47 Tahun Inovasi Polytron, Bikin Hidup Kaum Perempuan Jadi Berkualitas!

Maju Untuk Terus Berinovasi dan Bernilai

logo polytron

Satu pertanyaan khusus untuk ibu-ibu nih, berapa jam waktu yang kalian butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga? Mulai dari mencuci pakaian, menyapu, mengepel, belanja kebutuhan dapur, memasak hingga merapikan taman.

Empat jam?

Tujuh jam?

Pastinya setiap ibu rumah tangga membutuhkan waktu yang bervariasi sesuai jumlah anggota keluarga, besarnya rumah, adanya ART (Asisten Rumah Tangga) dan beberapa faktor lainnya. Kadang nih, pernah nggak sih merasa stress karena pekerjaan rumah tangga yang kayak nggak ada habisnya?

Hmm…hmm…hmm… bohong banget deh kalau benar-benar bebas dari stres hehehe

Semua perempuan yang sudah menikah pasti pernah mengalami sensasi tekanannya!

Ngomong-ngomong tentang pekerjaan rumah tangga, saya jadi teringat masa kecil. Dengan lima orang anak yang masing-masing terpaut usia 2 tahun, Ibu mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga sendirian. Bisa dibayangkan betapa hectic-nya setiap hari!

Karena itulah, jarang sekali Ibu terlihat duduk santai. Kesempatan Ibu bermain bersama kami anak-anaknya selalu dilakukan sembari mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Entah itu sambil memasak atau menyetrika pakaian.

Di malam hari ketika tiba-tiba terbangun, saya kerap mendapati Ibu sedang mengucek pakaian. Biasanya dengan terkantuk-kantuk, saya memilih untuk menunggui Ibu di kursi kayu yang ada di dekat area mencuci.

Tak hanya di malam hari, Ibu juga mencuci di siang hari. Setiap hari!

Kalau cucian Ibu menggunung karena adek ngompol, sedih banget rasanya. Pekerjaan mencuci pakaian dengan tangan seperti itu sangat menyita waktu sehingga Ibu tak lagi punya waktu untuk bermain bersama anak-anaknya. Yah mau gimana lagi, waktu itu mesin cuci masih terbilang sebagai barang yang mewah.

Nah, ternyata bukan Ibu saya saja yang harus menghabiskan waktu nyaris sepanjang hari untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Dilansir dari The New York Times, di tahun 1965 wanita-wanita di Amerika yang sudah menikah menghabiskan waktunya 34,5 jam per minggu untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga. Namun di tahun 2000 durasinya semakin berkurang. Kaum perempuan hanya menggunakan 19.4 jam waktunya per minggu untuk melakukan pekerjaan rumah tangga.

Masih tentang pekerjaan rumah tangga, ada pula penelitian Marie Evertsson dari Stockholm University di tahun 2009 yang dipublikasikan melalui Researchgate.net. Penelitian ini menyebutkan bahwa kaum wanita di Swedia rata-rata menghabiskan waktu 15 jam per minggu untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Penelitian durasi pekerjaan rumah tangga

Jumlah rata-rata jam yang dihabiskan kaum wanita dan pria menikah untuk mengerjakan pekerjaan rumah per minggu di Swedia tahun 2009

Dari dua sumber data itu bisa dilihat bahwa waktu yang dihabiskan untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tangga ternyata semakin pendek dari tahun ke tahun.

Kok bisa?

Setidaknya ada dua faktor yang membuat semakin singkatnya waktu yang dibutuhkan kaum perempuan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga. Faktor pertama adalah kesadaran kaum pria di era modern yang semakin tinggi untuk ambil bagian dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Kesetaraan gender yang terus digaungkan serta pendidikan yang semakin baik telah membuat perempuan dan laki-laki bisa menikmati kesempatan untuk merasakan hak dan tanggung jawab yang sama di semua sisi kehidupan termasuk dalam rumah tangga.

Sedangkan faktor kedua berkaitan dengan kemajuan teknologi. Inovasi teknologi telah menghasilkan peralatan-peralatan elektronik yang bikin pekerjaan-pekerjaan rumah tangga bisa diselesaikan dengan praktis dan cepat!

Nah, Polytron adalah salah satu perusahaan elektronik yang terus melakukan inovasi di setiap produknya. Persis suami-suami yang sayang istri, inovasi Polytron telah menghasilkan sederet peralatan elektronik yang membantu kaum wanita menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan domestik lebih cepat dan praktis. Mau bukti?

pekerjaan rumah tangga
pekerjaan rumah tangga

Inovasi Polytron yang Manjakan Kaum Perempuan

Polytron yang berdiri sejak tahun 1975 memiliki divisi khusus pengembangan produk yang disebut Divisi Research and Development. Tak tanggung-tanggung, divisi ini didukung 500 orang tenaga ahli dalam beragam bidang teknologi demi merespon kebutuhan dan perkembangan pasar di Indonesia.

Bagi saya, sejumlah produk Polytron menawarkan inovasi teknologi yang sangat berpihak pada kaum perempuan. Peralatan elektronik keluaran Polytron membantu kaum perempuan mengerjakan pekerjaan rumah tangga dengan lebih praktis dan cepat. Ini benar-benar mencerminkan visi Polytron yakni menjadi pelopor inovasi teknologi dan hiburan dalam keluarga.

Nah, apa saja inovasi Polytron yang manjakan kaum perempuan? Berikut ini beberapa contohnya!

Kulkas Dengan Inovasi Vacuum Compartment dan Humidity Control Crisper

Tak harus setiap hari berbelanja ke pasar, penemuan kulkas telah menjadi penolong kaum ibu. Nggak terbayang deh betapa capek dan repotnya kalau setiap hari harus ke pasar hanya demi mendapatkan sayur dan buah segar.

Khusus untuk produk kulkas, Polytron terus melakukan inovasi. Contohnya saja di tahun 2021 yang lalu, Polytron meluncurkan produk kulkas Polytron Belleza Big Liter. Bukan sekedar lemari pendingin biasa, kulkas dua pintu ini dilengkapi dengan inovasi Vacuum Compartment. Teknologi ini berfungsi mengatur kelembapan sekaligus mengurangi kadar oksigen agar pertumbuhan jamur dan bakteri terhambat. Inovasi teknologi ini tentu saja membuat buah dan sayur bisa disimpan lebih lama dan tetap segar bahkan hingga 21 hari.

Dengan inovasi yang ditawarkan, kulkas Polytron Belleza Big Liter ini impian saya bangeet!

Inovasi vacuum compartment

Dengan inovasi Vacuum Compartment ini, kulkas bisa lebih optimal menyimpan meal preparation yang biasa saya lakukan untuk menghemat waktu memasak. Meal preparation atau teknik menyiapkan makanan dalam jumlah banyak tak hanya menghemat waktu tetapi juga memangkas frekuensi belanja. Belanja ke pasar cukup 1 kali seminggu atau 10 hari sekali!

Selain inovasi Vacuum Compartment, kulkas Polytron Belleza Big Liter juga memiliki kapasitas penyimpanan dan rak yang lebih besar sehingga mampu menyimpan stok sayur dan buah lebih banyaaak. Ada pula kompartemen khusus yang bisa mengatur tingkat kelembaban  (Humidity Control) sehingga penyimpanan buah dan sayuran lebih optimal. Meskipun menyimpan banyak stok makanan, tak perlu kuatir dengan bau tak sedap. Sebab kulkas ini dilengkapi Deodorizer yang bisa dicuci dan dipakai lagi sehingga kulkas bebas dari bau tidak sedap.

Lemari pendingin dengan pintu tempered glass anti karat ini juga dilengkapi dengan fitur smart setup mode yang menawarkan empat pilihan pengaturan yakni eco mode, holiday mode, super-refridge mode, dan super-freeze mode yang sangat menguntungkan saat mudik Lebaran dalam waktu yang cukup lama.

Takut boros listrik?

Nggak perlu kuatir, kulkas dua pintu ini dilengkapi teknologi inverter compressor terbaik sehingga pemakaian listrik hemat sampai 30%.

Sedangkan dari segi desain, siapa pun pasti jatuh cinta!

Kulkas Polytron Belleza Big Liter dengan pintu Borderless dari Tempered Glass ini menawarkan desain elegan berupa bunga-bunga cantik kecintaan kaum hawa mulai dari White Orchid, Blue Orchid, hingga Calla Lily. Dengan desain seperti ini, kulkas pun bisa jadi bagian dari interior rumah.

Dengan sederet inovasi tersebut, tak heran jika Polytron mampu meraih penghargaan sebagai Top Brand untuk kategori kulkas atau refrigerator di tahun 2021!

inovasi kulkas belleza big liter

Mesin Cuci Dengan Fitur Washer Dryer dan Smart Add Wash

Mencuci pakaian menjadi salah satu pekerjaan rumah tangga yang cukup menguras waktu. Namun dengan mesin cuci, kaum ibu bisa multitasking selagi mencuci. Pekerjaan mencuci bisa dilakukan sembari memasak, menyapu atau mengepel.

Ketika melihat-lihat produk mesin cuci keluaran Polytron, saya dibuat terkagum-kagum dengan fitur Washer Dryer dan Smart Add Wash. Kedua fitur ini bisa ditemukan pada mesin cuci Polytron Wonder Washer Dryer yang diluncurkan di tahun 2021.

Fitur Washer Dryer mampu menjawab kebutuhan ibu rumah tangga akan mesin cuci yang bisa langsung mengeringkan tanpa perlu dijemur. Dilengkapi dengan uap panas (steam wash) 90’C sehingga cucian 99% lebih bersih bebas dari kuman, bakteri dan virus. Inovasi ini tentu saja sangat berarti terutama bagi kaum ibu yang punya anak kecil. Fitur Washer Dryer ini jadi solusi untuk kebutuhan mencuci pakaian yang tinggi terutama di musim hujan dan juga bagi mereka yang tinggal di hunian yang memiliki keterbatasan area jemur.

Polytron Brand Kebanggaan Indonesia

Sedangkan fitur Smart Add Wash adalah inovasi Polytron untuk menjawab kebutuhan pengguna mesin cuci tipe Front Loading agar tetap bisa menambahkan cucian ketika mesin cuci sedang berjalan. Saya curiga nih inovasi ini berasal dari seorang tenaga ahli perempuan yang tahu betul dilema pakaian kotor yang disetorkan anak-anak atau suami tepat ketika mesin cuci sudah berjalan!

Benar-benar inovasi yang pas banget sama kebutuhan saya!

Polytron Brand Kebanggaan Indonesia

Multi Cooker Dengan 12 Mode Memasak

Selain mencuci pakaian, pekerjaan rumah tangga yang berasa cukup berat bagi saya ya memasak. Maklum saja, selera orang-orang serumah nggak ada yang sama. Ada yang hobi banget makan makanan pedas, sedangkan yang lain lebih suka yang manis-manis. Kalau diturutin, sepanjang hari saya bakalan nggak keluar dari dapur…hiks…

Tapiiii saat melihat produk Polytron yang satu ini, hati saya langsung bergetar. Rasanya kayak jatuh cinta lagi gitu lho. Produk ini yang saya idam-idamkan!

Namanya Tiarapot.

Polytron mengenalkan produk Tiarapot pertama kali pada tahun 2019. Alat memasak ini menawarkan delapan fungsi memasak. Lalu Polytron melakukan sejumlah inovasi dan meluncurkan versi terbaru Tiarapot di tahun 2021. Nggak tanggung-tanggung, Tiarapot Pro ini punya 12 mode memasak mulai dari slow cooker hingga pressure cooker. Masak sup, bubur, tumis, yogurt sampai bikin presto pun cukup dengan satu alat saja. Proses memasak juga 70% lebih cepat dibanding memasak secara tradisional. Multi cooker ini bikin memasak jadi nggak ribet dan hemat waktu!

Idaman banget ‘kan?!

Polytron Brand Kebanggaan Indonesia

Dispenser Galon Bawah Anti Angkat Galon

Satu lagi produk Polytron yang menurut saya sangat peduli pada kaum perempuan adalah dispenser Hydra. Berbeda dari dispenser pada umumnya, dispenser Hydra dirancang dengan posisi galon air berada di bawah. Dengan inovasi dispenser ini, ketika suami tak di rumah saya nggak perlu lagi angkat-angkat galon air yang beratnya kayak beban hidup hehe

Selain posisi galon air yang berada di bawah, dispenser Hydra ini dilengkapi pula dengan sinar UV yang efektif membunuh kuman, virus dan bakteri sampai dengan 99,9%. Tak hanya itu saja, dispenser Hydra disempurnakan dengan teknologi fast heating sehingga hanya butuh waktu 5 menit untuk air panas dan tetap hemat energi. Adapun kapasitas tanki air sebesar 6 liter dilengkapi sistem Proactive water tank yang berfungsi menjaga tanki air selalu penuh agar dapat memenuhi kebutuhan air keluarga sampa 18 jam. Lagi lagi nih, inovasi Polytron sungguh mampu meningkatkan kualitas hidup perempuan dan seluruh anggota keluarga.

Polytron Brand Kebanggaan Indonesia

Vacuum Blender Dengan Nutrisi 2,5x Lebih Baik

Blender telah menjadi peralatan pokok hampir di setiap dapur. Tapi bukan seperti blender pada umumnya, Polytron menawarkan inovasi vacuum blender. Vacuum blender ini mampu mempertahankan nutrisi jus dengan warna yang lebih cerah dan tekstur yang lebih lembut. Hasil jus yang lebih baik ini tak lain dihasilkan dari teknologi vacuum yang mengeluarkan udara, oksigen serta gas-gas lainnya sebelum proses blending dimulai. Teknologi vacuum ini mampu mengurangi oksidasi dengan meminimalisir kandungan oksigen. Tak hanya warna dan teksturnya yang lebih baik, tetapi kandungan nutrisinya juga 2,5 kali lebih baik daripada blender biasa.

Berkapasitas 1 liter, Polytron melengkapi blender ini dengan kecepatan tinggi dan enam buah pisau sehingga proses penghancuran lebih maksimal dan efisien. Jadi, tak hanya bisa untuk sayur dan buah saja, vacuum blender ini juga dapat dipakai untuk mem-blender biji kopi, daging dan bumbu dapur.

Polytron Brand Kebanggaan Indonesia

Inovasi Polytron untuk ‘Me Time’ 

Sebagai blogger sekaligus ibu rumah tangga tanpa ART, inovasi terus menerus yang ditawarkan Polytron pada setiap produknya benar-benar bikin saya kagum. Beragam peralatan rumah tangga yang canggih pastinya membuat saya bisa menyelesaikan pekerjaan rumah tangga dengan cepat. Saya pun jadi punya waktu lebih banyak untuk menulis, meng-upgrade wawasan dan menyenangkan diri sendiri.

Jangan dianggap sepele, menyenangkan diri sendiri atau ‘me time’ itu penting banget lho untuk ibu rumah tangga!

Kapan terakhir kali kalian merasakan me time?

Dilansir dari The Asian Parent, sebuah penelitian di Washington University, Amerika Serikat, menyebut bahwa me time membuat orang jadi lebih kreatif. Me time juga bikin pikiran lebih jernih, menurunkan stress hingga bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Jangan mengabaikan diri sendiri, ketika sudah mulai mudah tersinggung, sering marah-marah, kualitas tidur dan nafsu makan menurun, maka inilah tanda-tanda kalian butuh me time. Mudah dikenali ‘kan tanda-tandanya?

Nah, melakukan hal-hal sederhana yang disukai itu termasuk me time lho. Kalau saya sih, paling suka nonton film atau dengerin lagu-lagu favorit sambil nulis di depan laptop.

Nggak harus pergi di bioskop, nonton film di rumah pun sudah cukup bagi saya.  Dan ketika melihat-lihat produk TV Polytron, saya bilang ke suami, “Suatu saat nanti kita mesti punya Smart Cinemax Soundbar LED TV 43 inchi keluaran Polytron supaya nontonnya berasa di bioskop!”

Dengan harga kurang dari dari 5 juta, inilah smart TV Android satu-satunya dengan fitur lengkap plus soundbar dan subwoofer. Beragam pilihan aplikasi streaming film bisa dinikmati dengan audio menggelegar namun tetap solid bahkan hingga volume 75%. Tak hanya itu saja, tampilan yang frameless memberi kesan mahal sekaligus mewah. Untuk kualitas gambarnya, jangan ditanya. Smart TV ini dilengkapi teknologi DIPE Engine yang mampu menganalisa dan mengoptimalkan setiap unsur gambar. Teknologi ini membuat detail warna dan gambar seperti yang sesungguhnya bisa tampil di layar televisi.

Bergaransi 5 tahun untuk panel LED, kena petir, sparepart, jasa, dan juga remote, TV Polytron ini dilengkapi pula dengan remote TV bluetooth yang didukung Google Assistant. Pencarian pun semakin mudah hanya dengan perintah suara.

Dengan sederet inovasi tersebut, wajar jika TV Smart Cinemax Soundbar ini mendapat penghargaan Top Innovation Choice Award 2020 dan menjadi salah satu TV best seller Polytron.

Polytron Brand Kebanggaan Indonesia

Selain Smart Cinemax Soundbar LED TV, Polytron juga menawarkan inovasi audio yang akan menyempurnakan kebutuhan me time di rumah. Salah satunya Polytron Multimedia Audio seri PMA 9507.

Multimedia audio yang satu ini dilengkapi fitur digital bass & treble control dan preset equalizer beberapa mode musik, seperti rock, jazz, pop ataupun custom yang bisa dikendalikan lewat aplikasi. Selain itu, speaker multimedia ini juga disempurnakan dengan subwoofer 6.5 inch, tweeter of satellite speaker 1 inch, dan midrange of satellite speaker 4 inch.

Nggak cuma untuk mendengarkan musik, Polytron multimedia audio ini bisa dipakai  pula untuk karaoke lho. Dari review yang saya baca, suara bass-nya mantap betul sampai-sampai bisa bikin jantung berdebar!

Sudah terbayang di pelupuk mata nih,  gimana rileksnya mendengarkan suara merdu penyanyi favorit saya, Michael Bublé, Tulus dan Mocca sambil nulis. Woow…me time yang sederhana tapi  bener-bener berkualitas!

Polytron Brand Kebanggaan Indonesia

Brand Kebanggaan Indonesia, Maju untuk Terus Berinovasi dan Bernilai

Tak sedikit orang yang mengira, Polytron adalah merek dari luar negeri. Faktanya, Polytron merupakan merek produk elektronik asli Indonesia. Perusahaan elektronik ini menjalankan roda produksinya mulai dari desain, perakitan dan pengembangan produk di sebuah desa yang bernama Desa Krapyak, wilayah Kudus, Jawa Tengah.

Memulai produksinya sejak 8 September 1975, PT Hartono Istana Teknologi dengan nama dagang Polytron memiliki dua pabrik yakni di Kudus seluas 70.000 m2 dan di Sayung, Demak seluas 130.000 m2, 11 kantor perwakilan, 5 dealer resmi dan 58 pusat layanan yang tersebar di seluruh Indonesia serta menyerap lebih dari 10.000 orang karyawan.

Terus melangkah maju dan berinovasi di setiap produknya, Polytron memproduksi beragam peralatan elektronik modern mulai dari televisi (4K UHD TV, Smart TV, Digital TV, TV Box, Digital Signage), audio (Bluetooth Speaker Multimedia, Bluetooth Speaker Aktif, Soundbar), kulkas side by side, kulkas, mesin cuci, AC, showcase, vacuum blender, rice cooker Donabe, Tiarapot Pro, air fryer, dispenser, sterilizer box, masker kesehatan, air purifier, hingga motor listrik.

Sampai saat ini Polytron sudah mengekspor 5% hingga 7% produknya ke lebih dari 40 negara di dunia, antara lain Thailand, Myanmar, Spanyol, Bangladesh, Srilanka, Arab Saudi dan Filipina. Ini artinya inovasi yang dilakukan Polytron pada setiap produknya bukan tehnik marketing semata. Produk-produk Polytron sudah diakui hingga ke luar negeri!

Tak hanya itu saja, setiap tahun Polytron selalu mendapatkan penghargaan atas produk-produk dan inovasi yang dilakukan pada setiap produknya. Terbaru,kulkas Polytron Belleza Big Liter dari kategori refrigerator dan PMA 9507 dari kategori audio terpilih pada sejumlah kategori mulai dari Top of Mind atau produk pilihan terbaik, Top of Market Share atau pangsa pasar teratas dan Top of Commitment Share atau komitmen pelayanan terbaik sebagai Top Brand Award 2022.

Adapun untuk kategori audio dan home theater, Polytron sudah menjadi “langganan” penerima anugerah Top Brand Award sejak tahun 2015. Ini menjadi tanda bahwa inovasi pada produk audio dan home theater dari Polytron senantiasa diminati dan sesuai dengan telinga orang Indonesia.

Tak hanya Top Brand Award saja, sebelumnya di tahun 2019 Polytron juga meraih penghargaan Best Brand Award (IBBA) dengan predikat platinum. Penghargaan ini bukanlah yang pertama melainkan penghargaan yang kesembilan kalinya. Secara berturut-turut, Polytron telah diraih sembilan kali Best Brand Award untuk kategori audio device dengan tingkat brand satisfaction (99,1%) dan variabel top of mind (26%). Dengan penghargaan ini, status ‘Polytron Rajanya Audio’ tetap disandang berkat inovasi yang dihadirkan sesuai dengan kebutuhan zaman.

Itu hanya sekelumit penghargaan Polytron. Selama 47 tahun berkiprah sudah banyak penghargaan atas inovasi yang dilakukan Polytron pada setiap produk mereka. Penghargaan yang diterima Polytron adalah bukti pengakuan atas inovasi dan kualitas produk Polytron. Polytron mempunyai brand yang kuat dengan tingkat brand awareness yang tinggi, tingkat kepuasan konsumen yang tinggi, kualitas yang bagus dan  juga loyalitas yang tinggi. Baik di dalam negeri maupun di mancanegara, Polytron telah menjadi brand yang benar-benar bikin bangga Indonesia!

“Polytron akan terus berkarya dan berkontribusi bagi Indonesia. Polytron optimistis dapat terus bersaing dan akan selalu meluncurkan produk berkualitas dan berteknologi. Ke depannya Polytron akan terus mewujudkan misi sebagai pelopor inovasi teknologi dan hiburan dalam keluarga sehingga menjadi produk kebanggan Indonesia,”

Albert Fleming

General Manager of Home Appliances Polytron

Kesimpulan

Dalam sebuah keluarga, seorang perempuan yang berstatus sebagai ibu rumah tangga adalah pusat kendali emosi keluarga sehingga kesehatan fisik dan mentalnya harus dijaga. Jika seorang ibu sehat secara fisik dan mental, maka anak-anak pun lebih bahagia dan relasi dengan pasangan lebih harmonis. Sesuai visi Polytron yakni menjadi pelopor inovasi teknologi dan hiburan dalam keluarga, inovasi Polytron pada setiap produknya telah membuat kaum perempuan semakin mudah mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan juga hidup lebih sehat. Kaum perempuan pun jadi punya waktu untuk menyenangkan diri sendiri, beristirahat, meng-upgrade wawasan dan bergaul. Nah, 47 tahun inovasi Polytron pada setiap produknya telah turut berperan meningkat hidup yang berkualitas. Selamat ulangtahun ke-47 Polytron, maju untuk terus berinovasi dan bernilai…!

47 tahun inovasi polytron

Referensi:
Polytron.co.id

https://www.nytimes.com/2006/10/17/us/17kids.html
https://www.researchgate.net/publication/260555859_Gender_Ideology_and_the_Sharing_of_Housework_and_Child_Care_in_Sweden
https://id.theasianparent.com/me-time-untuk-ibu
https://www.topbrand-award.com/

Puji Lestari

Blog ini menjadi tempat saya berbagi informasi seputar keterampilan wanita, gaya hidup, fashion, pengalaman pribadi dan hal-hal menarik lainnya. Semoga bermanfaat!

~ Puji Lestari (Blogger, Content writer, Dreamer)