Software Akuntansi Online Kledo – “Pak, ada tisu basah? “ tanya seorang pembeli.

“Sebentar ya dicarikan dulu”, jawab Bapak seraya tangannya menyusuri barang-barang yang ada di etalase kaca. Beberapa saat barang yang dicari belum juga ketemu. Bapak lalu berpindah ke lemari lainnya.

Setelah beberapa waktu berlalu….

“Kayaknya habis dek. Besok ya dicarikan”, jawab Bapak akhirnya.

Pemandangan seperti ini bukan hanya sekali atau dua kali saya lihat ketika berkunjung ke rumah mertua yang mengelola sebuah warung kelontong kecil di tengah perkampungan Ngadiwinatan, Yogyakarta. Seringkali terjadi, pembeli yang datang harus pulang dengan tangan kosong karena barang yang dicari sudah habis.

Lalu berapa omzet setiap bulan dari warung kelontong yang diberi nama “Warung Mbak Mimin” ini?

Waah…bisa dibilang itu sebuah misteri hehe… Setiap kali ditanya Bapak atau Ibu akan menjawab,” Pokok e yen barang e entek, iso blonjo meneh kok!” yang artinya, “Pokoknya kalau barangnya habis, bisa belanja lagi kok!”

warung kelontong

dokumentasi: JarumJahit.com/ Warung kelontong di tengah perkampungan Ngadiwinatan, Yogyakarta

software akuntansi online kledo

3 Kunci Sukses Membangun Bisnis Ala Bahlil Lahadalia

Warung kelontong di tengah perkampungan milik mertua saya ini adalah salah satu contoh usaha kecil yang masih dijalankan secara konvensional dengan modal yang tergolong kecil, di bawah 5 juta.

Tentu saja masih banyak model bisnis kecil-kecilan seperti ini yang dibangun di rumah, bermodal kecil dan dikelola secara konvensional tanpa pencatatan apalagi laporan keuangan. Misalnya saja bisnis makanan beku, bisnis kue, bisnis laundry atau bisnis antar jemput anak sekolah.

Tapi….penting untuk diingat. meskipun berskala kecil, bukan berarti sebuah bisnis bisa dijalankan tanpa strategi…!

Sebelum menjabat sebagai Menteri Investasi Indonesia merangkap Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal di Kabinet Indonesia Maju Jilid II, Bahlil Lahadalia yang menjadi Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2014-2019 membagikan 3 kunci sukses berbisnis dalam sebuah sebuah seminar nasional di Fakultas Psikologi UIN Jakarta pada Bulan Oktober 2019.

Sosok Bahlil Lahadalia tak asing lagi dengan dunia bisnis. Berasal dari Fakfak, Provinsi Papua, ia terlahir sebagai anak kuli bangunan. Bahlil menjalani berbagai profesi untuk bisa bertahan hidup, mulai dari kernet, sopir angkot, kuli di pasar hingga bekerja keras merintis usahanya dan akhirnya menjadi pengusaha besar.

Nah, meski seminar nasional ini telah berlalu beberapa tahun yang lalu, namun hingga kini 3 kunci sukses berbisnis ini tetap relevan digunakan. Apa saja?

Kerja Keras

Bahlil Lahadalia menekankan bahwa untuk membangun bisnis yang sukses diperlukan kerja keras. Baginya, kerja keras, pantang menyerah, dan berkeyakinan teguh merupakan karakter yang wajib dan dimiliki oleh seorang pengusaha.

Rupanya kunci sukses ini pula yang dipegang teguh oleh Jack Ma, pendiri e-commerce Alibaba sekaligus salah satu orang terkaya di Tiongkok. Jack Ma yang memiliki pendidikan kurang layak, tak berhenti bekerja keras. Pernah mengalami penolakan untuk bekerja di KFC lalu sempat bekerja sebagai guru bahasa Inggris, Jack Ma mencapai kesuksesan bisnis berkat kerja kerasnya.

Kerja Ikhlas

Sebagai seorang muslim, Bahlil Lahadalia memegang teguh tujuan hidupnya yakni berguna bagi orang lain rakyat bangsa negara dan menjalankan perintah Allah.

Berdasarkan pengalamannya, bekerja keras saja tidak akan cukup. Selain kerja keras, wajib pula bekerja dengan keikhlasan. Sadari sungguh-sungguh bahwa rezeki berasal dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Manusia bertugas mencari dengan ikhlas hati supaya tidak mengeluh terus dan sakit hati.

Kerja Cerdas

Pemilik perusahaan ternama di Papua, Rifa Capital yang merambah berbagai jenis usaha, mulai dari perkebunan, properti, transportasi, pertambangan hingga konstruksi ini menjelaskan, kerja cerdas yang dimaksudkan meliputi kerja cerdas dari sisi ilmu, cerdas membaca peluang yang ada, cerdik dalam memanfaatkan peluang termasuk peluang untuk maju bersama teknologi, dan cerdas untuk meyakinkan orang lain.

Adaptasi Bisnis Konvensional, Wujud Kerja Cerdas

software akuntansi online kledo

Warung kelontong kecil yang dikelola mertua saya ini sebenarnya cukup ramai pembeli dan berpotensi untuk berkembang. Menjadi satu-satu warung kelontong yang mampu bertahan lebih dari 10 tahun di perkampungan tengah kota, hampir setiap waktu selalu ada pembeli yang datang.

Tapi dari tahun ke tahun, warung kelontong ini tak mengalami perubahan yang berarti. Ukurannya sama, menempati bagian depan rumah kira-kira seluas 3×4 meter. Jumlah etalase dan lemari untuk menyimpan barang pun tak berubah.

Apa penyebabnya?

Salah satu penyebab warung kelontong ini tak berkembang adalah pengelolaannya yang masih dilakukan secara konvensional. Tak ada pencatatan stok barang dan tak ada pula pencatatan keuangan. Padahal keduanya sangatlah penting.

Nah, seperti yang disampaikan pengusaha sekaligus Menteri Bahlil Lahadalia, salah satu kunci bisnis adalah kerja cerdas. Lalu apa wujud dari kerja cerdas dalam bisnis?

Salah satu wujud kerja cerdas adalah memanfaatkan teknologi agar kegiatan bisnis menjadi lebih mudah dan praktis. Pengelolaan secara konvensional harus bisa beralih ke pengelolaan modern yang melibatkan pencatatan stok barang dan pencatatan keuangan yang baik.

Apa Itu Pencatatan Stok Barang?

Secara sederhana, pencatatan atau laporan stok barang adalah catatan atau laporan yang dibuat untuk mengetahui jumlah stok barang atau persediaan barang.

Laporan stok barang tak hanya dibutuhkan untuk bisnis retail seperti warung kelontong, mini market atau online shop saja tetapi juga untuk restoran, manufaktur, bengkel, agen frozen food, coffe shop, bisnis yang melibatkan kegiatan menjual jasa dan sederet jenis bisnis lainnya.

Menghitung stok barang memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Apalagi jika sejak awal berdiri, sebuah bisnis tak pernah membuat laporan stok sama sekali. Tentu dibutuhkan waktu yang tak sebentar, kesabaran dan juga kedisplinan. Meskipun begitu, sebaiknya menghitung, mencatat dan membuat laporan stok barang jangan sampai dilewatkan.

Mengapa?

Sebab laporan stok barang ini sangat penting bagi perkembangan sebuah bisnis!

Meningkatkan Ketepatan Pemesanan Stok Barang

Mengetahui stok barang akan membantu memudahkan pemilik sebuah bisnis untuk berbelanja barang yang dibutuhkan. Dengan adanya laporan stok barang, penumpukan stok barang bisa dihindari. Begitu pula dengan kekurangan stok barang.

Membantu Mengatur Penyimpanan Barang

Tidak semua pelaku bisnis memilih ruang atau gudang yang luas. Terlebih lagi bisnis yang baru mulai berdiri. Acapkali sebuah ruangan yang berukuran kecil dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai stok barang.

Nah, laporan stok barang akan membantu penataan barang dengan lebih baik. Pengelompokan barang bisa dilakukan dengan lebih mudah berdasarkan data yang ada. Barang-barang dengan penjualan tertinggi bisa diletakkan di area yang lebih mudah dijangkau. Sedangkan stok barang yang jarang dicari dapat disimpan pada area lainnya. Dengan cara ini, pelayanan terhadap konsumen bisa dilakukan dengan cepat dan kepuasan mereka pun terjaga.

Menghemat Waktu dan Uang

Laporan stok barang juga bisa menghemat waktu dan uang. Sistem laporan stok barang mencatat barang yang masuk (dibeli) dan keluar (terjual). Dengan demikian, tak perlu lagi dilakukan penghitungan ulang setiap kali untuk memastikan akurasi catatan. Dari laporan stok ini pula, pemilik bisnis dapat mengetahui barang yang lambat terjual hingga intensitas pembelian atau produksinya bisa diturunkan.

Berdampak Positif Pada Konsumen

Laporan stok barang yang tepat dan akurat akan membuat konsumen merasa puas. Ketepatan dan kecepatan menemukan barang-barang serta penyimpanan yang rapi dan teratur tentu membuat konsumen bisa memperoleh barang yang dipesan dalam waktu yang singkat dan dalam kondisi yang baik. Dengan kepuasan yang diperoleh, mereka pun akan merekomendasikan kepada teman dan kerabat.

Apa Itu Pencatatan Keuangan?

Pencatatan keuangan adalah kegiatan pencatatan transaksi keuangan pada sebuah bisnis yang dihitung dalam periode tertentu. Pencatatan keuangan ini nantinya dipakai sebagai pelaporan transaksi yang terjadi dalam kurun waktu sehari, seminggu, sebulan hingga setahun.

Nah, sebagian besar pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) hanya melakukan pencatatan uang masuk dan uang keluar saja. Alasannya, kerumitan dan terbatasnya kemampuan akuntansi membuat hal ini sangat sulit dilakukan. Padahal cara yang praktis dan tepat untuk pencatatan keuangan adalah dengan menerapkan akuntasi yang baik. Penerapan akuntansi yang baik bisa menjadi sumber informasi keuangan yang penting dalam menjalankan bisnis.

software akuntansi online kledo

Software Akuntansi Online Kledo, Solusi #pejuangcuan Era Digital

Kerumitan pencatatan akuntansi yang baik dan benar dan minimnya kemampuan akuntansi memang menjadi kendala bagi UKM. Eiiits…tapi tenang ya! Kini perkembangan teknologi telah menghadirkan kemudahan-kemudahan untuk memajukan bisnis. Salah satunya dalam bentuk software akuntansi yang bernama Kledo.

Bermarkas di Yogyakarta, Kledo diciptakan dan dikembangkan oleh anak-anak muda yang memiliki kemampuan teknologi tinggi. Kledo mengubah bisnis kecil yang serba konvensional, menjadi bisnis yang bankable, auditable dan bisa bersaing baik tingkat nasional maupun global. Kledo sudah membantu lebih dari 5.000 pebisnis lho!

Nah, lantas fitur apa saja yang ditawarkan software akuntansi Kledo?

Invoice

Fitur ini memudahkan para pebisnis untuk membuat invoice dengan cepat dan praktis. Pengguna Kledo cukup memasukkan data dan software ini akan membuatkan faktur dan invoice. Invoice nantinya bisa dibagikan melalui email, Whatsapp, SMS, link ataupun diprint.

software akuntansi online dokumentasi & ilustrasi: JarumJahit.com

Purchasing

Kesulitan membuat purchase order? Kini tidak lagi! Fitur Purchasing yang disediakan software akuntansi Kledo membuat proses pembuatan purchase order lebih cepat. Fitur ini juga menawarkan konversi purchase order menjadi faktur pembelian hanya dalam satu kali klik saja. Gampang banget ‘kan?

Biaya

Dalam sebuah bisnis, ada cukup banyak biaya-biaya yang perlu dicatat. Tak perlu lagi menyimpan kuitansi hingga bertumpuk-tumpuk, pengguna software Kledo bisa mencatatnya di aplikasi ini. Nantinya pos-pos biaya pengeluaran bisa dilacak ketika dibutuhkan. Selain itu, pengguna Kledo juga akan laporan pengeluaran yang rinci.

fitur biaya kledo dokumentasi: JarumJahit.com

Laporan

Pengambilan keputusan-keputusan bisnis yang tepat membutuhkan informasi yang akurat. Untuk kebutuhan ini, software akuntansi online Kledo menyajikan 30 laporan yang dikelompokkan dalam 10 kategori yakni laporan finansial/ keuangan, laporan akuntansi, laporan penjualan, laporan pembelian, laporan biaya, laporan pajak, laporan inventori termasuk laporan pergerakan stok inventori dan laporan pergerakan stok gudang, laporan aset tetap, laporan anggaran dan laporan lain-lain untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan.

Aset Tetap

Pernah menghitung aset bisnis? Jika belum kini saatnya mencatat seluruh aset bisnis seperti peralatan kantor, mesin-mesin, bangunan hingga mobil. Aset bisnis ini dapat dicatat dengan sekali klik saja. Kemudian tentukan perhitungan depresiasi dan selebihnya Kledo akan menyelesaikannya.

Inventory

Pencatatan barang menjadi pekerjaan yang cukup menantang bagi para pebisnis. Tapi dengan fitur inventori ini pencatatan barang menjadi lebih mudah dikerjakan.

Tak perlu repot memasukkan data barang dan stok opname satu persatu, fitur inventory menyediakan menu impor. Jadi, pengguna Kledo cukup memasukkan data barang di aplikasi excel, lalu men- upload ke sistem Kledo.

Fitur inventory ini memudahkan pebisnis untuk memantau stok. Jika memiliki beberapa gudang sekalipun, stok barang dapat dipantau secara realtime. Fitur inventori dapat menunjukan produk terlaris, profit yang dihasilkan dan laporan stok produk kosong. Fitur ini juga memudahkan stok opname, pembuatan surat jalan hingga integrasi langsung dengan penjualan dan pembelian.

Apa Saja Keunggulan Software Akuntansi Online Kledo Bagi #pejuangcuan Era Digital?

Selain menyediakan fitur yang sangat lengkap sehingga memudahkan pengelolaan bisnis, software akuntasi Kledo ini memiliki sejumlah keunggulan. Keunggulan-keunggulan inilah yang telah membuat lebih dari 5.000 #pejuangcun menggunakan Kledo untuk mengelola bisnis mereka. Penasaran dengan keunggulan Kledo? Simak di sini yuk!

Bisa Digunakan untuk Banyak Jenis Usaha

Software akuntansi Kledo tak hanya bisa digunakan oleh satu atau dua jenis usaha tertentu saja. Dengan fitur-fitur lengkap yang dimiliki, #pejuangcuan dari bisnis barang hingga jasa bisa menggunakan Kledo.

Retail

Kledo cocok untuk mengelola semua jenis bisnis retail baik skala kecil maupun besar. Software akuntansi Kledo juga telah mendukung penggunaan barcode scanner sehingga proses pencatatan penjualan dan stock opname pada bisnis retail menjadi lebih cepat.
Bagi bisnis retail yang membuka penjualan di marketplace, Kledo menyediakan fitur auto sinkronisasi marketplace. Lengkap banget ‘kan?

Jasa

Software akuntansi online ini membantu para pelaku bisnis jasa seperti salon, jasa ekspedisi, laundry dan bisnis jasa lainnya untuk membuat catatan penjualan jasa dengan lebih praktis dan akurat. Termasuk penghitungan PPh dari penjualan jasa. Setiap proyek juga bisa dipantau lebih mudah dengan fitur multi proyek.

Manufaktur

Software Kledo ini memudahkan perencanaan, pemantauan sampai penyelesaian produksi pada bisnis manufaktur. Untuk proses produksi bisnis manufaktur yang rumit sekalipun, software ini bisa digunakan. Proses produksi dari bahan baku sampai menjadi barang jadi prosesnya bisa tercatat secara otomatis.

Restoran

Aplikasi akuntansi Kledo membantu pengelola bisnis restoran mengetahui keuntungan dari setiap menu yang terjual. Pemborosan dalam bisnis restoran pun bisa terhindari karena setiap pos pengeluaran bisa terpantau.

Kontraktor

Kledo memudahkan pengelolaan anggaran dan biaya untuk setiap proyek yang sedang dikerjakan. Aplikasi ini cocok untuk semua jenis bisnis kontraktor seperti kontraktor bidang arsitektural, elektrikal, mekanikal, tata lingkungan dan kontraktor lainnya.

Trading

Pebisnis di bidang trading atau perdagangan kerap dipusingkan dengan pengelolaan banyak cabang dan gudang. Tapi dengan dengan software akuntansi ini, banyak cabang dan gudang bisa dipantai dari satu aplikasi saja. Tersedia pula banyak template invoice dan integrasi dengan berbagai software POS.

Distributor

Bisnis distributor memang menawarkan potensi keuntungan yang besar. Misalnya saja distributor pakaian, suku cadang, alat tulis, peralatan rumah tangga, sembako dan masih banyak lagi lainnya. Software akuntansi Kledo memudahkan pencatatan penjualan #pejuangcuan yang bergelut sebagai distributor mulai dari pengelolaan keuangan, pencatatan penjualan, inventory, multi cabang dan gudang, laporan keuangan dan kebutuhan pengelolaan bisnis lainnya.

Online shop

Aplikasi Kledo menyediakan sinkronisasi otomatis ke berbagai marketplace seperti Tokopedia, Shopee dan beberapa marketplace lainnya. Tak hanya itu saja, sinkronisasi juga tersedia untuk toko online yang berbasis Woocommerce atau WordPress. Mengelola stok barang, mendapatkan laporan realtime dan memantau penjualan online pun semakin mudah dilakukan.

fitur marketplace connect

Dokumentasi: JarumJahit.com/ Online Shop yang Dikelola Dengan Kledo Memanfaatkan Fitur Marketplace Connect

Bengkel

Ingin memulai bisnis bengkel sepeda motor atau bengkel modifikasi motor? Software akuntansi Kledo menjadi pilihan yang tepat untuk memantau setiap proses keuangan usaha bengkel. Pembelian kebutuhan-kebutuhan bengkel, penjualan jasa bengkel dan penjualan sparapart menjadi lebih praktis dilakukan. Seluruh biaya operasional pun bisa terpantau.

Koperasi

Sebuah koperasi membutuhkan pengelolaan keuangan yang optimal. Laporan keuangan menjadi salah satu kewajiban yang harus disampaikan oleh pengurus dan pengawas kepada anggota koperasi. Semua kebutuhan laporan koperasi bisa dipenuhi dengan menggunakan software Kledo ini sehingga #pejuangcun bisa menghemat waktu dan memberikan pelayanan terbaik pada anggota koperasi dan konsumen.

Yayasan

Pengelolaan keuangan yang transparan tentu dibutuhkan untuk sebuah yayasan. Dengan software akunansi Kledo, semua pencatatan biaya dengan mudah bisa dilakukan. Begitu pula dengan penghitungan nilai aset yayasan dan penghitungan beragam penyusutan. Keamanan data keuangan yayasan pun terlindungi 7×24 jam.

Konsinyasi

Salah satu tantangan dalam bisnis konsinyasi atau titip jual adalah penentuan harga yang berbeda ada setiap transaksi. Tetapi masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan software akuntansi Kledo. Proses pencatatn konsinyasi menjadi lebih mudah dan praktis dilakukan. Termasuk membuat membuat faktur konsinyasi, laporan keuangan dan juga laporan stok.

Logistik

Software akuntansi Kledo membantu mengoptimalkan alur penerimaan dan pengiriman barang dalam bisnis logistik. Seluruh biaya operasional pun tercatat dengan baik , penghitungan aset lebih mudah dan akses lengkap laporan keuangan yang dibutuhkan.

software akuntansi kledo

Dengan Software Akuntansi Online Kledo, Bisnis Bisa Dipantau Dari Mana Saja!

Tak hanya bisa diakses melalui desktop atau PC, software akuntansi online Kledo juga tersedia dalam versi aplikasi untuk smartphone. Unduh saja aplikasi Kledo melalui Google Play Store atau Store. Melalui aplikasi ini, #pejuangcuan bisa memantau bisnis setiap saat di mana saja melalui genggaman.

Harga Sesuai Kebutuhan Bisnis, Tanpa Biaya Tersembunyi

Software akuntansi Kledo ditawarkan dalam tiga pilihan paket yakni paket free alias gratis, paket Pro dan paket Elite. Setiap paket menawarkan kelengkapan fitur yang berbeda-beda sehingga #pejuangcuan bisa memilih sesuai dengan kebutuhan bisnis masing-masing.

Pendampingan Dari Tim Kledo

Software akuntansi Kledo memiliki tim pendampingan yang hebat! Tim ini bisa dikontak setiap saat melalui whatsapp. Selain itu, para #pejuangcuan juga bisa menjadwalkan demo dan konsultasi gratis via aplikasi Zoom selama 45 menit sebelum memutuskan untuk menggunakan software akuntansi ini.

Tutorial dan Video Tutorial Software Akuntansi Online Kledo yang Lengkap

Tak hanya pendampingan, #pejuangcuan juga bisa mengakses tutorial dan video tutorial penggunaan software akuntansi Kledo ini dengan mudah. Tutorial dan video tutorialnya sangat lengkap dan bisa diakses setiap saat sehingga akan memudahkan siapapun yang ingin segera menguasai software ini.

Berbasis Cloud

Untuk menggunakan software Kledo, #pejuangcuan tak perlu menginstal aplikasi apapun. Cukup sediakan komputer ataupun gadget apapun dan koneksi internet. Software ini bisa berjalan pada sistem apapun mulai dari Windows, iOS, Android, ataupun Mac.

Jadi, para #pejuangcuan tak perlu ragu lagi…! Software akuntansi online Kledo menyediakan semua yang dibutuhkan untuk mengelola bisnis secara modern dan profesional dengan cara yang mudah. Kledo adalah partner yang tepat untuk mencapai kesuksesan berbisnis di era digital!

 

Referensi:
Investor.id
Kledo.com

Blog ini menjadi tempat saya berbagi informasi seputar keterampilan wanita, gaya hidup, fashion, pengalaman pribadi dan hal-hal menarik lainnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.
Puji Lestari