS ini memiliki bobot 1,9 kg dengan dimensi 35,5 x 24,3 x 1,99 cm. Desainnya ramping dengan sandaran penyangga 180⁰ membuat laptop gaming lebih fleksibel ketika digunakan gaming.⁠

Jadi, untuk teman-teman yang gemar main game sekaligus berprofesi sebagai konten kreator, laptop gaming ASUS ROG Zephyrus M16 bisa jadi pilihan yang tepat!

ROG Zephyrus M16

ASUS ROG Flow Z13, Detachable Powerful

Berbeda dari laptop gaming ASUS Republic of Gamers lainnya, laptop ROG Flow Z13 memiliki keistimewaan & nilai jual pada layarnya. Bagian layarnya dirancang secara khusus bisa dilepas (detachable) dari keyboard yang dilengkapi fitur RGB backlighting. Layarnya bisa dioperasikan dengan layar sentuh (touch screen) & dilengkapi pula dengan pena (stylus) berteknologi MPP 2.0. Dengan kata lain, laptop ini bisa digunakan seperti sebuah tablet.

Tablet gaming ini dipasangi dengan hardware papan atas seperti laptop gaming Republic of Gamers lainnya. Prosesor yang dipilih adalah Intel Core i9-12900H, prosesor (CPU) generasi ke-12 (Alder Lake) dari Intel. Prosesor-nya dikombinasikan dengan pengolah grafis (GPU) Nvidia GeForce RTX 3050 Ti, RAM DDR5 & media penyimpanan slot PCIe 4.0.

Dengan spesifikasi ini laptop gaming ASUS ROG Flow Z13 tidak menggunakan sistem operasi Android layaknya tablet pada umumnya, melainkan sistem operasi Windows.

Sedangkan untuk layar yang menjadi unggulannya, laptop gaming ROG Flow Z13 ditawarkan dengan dua pilihan layar. Pilihan pertama, layar 4K 60 Hz dengan spektrum warna color gamut 85% DCI-P3. Sedangkan pilihan kedua, layar Full HD 120 Hz dengan color gamut 100% sRGB.

Kedua pilihan layar laptop gaming terbaik ini menggunakan rasio layar 16:10 ukuran 13,4 inchi, dilengkapi teknologi Dolby Vision, dilapisi Corning Gorilla Glass, Adaptive-Sync, & bersertifikasi Pantone Validated Display sehingga tampilan warna pada layarnya sangat akurat.

Adapun untuk konektivitas, ASUS ROG Flow Z13 dilengkapi satu port Thunderbolt 4 yang mendukung fitur DisplayPort 1.4 & pengisian daya cepat berteknologi PD charging sampai dengan 100 watt. Selain itu, ada juga dua konektor USB tipe-C yang dapat dipakai untuk display port dan konektor pengisi daya. Konektor lainnya yakni port USB-A 2.0, slot kartu microSD, HDMI 2.0 port, & audio jack 3,5 mm.

laptop gaming terbaik

Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik

Memilih laptop gaming bisa dibilang gampang-gampang susah. Pasalnya, ada banyak pilihan yang tersedia dan masing-masing memiliki keunggulan. Kalau sudah begini, pusing deh jadinya! Nah, untuk memudahkan menjatuhkan pilihan, perhatikan fitur utama laptop gaming yakni: 
Layar
CPU
GPU
Memori
Penyimpanan
Desain
Port dan input

Selain itu, pertimbangkan pula 3 hal berikut.

Perhatikan dan Bandingkan Spesifikasi Laptop Gaming Terbaik

Spesifikasi laptop gaming pastinya harus mendapat perhatian yang utama. Setidaknya ada lima fitur utama yang perlu diperhatikan yaitu layar, CPU (Central Processing Unit) dan GPU (Graphics Processing Unit), memori & penyimpanan, desain serta port dan input.

Ukuran, resolusi & kecepatan refresh pada layar laptop gaming akan mempengaruhi pengalaman teman-teman dalam bermain game. Berkaitan dengan layar, pertimbangkan apakah kalian memprioritaskan layar yang memiliki kecepatan referesh tinggi ataukah layar dengan resolusi yang tinggi? Atau, mungkin kalian berencana memakai monitor eksternal saja?

Sedangkan untuk CPU dan GPU, cobalah untuk membandingkan spesifikasi komponennya. Misalnya saja kecepatan clock dan jumlah itu. Simak juga benchmark untuk membandingkan kecepatannya. Adapun untuk memori & penyimpanan, sebaiknya kenali perbedaan HDD dan SSD. Kemudian tentukan nilai RAM yang dibutuhkan untuk memainkan game favorit kalian.

Jika teman-teman sering bepergian, maka desain laptop gaming patut juga dipertimbangkan. Pilih laptop gaming yang ringan. Namun bila tak sering bepergian, tentu hardware yang jadi prioritas.

Lalu berkaitan dengan port dan input, pertimbangkan jumlah periferal yang nantinya digunakan. Termasuk audio dan penyimpanan eksternal. Apakah kalian memerlukan port berkecepatan tinggi & fleksibilitas lebih?

Cermati Layanan Garansinya

Garansi menjadi poin amat penting ketika teman-teman memutuskan untuk membeli laptop gaming. Adanya garansi menjadi jaminan jika nantinya terjadi kerusakan. Karena itu, pastikan garansi diberikan pada laptop gaming terbaik yang kalian incar.

Misalnya saja pada setiap produk laptop gaming terbaik Republic of Gamers resmi, ASUS memberikan garansi perbaikan selama 2 tahun, baik garansi perbaikan dalam negeri maupun global. Garansi berlaku jika kerusakan terjadi bukan akibat kelalaian pembeli.

Selain itu mulai 1 januari 2020, ASUS mengaktikan jaminan ASUS Perfect Warranty. Layanan garansi ekslusif berlaku di tahun pertama masa garansi ASUS laptop consumer dan laptop gaming. Pada layanan premium, ASUS menanggung 80% biaya jasa perbaikan & spare part untuk kerusakan-kerusakan yang diakibatkan kelalaian pengguna.

Cari Kesempatan untuk Dapat Harga Miring

Sudah bukan rahasia lagi, laptop gaming  terbaik harganya selangit termasuk laptop gaming untuk bermain VR. Namun kalau dilihat-lihat lagi, tentu harga yang ditawarkan oleh vendor sepadan dengan kualitas dan kemampuan laptop gaming terbaik. Untuk mendapatkan harga yang sedikit miring, teman-teman bisa mencoba peruntungan melalui program On Sale yang diadakan vendor laptop gaming. Rajin-rajin saja mengikuti update informasi melalui kanal resmi media sosial mereka.

Kesimpulan

Memilih laptop gaming terbaik menjadi impian sekaligus keputusan besar. Sebab spesifikasi dan kemampuan laptop gaming akan memberi dampak yang signifikan pada pengalaman teman-teman saat bermain game.

Nah, deretan produk laptop gaming terbaik ASUS Republic of Gamers menawarkan spesifikasi powerful untuk bermain game dengan pengalaman  lebih baik. Laptop gaming Republic of Gamers cocok untuk semua kalangan, mulai dari pemain game pemula hingga pemain game profesional.

Jajaran laptop gaming terbaik dari ASUS ROG mampu mendukung seluruh aktivitas gamer, termasuk produktivitas para gamer.

Tak hanya itu saja, ASUS Republic of Gamers juga ada komunitasnya lho!

Bagi teman-teman yang sudah menggunakan laptop gaming ASUS ROG atau ingin tahu lebih banyak mengenai pengalaman menggunakan laptop Republic of Gaming terbaik, bergabunglah dengan ASUS ROG Community. Komunitas gaming terbesar di Indonesia ini beranggotakan lebih dari 30.000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia. Komunitas ASUS ROG menjadi jembatan antara gamers sekaligus pengguna Republic of Gaming & penggemar Republic of Gaming dengan #TeamROG.

FAQ

Mengapa Harus Memilih Laptop Gaming Terbaik?

Para developer selalu merilis game yang memerlukan laptop dengan kemampuan terbaik. Karena itu, untuk mendapatkan pengalaman terbaik dalam bermain game, dibutuhkan laptop gaming gaming yang memiliki spesifikasi tinggi & dirancang khusus untuk bermain game.

ROG Itu Laptop Apa?

ROG atau Republic of Gamers adalah brand khusus gaming dari ASUS. Varian laptop gaming dari ROG didukung dengan prosesor powerful, visual terbaik dan inovasi pendinginan yang mengoptimalkan performa untuk bermain game.

Apakah Laptop Gaming ASUS ROG Bisa Dipakai Kerja?

Bisa dong! Selain untuk bermain game, laptop gaming terbaik ASUS ROG bisa juga digunakan untuk produktivitas sehari-hari. Misalnya mengerjakan tugas kuliah atau membuat konten. Contohnya saja ROG Zephyrus M16. Laptop gaming terbaik ini cocok untuk gamer sekaligus content creator. Selain dilengkapi sistem operasi Windows 11 Home, laptop gaming ini juga disertai Pre-installed Office Home and Student 2021 yang pastinya mendukung produktivitas sehari-hari.

Apa Saja Seri Laptop Gaming ASUS ROG?

Seri ROG Flow: ROG Flow X16, ASUS ROG Flow X13, ASUS ROG Flow Z13.
Seri ROG Zephyrus: ROG Zephyrus M16, ROG Zephyrus G15, ROG Zephyrus G14, ROG Zephyrus Duo 16, ROG Zephyrus Duo 15 SE.
Seri ROG Strix: ROG Strix G17, ROG Strix Scar 17 SE, ROG Strix G15 Advantage Edition, ROG Strix G15, ROG Strix Scar 17, ROG Strix Scar 15.

Berapa Harga Laptop Gaming Terbaik ASUS ROG?

Harga laptop gaming ASUS ROG beragam sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan. Teman-teman bisa melihat koleksi laptop gaming selengkapnya beserta harganya melalui website resmi ASUS ROG.

Bagaimana Cara Bergabung Dengan ASUS ROG Community?

Untuk bergabung dengan ASUS ROG Community caranya mudah banget. Cukup masuk ke website resminya yakni rogcommunity.id lalu lakukan registrasi. Isikan nama, alamat email dan beberapa keterangan yang diminta. 

Apa Saja Kegiatan ASUS ROG Community?

Ada banyak kegiatan ASUS ROG Community. Salah satunya ROG Communnity Gathering yang dilakukan di sejumlah kota. Seperti baru-baru ini diadakan gathering di Surabaya dan Bali. Segera saja bergabung menjadi member komunitas gamer terbesar ini dan ikuti informasi terbarunya.