Cara membuat highlight Instagram dan cover highlights IG yang keren sesungguhnya tidaklah sulit. Sayangnya, masih sedikit pengguna Instagram yang mengetahuinya. Nah, pernah nggak kalian mengintip akun Instagram yang punya highlight atau sorotan yang tertata rapi sekaligus keren? Nggak cuma cantik dilihat, highlight atau sorotan yang rapi ini juga mendukung image branding lho. Akun Instagram jadi berkesan profesional dan dikelola dengan baik. Tak hanya itu saja, para followers pun bisa menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan mudah. Apakah kalian tertarik untuk membuatnya?

cara membuat highlight instagram

Cara Membuat Highlight Instagram

Fitur Highlights atau sorotan untuk Instagram Stories ini bukanlah fitur yang baru. Fitur yang memungkinkan pengguna IG menyimpan Instagram Stories dan dapat dilihat tanpa batas waktu ini diluncurkan sejak tahun 2017. Untuk membuat highlight Instagram, ikuti langkah-langkah singkat berikut ini.

1. Bukalah kembali Instagram Story terbaru.

2. Lalu pilih ikon “highlight” yang berada di kanan bawah layar. Ikon Highlights ini bergambar hati dengan tulisan “Highlight” di bawahnya.

3. Kemudian klik ikon “+” dengan keterangan “New” di bagian bawahnya.

4. Lanjutkan dengan mengetikkan keterangan atau judul, lalu pilih tombol Add.

Nantinya jika kalian ingin menambahkan Stories baru ke highlights yang sudah ada, maka cukup pilih judul Highlight atau Sorotan yang telah dibuat sebelumnya. Dengan cara ini, konten Stories bisa tetap bisa dilihat oleh para followers kalian lebih dari 24 jam.

cara membuat highlight instagram

Lalu bagaimana cara membuat highlight Instagram dari Stories yang sudah berlalu? Konten Stories yang lama juga bisa kok dimasukkan ke highlights. Namun ini hanya berlaku pada Stories yang tersimpan di dalam arsip. Jika Stories tidak tersimpan, maka Stories lama tak bisa ditambahkan ke dalam Highlights. Untuk mengaktifkan fitur arsip atau penyimpanan konten Stories agar tersimpan secara otomatis, lakukan pengaturan terlebih dahulu.

Caranya cukup buka laman profil kalian, lalu pilih Menu dengan cara sentuh di pojok kanan atas yang menampilkan tiga garis. Kemudian pilih Arsip atau Archive. Pada halaman Arsip Stories atau Stories Archive yang muncul, pilih menu atau pilih titik tiga di pojok kanan atas. Lantas pilih Pengaturan atau Settings lalu aktifkan opsi “Simpan Cerita ke Arsip” atau Save Story to Archive. Setelah pengaturan ini dilakukan, barulah setiap Stories akan tersimpan dalam arsip.

cara membuat cover instagram

Untuk membuat highlight Instagram dari Stories yang sudah berlalu, pilih menu di sudut kanan atas pada halaman profil. Kemudian pilih opsi Archive atau Arsip. Buka Stories yang ingin ditambahkan dalam highlight dengan cara ketuk pada stories. Lanjutkan dengan memilih judul Highlight dan dalam sekejap story pun masuk ke dalam highlight tersebut.

cara membuat highlight instagram

Cara Menambahkan Cover Highlights Instagram

Jika kalian ingin memiliki cover yang senada, maka siapkanlah terlebih dahulu cover untuk highlights Instagram. Kalian bisa membuatnya di Canva atau mengunduh dari situs penyedia image seperti freepik.com. Selanjutnya untuk menambah cover highlights, lakukan cara ini.

1. Masuklah ke laman profil dan pilih atau tampilkan Highlight yang ingin ditambahkan cover.

2. Kemudian pilih More atau menu yang terdapat di pojok kanan bawah tampilan highlights.

3. Lalu pilih opsi Edit Highlight.

4. Lanjutkan dengan memilih opsi Edit Cover.

5. Berikutnya, klik ikon Image yang berada di bagian bawah laman. Ikon ini berada di urutan paling kiri.

cara bikin highlight instagram

6. Pada laman Gallery yang muncul, pilih gambar yang telah kalian siapkan sebelumnya.

7. Jika sudah pilih tanda panah di sudut kanan atas dan lanjutkan dengan memilih opsi Done atau Selesai.

cara membuat cover instagram

Dengan cara inilah, maka cover highlight telah berhasil diganti. Lakukan langkah yang sama pada highlight atau sorotan lainnya sehingga masing-masing highlight memiliki cover yang cantik. Nah, jika kalian membutuhkan panduan seputar penggunaan aplikasi yang ada di smartphone dan pengetahuan teknologi lainnya, langsung saja kunjungi Majalahponsel.org. Website ini berisikan informasi seputar teknologi terkini yang pastinya kalian butuhkan!

Hai, blog ini jadi tempat saya berbagi informasi seputar keterampilan wanita, gaya hidup, fashion, pengalaman pribadi dan hal-hal menarik lainnya. Semoga bermanfaat ~ Puji Lestari (Blogger, Content Writer, Sewing Hobbyist, Dreamer)