Fitur dan Keunggulan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) yang Bikin Kamu Ingin Memilikinya

ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400

Keunggulan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) – Sadar nggak sih banyak yang berbeda sejak pandemi Covid-19 terjadi? Setelah dua tahun lebih pandemi berlangsung, banyak kebiasaan-kebiasaan baru yang muncul melompati hal-hal yang biasa kita lakukan. Seperti work from home yang kemudian berkembang menjadi work from anywhere, learn from home yang membuat anak-anak semakin mengandalkan laptop dalam kegiatan pembelajaran, games from home yang tetap bikin nagih walau aktivitas berangsur normal hingga leisure from home yang masih jadi favorit.

Faktanya, tak hanya manusia saja lho yang dipaksa untuk beradaptasi dengan beragam kebiasaan baru ini. Laptop milik saya pun harus beradaptasi dengan perubahan perilaku penggunanya. Laptop kini telah menjadi senjata multifungsi untuk bekerja, belajar, bermain sekaligus sarana hiburan.

Bahkan di luar kemampuannya, tak sedikit laptop jadul seperti milik saya yang seharian ‘dipaksa’ berlari bak kuda di area balap tanpa garis finish sampai terengah-engah. Pagi hingga sore hari laptop dipakai untuk bekerja dan di malam hari dipakai anak-anak untuk mengerjakan tugas yang menuntut kreasi visual hingga multimedia.

Itu saja?

Nggak dong!

Ketika weekend tiba, si laptop masih dipaksa hidup seharian full untuk main game atau nonton drakor. Huiih…benar-benar kerja berat si laptop. Biasanya sih trus ngambek, nge-lag deh!

Nah, untuk menjawab kebutuhan komputasi harian yang seimbang di era new normal inilah, ASUS meluncurkan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400).

Keunggulan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) yang Bikin Kamu (Saya!) Ingin Memilikinya

Kegiatan sehari-hari yang beragam tentunya membutuhkan laptop yang lebih bertenaga. Performanya haruslah kencang, memiliki baterai yang awet, bobotnya ringan namun tahan terhadap guncangan dan pastinya nyaman dipakai dalam durasi aktivitas yang panjang.

Nah, ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) menawarkan semua spesifikasi yang mendukung beragam aktivitas. Seperti apa keunggulan varian tertinggi ASUS Vivobook Pro 14 OLED ini? Yuk, simak ulasannya!

Powerful, Ramah di Kantong

Hadir dengan ditenagai AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors yang memiliki full powerful performance core untuk multitasking bahkan video editing. Selain powerful, prosesor ini memberikan daya baterai lebih awet sehingga produktivitas harian semakin maksimal. Dilengkapi dengan kartu grafis integrasi AMD Radeon yang memberikan performa gaming yang tanpa lag. Produktivitas harian dimanapun dan kapanpun jadi maksimal dengan performa prosesor dan kartu grafis dari AMD ini. Fyi, AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors ini biasanya ditanamkan pada laptop gaming. Jadi, bisa dipastikan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) mempunyai kinerja yang lebih kencang jika dibandingkan dengan laptop sekelasnya.

Jika kamu ingin memaksimalkan performa saat menggunakan Vivobook Pro 14 OLED (M3400), kamu cukup beralih ke mode Performance. Pada mode ini, prosesor akan bekerja dengan TDP di 45 watt. Peningkatan yang terjadi akan membuat laptop bisa bekerja lebih gesit dan juga responsif. Sedangkan untuk pendukung performa penyimpanan, laptop ini dipasangi dengan storage berbasis M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD yang berkapasitas 512GB.

keunggulan vivobook pro 14 oled m3400

Nah, Ryzen 7 5800H yang terpasang pada laptop ini adalah prosesor dengan 8 buah core (inti) yang bisa menjalankan 16 thread sekaligus dengan cache yang besar yaitu 20MB. Prosesor yang bekerja dengan TDP default di 45 watt mempunyai kecepatan dasar di 3.2GHz dan bisa ditingkatkan sampai dengan 4.4GHz.

Performa single core ataupun multi-core AMD Ryzen 7 5800H yang ditanamkan pada Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini terbilang memuaskan. Performanya lebih tinggi jika dibandingkan dengan AMD Ryzen 7 5800U yang kecepatan turbo maksimum 8 core-nya dibatasi sampai 3,4GHz. Sedangkan Ryzen 7 5800H bisa mencapai 3,8GHz. Walaupun kecepatan turbo single core sama-sama dapat mencapai 4,4GHz, tetapi turbo 8 core pastinya lebih terasa signifikan ketika laptop dipakai bekerja multitasking.

Sementara itu untuk performa storage, kecepatan baca storage mencapai lebih dari 3500MB/s. Sedangkan kecepatan tulis hampir mencapai 3000MB/s. Ini artinya, sistem operasi, aplikasi, dan data yang tersimpan dalam SSD laptop bisa di-load dengan cepat!

Istimewanya lagi, Vivobook Pro 14 OLED (M3400) juga menawarkan kemudahan untuk dibawa kemana-mana. Baterai Lithium-ion 3-cell yang berkapasitas 50WHrs pada Vivobook Pro 14 OLED (M3400) bisa menyediakan daya sampai 8 jam lebih. Kamu tentunya bisa bekerja seharian dengan laptop ini!

Nah, dengan performa laptop seperti ini, kamu tentu mengira harganya bakal menguras tabunganmu.

Nyatanya nggak kok!

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dipasarkan dengan harga di kisaran Rp11 jutaan saja. Ramah dikantong ‘kan?

 

Main Spec. Vivobook Pro 14 OLED (M3400)
CPU

AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up to 4.4 GHz max boost)

AMD Ryzen™ 5 5600H Mobile Processor (6-core/12-thread, 19MB cache, up to 4.2 GHz max boost)

Operating System Windows 11 Home
Memory

16GB DDR4

8GB DDR4

Storage 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Display

14-inch, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 600nits,

DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black

Graphics AMD Radeon™ Graphics
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader
Connectivity Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5
Camera 720p HD camera with privacy shutter
Audio Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified audio
Battery 50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension 31.58 x 22.63 x 1.89 ~ 1.92 cm
Weight 1.4 Kg
Colors Solar Silver, Cosmos Blue
Warranty 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Performa Optimal, Laptopnya Tetap Cool

Performa laptop yang kencang biasanya membuat laptop cepat panas. Tapi ini tak terjadi pada laptop Vivobook Pro 14 OLED (M3400)! Laptop ini tetap cool dengan sistem pendingin IceCool Plus terbaru. Sistem pendingin ini punya kipas ganda yang bekerja dengan sangat efisien. Dua kipasnya terbuat dari bahan Liquid Crystal Epoxy Polymer (SCP). Setiap kipas memiliki 86 bilah sehingga jumlah udara yang mampu dialirkan 16% lebih banyak. Teknologi ASUS IceCool Plus ini memaksimalkan kinerja termasuk untuk laptop yang tipis dan ringan seperti Vivobook Pro 14 OLED (M3400).

sistem pendingin vivobook pro 14 oled M3400

Layar Ternyaman Dengan Kualitas Visual Terbaik

Kembali work from office lalu pulang ke rumah dengan masih membawa pekerjaan adalah keniscayaan yang tak bisa dihindari lagi saat ini. Bukan hanya orang dewasa saja yang harus berkutat di depan layar laptop selama berjam-jam, bahkan anak-anak pun dituntut hal yang sama. Contohnya saja ketika mereka harus mengerjakan tugas-tugas yang menuntut kreasi visual hingga multimedia. Kalau sudah begitu, perlahan tapi pasti mata akan terasa berat, pedih dan akhirnya mengganggu konsentrasi. Kalian merasakannya juga ‘kan?

Nah, tidak menggunakan layar LCD biasa, Vivobook Pro 14 OLED (M3400) diluncurkan dengan layar berteknologi ASUS OLED. Layar ASUS OLED ini dilengkapi teknologi yang bisa mengurangi pancaran radiasi cahaya biru (blue light) hingga 70% lebih sedikit tanpa mengurangi kualitas visual. Layar OLED ini juga disempurnakan dengan teknologi anti-flicker yang membuat mata tidak mudah lelah.

Untuk teknologi low blue light dan anti-flicker ini, layar ASUS OLED sudah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland. Artinya, layar ASUS OLED benar-benar telah terbukti dan teruji mampu menjaga kesehatan mata, termasuk untuk mata anak-anak. Fyi, mata anak-anak belum sepenuhnya berkembang. Bagian lensa dan kornea mata anak-anak lebih transparan dibandingkan pada mata orang dewasa. Karena itu pula cahaya biru (blue light) yang dipancarkan layar laptop bisa menembus mata anak-anak dengan lebih mudah. Kondisi ini bisa menimbulkan resiko penuaan dini pada retina. Untuk itulah, layar dengan pancaran radiasi cahaya biru yang rendah seperti layar ASUS OLED jadi pilihan yang tepat.

Layar ASUS OLED juga menawarkan kualitas visual terbaik dengan color gamut 100% DCI-P3. Ini artinya, layar Vivobook Pro 14 OLED (M3400) bisa menampilkan semua warna pada ruang warna DCI-P3 yang cakupan warnanya lebih luas dari sRGB yang digunakan pada standar layar laptop. Dengan cakupan warna yang lebih luas, DCI-P3 ini juga dipakai pada industri perfilman agar detail dalam film bisa ditampilkan dengan kualitas terbaik.

Keunggulan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) berikutnya yang didapat dari penggunaan layar ASUS OLED adalah kemampuannya untuk menampilkan warna dengan akurat. Tingkat akurasi reproduksi warnanya bahkan telah tersertifikasi PANTONE Validated Display.

Selain tingkat akurasi reproduksi warna yang tinggi, layar ini juga memiliki kemampuan untuk secara konsiten menampilkan kualitas visual terbaik. Jadi walaupun layar disetel pada tingkat kecerahan rendah, layar tetap biisa mempertahankan kualitas visual. Bahkan pada tingkat kecerahan hanya 11% sekalipun, layar Vivobook Pro 14 OLED (M3400) bisa menampilkan kualitas visual yang sama seperti saat tingkat kecerahan 100%.

Istimewanya lagi, keunggulan layar ASUS OLED ini diusung dalam rasio layar 16:10 beresolusi 2.8K (2880×1800). Berbeda dengan pendahulunya yang memiliki rasio layar 16:9, rasio layar 16:10 ini membuat lebih banyak konten bisa ditampilkan pada layar.

Nah, dengan sederet keunggulan layar seperti ini, tak diragukan lagi Vivobook Pro 14 OLED (M3400) cocok banget untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari termasuk pekerjaan-pekerjaan desain, menonton film hingga main game!

Kelebihan Layar Asus Oled

Touchpad yang Lebih Luas dan Keyboard ErgoSense

Dirancang untuk mendukung kamu dan saya supaya lebih produktif, Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini memiliki touchpad dengan ukuran yang lebih luas sehingga memudahkan penggunanya. Tak ketinggalan pula, keyboard dengan teknologi ASUS ErgoSense yang populer itu. Tak seperti keyboard laptop pada umumnya, keyboard ini mempunyai jarak tombol, kedalaman tekan atau key travel distance, dan stabilitas yang telah dirancang secara khusus sekaligus presisi demi kenyamanan saat mengetik. Keyboard ini dilengkapi pula dengan lampu latar atau backlit ukuran penuh sehingga kamu tetap bisa produktif di lingkungan dengan penerangan yang redup.

touchpad dan keyboard asus

Sistem Audio Berteknologi AI Noise Cancelling yang Bikin Percaya Diri

Sudah kembali work from office? WFO bukan berarti online meeting tak ada lagi. Komunikasi jarak jauh dengan konferensi video masih menjadi pilihan favorit saat ini. Lebih-lebih lagi bagi kalian yang menjalani mode work from anywhere, pasti sering online meeting ‘kan?

Untuk memenuhi kebutuhan ini, Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dilengkapi dengan sistem audio berteknologi AI Noise Cancelling. Teknologi ini mampu mengisolasi suara tak diinginkan yang berasal dari ucapan-ucapan orang di sekitar pengguna laptop. Fitur ClearVoice Mic pada aplikasi MyASUS bertugas menyaring kebisingan di lingkungan sekitar. Sedangkan mode Multi-Presenter pada laptop ini yang akan menetralkan semua suara individu dari posisi yang berbeda sehingga kualitas panggilan konferensi menjadi optimal. Selanjutnya fitur ClearVoice Speaker akan menyaring semua kebisingan selain ucapan manusia yang ada di sekitar pengguna sehingga kamu bisa mendengar lebih jernih suara lawan bicaramu. Dijamin, teknologi ini bikin kamu lebih percaya diri saat online meeting!

teknologi ASUS AI Noise-Canceling

HD Webcam dengan Privacy Shutter yang Melindungi Privasimu

Menyempurnakan dukungan sistem audio berteknologi AI noise cancelling untuk kenyamanan video conference, Vivobook Pro 14 OLED (M3400) hadir dengan HD webcam yang terintegrasi. HD webcam dengan resolusi 720p ini sudah dilengkapi pula dengan fitur Webcam Shield. Cukup geser slider privacy shutter pada webcam setelah video conference selesai dilakukan.

Kejahatan siber yang terus meningkat membuat keberadaan fitur Webcam Shield ini menjadi sangat penting. Fitur ini akan melindungi privasi kamu dari kejahatan siber yang memanfaatkan celah sekecil apapun untuk mengakses laptop pribadi dan merekam aktivitasmu diam-diam. Nah, langkah sederhana untuk mencegah aksi para pembajak siber bisa dilakukan dengan menutup kamera laptopmu ketika tidak digunakan.

webcam shield asus vivobook pro 14

Kualitas Audio Premium, Jernih dan Nyaman di Telinga

Kualitas audio bersertifikasi Harman Kardon tak bisa lagi diganggu gugat. Berpengalaman di industri audio sejak 1953, label Harman Kardon memberi jaminan kualitas suara terbaik, sangat jernih dan nyaman untuk telinga meski didengarkan dalam waktu yang lama. Dipastikan dengan keunggulan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) yang satu ini, kamu akan merasakan pengalaman luar biasa asyik mendengarkan musik, menonton film dan bermain game yang terasa lebih hidup dengan suara yang sangat mengesankan!

premium audio vivobook pro14 oled M3400

Konektivitas Lengkap untuk Kebutuhan Laptop Harian

Dalam penggunaan laptop sehari-hari, kamu terkadang harus menambahkan perangkat tambahan. Misalnya saja proyektor, headset, speaker aktif, mouse USB, USB flash disk dan perangkat lainnya. Untu kebutuhan ini, Vivobook Pro 14 OLED (M3400) menyediakan port input dan port output yang lengkap mulai dari port USB 3.2 Gen 2 type-A, port USB 2.0 type-A, HDMI 1.4, 3.5mm combo audio jack hingga micro SD card reader. Port-port ini akan menghindarkan kalian dari kerumitan untuk menghubungkan laptop dengan beragam perangkat tambahan yang diperlukan.

konektivitas asus vivobook pro 14 oled m3400

Desain Ringan, Ringkas dan Tangguh, Bisa Kerja di Mana Saja

Bekerja di rumah tak menjamin laptop terhindar dari resiko jatuh, temperatur rendah maupun teramperatur tinggi. Apalagi di tangan anak-anak, laptop beresiko mengalami kondisi apapun. Namun bersama laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) kalian tak perlu kuatir.

Seperti laptop keluaran ASUS lainnya, Vivobook Pro 14 OLED (M3400) sudah melalui sederet pengujian ekstrim untuk kualitas laptop terbaik. Jadi, ketangguhannya tak perlu diragukan lagi. Desainnya pun ringkas dengan bobot hanya 1,4Kg dan ketebalan bodi 18,9mm sehingga mudah dimasukkan ransel untuk kalian yang bermobilitas tinggi. Laptop ini nyaman dan tangguh untuk work from anywhere.

Oh ya, ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ditawarkan dengan dua pilihan warna, yakni Cosmos Blue yang menenangkan dan Solar Silver yang berkesan awet muda. Kamu pilih yang mana?

ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400
ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400
keunggulan vivobook pro14 oled M3400

Mengapa Harus Memilih ASUS?

Dari tahun ke tahun, ASUS telah membuktikan bahwa produk-produk mereka mampu meraih kepercayaan konsumen. Mau bukti?

Menurut perusahaan riset pasar terbesar di Jerman sekaligus lembaga riset pasar terbesar keempat di dunia, GfK (Gesellschaft für Konsumforschung), ASUS sampai dengan awal kuartal ketiga 2021 yang lalu telah menguasai pasar laptop consumer di Indonesia dengan angka capaian 30,9%. Khususnya di pasar Indonesia, presentase ini terpaut cukup jauh dengan pecapaian produsen lain yang menempati posisi kedua dan ketiga. Lebih terperinci lagi, ASUS menguasai 35,9% pasar laptop berbasis Intel hingga awal kuartal ketiga 2021. Sedangkan untuk laptop berbasis AMD, ASUS mengusai hingga 23.3%.

Salah satu alasan laptop ASUS layak dipilih tentulah karena kualitasnya. Semua laptop ASUS sudah melalui 12 pengujian untuk memastikan bahwa setiap model yang mereka keluarkan tahan banting dan bisa diandalkan oleh penggunanya. Pengujian yang tidak normal juga dilakukan demi memastikan setiap laptop bisa selalu berkinerja baik dalam kondisi apa saja.

pengujian ekstrem laptop asus

Tak hanya kualitas dan ketahanan laptop saja, ASUS juga menawarkan teknologi yang meningkatkan kenyamanan para pengguna laptop. Contohnya saja teknologi layar ASUS OLED yang menjaga kesehatan mata, keyboard ErgoSense, fast charging dan sederet teknologi canggih lainnya.

ASUS juga memberikan Perfect Warranty lho! ASUS Perfect Warranty merupakan layanan garansi ekslusif pada tahun pertama masa garansi. ASUS akan menanggung 80% biaya jasa perbaikan dan spare part untuk kerusakan-kerusakan yang disebabkan kelalaian pengguna. Percaya diri dengan kualitas dan ketahanan produknya, ASUS juga menyediakan 2 Tahun garansi global di 63 negara sedunia 100% gratis biaya jasa dan spare parts untuk setiap laptop resmi ASUS. Enak banget ‘kan?

reputasi asus

Kesimpulan

Nah, bagi kamu yang dituntut untuk produktif sepanjang hari atau untuk kalian yang punya mobilitas tinggi, Vivobook Pro 14 OLED (M3400) bisa jadi pilihan yang tepat. Desainnya begitu ringkas dan berbobot hanya 1,4Kg. Dengan ketebalan bodi 18,9mm saja, laptop ini mudah dimasukkan dalam tas ransel dan kamu bisa work from anywhere.

Tak hanya desain yang ringkas dan ringan, sederet keunggulan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) yang ditawarkan, mulai dari layar berteknologi ASUS OLED yang ramah di mata, prosesor powerful hingga baterai yang bisa bertahan lama, mampu memenuhi kebutuhan pengguna laptop sehari-hari. Dan yang paling penting, harga laptop ini tak membuat kantongmu jadi kering!

 

Referensi:
Asus Press Release
Asus.com
Semua foto bersumber dari Asus.com dan diolah dengan Canva

Blog ini menjadi tempat saya berbagi informasi seputar keterampilan wanita, gaya hidup, fashion, pengalaman pribadi dan hal-hal menarik lainnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung. ~ Puji Lestari (Blogger, Content writer, Dreamer)

Puji Lestari