Aplikasi Saham Terbaik – Berencana untuk segera memiliki rumah sendiri? Menabung untuk biaya pendidikan anak-anak? Atau sedang mempersiapkan tabungan untuk hari tua? Apapun rencana kalian, investasi telah menjadi kebutuhan penting untuk mencapai kemapanan finansial di masa depan. Nah ada banyak instrumen investasi yang bisa dipilih, salah satunya saham.

stockbit logo

Apa Itu Saham?

Saham adalah surat yang menunjukkan kepemilikan perusahaan. Ini artinya, jika kalian membeli saham sebuah perusahaan, maka kalian secara otomatis memiliki bagian dari kepemilikan perusahaan tersebut. Bila nantinya perusahaan yang sahamnya kalian beli mempunyai kinerja baik, maka kalian akan mendapat keuntungan dari naiknya harga saham atau capital gain. Begitu pula bila perusahaan memperoleh keuntungan, kalian akan mendapatkan bagian keuntungan atau dividen dibayarkan setiap tahun kepada pemegang saham.

Sayangnya, sebagian orang beranggapan bahwa investasi saham hanya mengandalkan keberuntungan semata, rumit dan membutuhkan modal besar. Padahal investasi saham bukanlah investasi yang mengandalkan spekulasi tanpa logika. Jika ingin berinvestasi di saham dituntut untuk belajar dua jenis analisis yakni analisis fundamental dan analislis teknikal. Selain itu, kalian juga harus memilih perusahaan sekuritas yang tepat untuk mendukung investasi.

Apa Itu Perusahaan Sekuritas?

aplikasi saham stockbit

Bersumber dari laman resmi Sikapi Uangmu Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perusahaan sekuritas adalah perusahaan berizin dari OJK untuk melakukan kegiatan usaha sebagai perantara pedagang efek (broker-dealer).

Berdasarkan Undang-Undang Pasar Modal (UUPM) Pasal 1 angka 5, Efek adalah surat berharga yang diperdagangkan di pasar modal. Surat pengakuan hutang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti hutang, unit penyertaan kontrak investasi kolektif atau reksadana, kontrak berjangka atas efek, dan setiap derivatif dari efek termasuk dalam kategori efek. Karena itu pula perusahaan sekuritas seringkali disebut juga perusahaan efek.

Selain perdagangan efek, perusahaan sekuritas terkadang merangkap jasa efek lain, misalnya penjamin emisi efek (underwriter) dan manajer investasi. Sebuah perusahaan efek bisa menjalankan salah satu kegiatan usaha tetapi bisa juga menjalankan ketiganya secara bersamaan.

Nah, salah satu perusahaan sekuritas berpengalaman dan terpercaya adalah PT. Stockbit Sekuritas Digital. Berdiri sejak tahun 1990 dengan nama PT. Mahakarya Artha Sekuritas, perusahaan sekuritas ini telah terdaftar di OJK dengan nomor izin KEP-132/PM/1992.

Pada Desember 2021, PT. Mahakarya Artha Sekuritas secara resmi diakuisisi lalu berganti nama menjadi PT. Stockbit Sekuritas Digital. Saat ini Bacelius Ruru menjadi komisaris utama dan independen didampingi Wellson Lo sebagai komisaris.

Aplikasi Saham Terbaik, Mudahkan Investasi

Mengikuti perkembangan zaman sekaligus demi memudahkan investasi saham, PT Stockbit Sekuritas Digital meluncurkan sebuah aplikasi yakni Stockbit. Aplikasi Stockbit ini bisa diunduh melalui Playstore dan Appstore.

Bukan aplikasi trading saham biasa, aplikasi yang terus dikembangkan ini sekaligus menjadi tempat untuk berdiskusi, analisa dan investasi saham. Aplikasi Stockbit dilengkapi dengan data finansial, berita dan laporan dari sumber terpercaya sehingga memudahkan siapa saja untuk berinvestasi. Karena itu, layaklah aplikasi ini menjadi aplikasi saham terbaik!

aplikasi saham terbaik

“Kami percaya dengan memiliki sebuah platform analitik online digabungkan dengan data berkualitas akan membantu mendidik pasar melalui analisis kolaboratif yang lebih baik. Dengan alat yang baik dan dukungan komunitas, kami percaya bahwa Stockbit memiliki potensi untuk merevitalisasi industri ini untuk jangka panjang. Stockbit dibangun dengan visi menjadi platform yang terintegrasi, untuk mempermudah orang dapat berkembang di pasar saham dalam satu tempat.”Wellson Lo (Komisaris PT. Stockbit Sekuritas Digital)

Kelebihan Aplikasi Saham Terbaik, Stockbit

PT. Stockbit Sekuritas Digital terus melakukan inovasi demi memberikan layanan dan pengalaman investasi mudah, aman dan terpercaya. Melalui aplikasi Stockbit dengan teknologi kelas dunia, diharapkan setiap orang bisa berinvestasi dengan mudah melalui layanan perdagangan saham online yang modern. Jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis, aplikasi Stockbit ini setidaknya memiliki 5 kelebihan.

Tampilan Sangat User Friendly

Saat ini berbagai layanan online menawarkan aplikasi masing-masing. Coba cek di smartphone kalian, ada berapa aplikasi yang telah terinstal? Dengan banyaknya aplikasi untuk berbagai keperluan, tentu saja setiap pengguna tak ingin dipusingkan dengan kerumitan penggunaan sebuah aplikasi.

Stockbit Sekuritas sangat memahami hal itu. Karenanya, mereka menawarkan aplikasi investasi saham yang mudah digunakan oleh pemakai awam sekalipun yang sama sekali belum pernah bersentuhan dengan aplikasi ini. Aplikasi Stockbit memiliki user interface yang bagus, sederhana dan gampang digunakan. Kemudahan penggunaan jadi salah satu kelebihan aplikasi saham terbaik ini!

Simple dan easy to use UI/UX dan menyediakan chartbit komprehensif sebagain panduan untuk trading. Good job Stockbit – Andreas Tobing via Google Play Store

Fasilitas Stream, Bermanfaat dan Unik

Inilah fitur istimewa yang tak dimiliki aplikasi saham lain. Fitur Stream ini seperti media sosial bagi investor. Kalian bisa melihat dan bergabung dengan percakapan tentang saham. Tentu saja percakapan antar investor ini akan semakin memperkaya wawasan kalian.

Fitur Lengkap

Tak perlu lagi menginstal aplikasi pendukung investasi saham, aplikasi Stockbit sudah mampu memenuhi semua kebutuhan kalian. Fitur-fitur aplikasi ini sangat lengkap dan bermanfaat untuk investor, apalagi jika kalian telah memiliki akun premium.

Mudah digunakan dan banyak tool-tool bermanfaat – Ary Mercyanto via Google Play Store

Dukungan untuk Investor

Jangan kuatir bakalan pusing ketika menggunakan aplikasi ini. Stockbit Sekuritas menyediakan tutorial penggunaan aplikasi Stockbit melalui website resminya Stockbit.com. Bila mengalami kesulitan, tersedia pula layanan live support dari customer service yang sigap menanggapi.

Fee Jual Beli Murah

Setiap sekuritas mematok fee beli dan fee jual berbeda-beda. Stockbit Sekuritas melalui aplikasi Stockbit hanya mengenakan fee beli sebesar 0,10% dan fee jual sebesar 0,20%. Wajib diketahui, tak ada lagi biaya-biaya tersembunyi lainnya lho. Fee tersebut sudah termasuk biaya broker, PPN biaya broker 11%, biaya levy (BEI, KPEI, KSEI) 0,043% dan PPh final untuk transaksi jual 0,1%. Tentu saja fee ini membuat Stockbit mampu bersaing dengan sekuritas lainnya.

Menyediakan fitur terbaik dan fee trading rendah – Muzakkir Sulaiman via Google Play Store

Fitur Aplikasi Saham Terbaik, Stockbit

Ada banyak fitur-fitur tersedia pada aplikasi Stockbit. Fitur-fitur ini bisa dikelompokkan ke dalam dua kategori yakni fitur-fitur Stockbit Basic bisa diakses secara gratis cukup dengan mendaftar akun social Stockbit dan fitur-fitur eksklusif di Stockbit Pro HANYA bisa diakses dengan menjadi nasabah Stockbit Sekuritas atau dengan memilih paket berlangganan.

Paket berlangganan disediakan bagi mereka yang bukan nasabah Stockbit Sekuritas dengan 3 pilihan paket berlangganan yakni:

• Paket langganan Stockbit Pro 1 bulan dengan biaya Rp.250.000 per bulan
• Paket langganan Stockbit Pro 6 bulan dengan biaya Rp. 200.000 per bulan
• Paket langganan Stockbit Pro 1 tahun dengan biaya Rp. 150.000 per bulan.

Fitur Aplikasi Saham Terbaik, Stockbit Basic

Pada Stockbit Basic disediakan fitur-fitur standar yang sudah bisa digunakan untuk berinvestasi saham. Lalu fitur apa saja yang ada pada versi Stockbit Basic ini? Yuk simak selengkapnya di sini!

Stream

Fitur Stream secara khusus disediakan untuk berinteraksi. Di ruang ini, kalian dapat mengobrol dengan investor lain seputar saham dan juga pasar modal. Pada fitur ini pula, kalian bisa membaca berita terbaru, mendapat update laporan keterbukaan informasi dari emiten, menyimak informasi insider transaction, mengamati trending post, dan kegiatan lain mirip dengan media sosial.

Virtual Trading

Belum pernah trading saham sama sekali? Takut memulai? Tak usah kuatir. Di aplikasi saham terbaik ini tersedia fitur Virtual Trading. Kalian bisa mencoba simulasi trading saham melalui fitur ini. Kalian akan mendapatkan modal virtual sebesar Rp.100 juta untuk memulai trading. Dengan simulasi seperti ini dijamin kalian akan sangat terbantu untuk memahami dasar-dasar transaksi saham sebelum trading saham dengan modal sesungguhnya.

Watchlist

Punya saham-saham favorit yang sudah lama kalian incar? Fitur Watchlist ini secara khusus disediakan untuk memantau saham-saham favorit kalian. Kalian bisa memilih dan memasukkan saham favorit ke dalam fitur Watchlist ini. Nantinya, kalian juga bisa langsung membeli saham-saham favorit yang telah masuk ke dalam daftar Watchlist. Praktis banget ‘kan?

aplikasi saham terbaik Ilustrasi: JarumJahit.com/ Tampilan Fitur Watchlist

Consensus Target

Fitur ini menyajikan informasi hasil konsensus atau angka rata-rata perkiraan dari para analis terhadap harga suatu saham. Informasi hasil konsesus dikelompokkan menjadi 3 consensus price yaitu high, medium, dan low serta dilengkapi pula dengan estimasi EPS (Earnings Per Share) dari suatu saham.

Calendar

Fitur Calender ini guna banget untuk memantau Corporate Action emiten tertentu. Fitur ini menyediakan sejumlah menu mulai dari pembagian dividen, reverse split, stocksplit, right issue, tender offer, stock bonus dan RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham). Ada pula menu IPO yang berisikan informasi daftar perusahaan yang hendak melantai di bursa efek dan menu Today yang berisi rangkuman informasi hari ini.

Earning Recap

Butuh informasi tentang emiten dengan earning surprise terbesar atau terkecil? Tak perlu repot mencari, aplikasi saham terbaik ini menyediakan fitur Earning Recap yang berisi rekapitulasi EPS quarterly dari emiten-emiten. Informasi tersebut dikelompokkan dalam dua kolom yakni surprise dibandingkan dengan estimasi dan surprise dibandingkan dengan quarter yang sama di tahun lalu.

Glossary

Untuk melengkapi wawasan yang dibutuhkan di pasar saham tersedia fitur Glossary. Fitur ini berisi penjelasan mengenaik rasio-rasio keuangan, akun-akun finansial dan istilah-istilah dalam saham.

Set Target Price (Predictions)

Jika kalian sudah menguasai analisis fundamental dan analislis teknikal serta punya pengalaman yang cukup, maka kalian bisa membagikan prediksi dengan memanfaatkan fitur Set Target Price tentang pergerakan suatu saham melalui Stream. Semakin akurat prediksi itu, reputasi kalian di Stockbit pun akan kian melambung. Ditambah lagi, semakin besar persentase target harga yang kalian tetapkan, maka semakin besar pula jumlah reputasi yang akan didapat bila target tercapai.

fitur stockbit

Ilustrasi: JarumJahit.com/ Tampilan fitur set target price yang dibagikan salah satu penggguna Stockbit melalui stream

Insider

Fitur Insider disediakan untuk melihat transaksi yang dilakukan para pemegang saham mayoritas (nilainya lebih dari 5%) pada suatu emiten setiap hari. Jadi, kalian bisa mengetahui kepemilikan sekaligus aktivitas investor saham bermodal besar. Menarik ‘kan?

E-book

Fitur ini disediakan bagi kalian yang ingin belajar seputar saham. Pada fitur ini terdapat panduan untuk melakukan analisis teknikal dan analisis fundamental. Selain itu tersedia pula informasi terkait Bandarmology dan fitur-fitur di Stockbit.

fitur Stockbit

Ilustrasi: JarumJahit.com/ Koleksi Lengkap E-book

Fitur Aplikasi Saham Terbaik, Stockbit Pro

Jika fitur-fitur Stockbit Basic saja sudah begitu lengkap, apalagi yang ada di Stockbit Pro! Stockbit Pro berisikan fitur-fitur premium analisis canggih untuk membantu trading dan investasi saham kalian. Fitur-fitur premium ini ditambahkan melengkapi fitur-fitur Stockbit Basic.

Chartbit

Fitur ini memadukan charting tools dan teknologi Cloud yang dapat otomatis menyimpan seluruh analisa yang telah dibuat. Tak hanya itu saja, fitur ini dilengkapi pula dengan lebih dari 100 teknikal indikator. Salah satunya Foreign Flow dengan real-time data 10 tahun ke belakang.

Screener

Ada begitu banyak emiten di pasar saham. Tentu tak mudah menemukan satu atau dua saham yang sesuai kriteria tertentu. Untuk itulah fitur Screener ini disediakan. Fitur ini memudahkan pencarian saham berdasarkan ratusan kriteria. Misalnya saham dengan kriteria valuasi murah, saham yang rajin bagi-bagi dividen, atau saham dengan kriteria teknikal tertentu.

Fundachart

Fitur ini memudahkan mempelajari tren karena menawarkan visualisasi historikal data dari ratusan rasio keuangan. Selain itu, fitur ini dilengkapi pula dengan fitur populer seperti PE Standard Deviation Band yang dipakai untuk menentukan saham undervalued ataupun overvalued.

Financials

Fitur ini berisi rangkuman laporan keuangan emiten dari beragam periode, meliputi TTM (Trailing-Twelve Months), Quarterly dan juga YoY Growth. Tampilannya pun bisa diubah sesuai kebutuhan analisis.

aplikasi saham terbaik

Keystats

Fitur ini disediakan untuk mempertajam analisis kalian dengan membaca rangkuman rasio-rasio penting. Jadi, kalian akan memperoleh gambaran terkait kinerja dan kesehatan emiten, serta ranking emiten di IHSG berdasarkan rasio, misalnya Earnings Yield dan EPS Growth.

Comparison

Seperti namanya, fitur ini digunakan untuk membandingkan kinerja emiten dengan saham sejenis atau emiten yang berada di sektor yang sama. Perbandingan emiten-emiten diperlihatkan melalui angka rata-rata industri dan sektor.

Seasonality Chart

Fitur ini menyajikan performa indeks dan saham per bulan dari tahun ke tahun. Informasi ini bisa kalian manfaatkan untuk mengetahui momentum tepat agar bisa memaksimalkan profit dan minimalkan resiko.

Bandar Detector

Pada fitur ini kalian bisa melihat Broker Summary yang berisi riwayat pembelian dan penjualan dari masing-masing setiap tiap harinya. Kalian bisa memantau pergerakan uang dari jejak bandar.

Valuation

Secara khusus fitur ini disediakan untuk membantu proses penentuan harga wajar untuk suatu saham. Dengan fitur ini, kalian tentu akan lebih tenang ketika pasar bergejolak pasar karena telah mengetahui nilai wajar suatu saham.

Cara Daftar Stockbit Social

Setelah melihat sederet kelebihan, fitur-fitur dan menu pada aplikasi saham terbaik ini, apakah kalian jadi tertarik untuk menggunakannya? Tak butuh waktu lama, jika tertarik segera saja unduh dan instal di smartphone kalian. Kemudian buatlah akun Stockbit Social.

Stockbit Social merupakan platform komunitas saham yang menjadi wadah bagi investor untuk berinteraksi dan berdiskusi. Dengan memiliki akun Stockbit Social, kalian bisa menggunakan fitur Stockbit Basic untuk analisa saham. Berikut tutorial membuat akun Stockbit Social selengkapnya.

  1. Download aplikasi Stockbit di Playstore atau App Store, kemudian instal di smartphone kalian.
  2. Setelah terinstal, luncurkan aplikasi Stockbit dan pilih tombol Daftar.
  3. Masukkan alamat email yang masih aktif.
  4. Masukkan nama lengkap kalian, lalu pilih tombol Selanjutnya.
  5. Langkah berikutnya, buatlah username kalian. Buatlah yang unik dan mudah diingat.
  6. Lalu buatlah password dengan memasukkan minimal 6 karakter.
  7. Lantas masukkan nomor HP yang masih aktif.
  8. Tunggulah beberapa saat hingga kalian menerima kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS ke nomor HP yang sebelumnya telah kalian masukkan.
  9. Bila kode verifikasi telah diperoleh, masukkan kode verifikasi tersebut pada kolom yang tersedia.
  10. Pada tampilan berikutnya, kalian diminta untuk memilih apakah ingin membuka rekening saham atau nanti saja. Jika kalian masih ingin mencoba aplikasi ini terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membuka rekening saham, maka kalian bisa pilih opsi Nanti.

Nah dengan cara singkat ini, maka kalian sudah bisa mengakses fitur Stockbit Basic. Kalian bisa mempelajari fitur-fiturnya termasuk mencoba virtual trading untuk merasakan pengalaman trading saham dengan modal yang disediakan.

Cara Buka Rekening Saham Melalui Aplikasi Saham Terbaik, Stockbit

Jika kalian sudah memiliki akun Stockbit Social dan telah mempelajari lebih banyak tentang saham serta fitur-fitur Stockbit Basic lalu tertarik untuk membuka rekening saham melalui aplikasi Stockbit, maka cukup ikuti tutorial berikut ini.

  1. Sekali lagi, pastikan kalian sudah memiliki akun Stockbit Social. Pastikan pula kalian sudah melakukan update aplikasi Stockbit ke versi yang terbaru.
  2. Masuklah ke fitur Watchlist, lalu pilih opsi Buka Rekening Saham.
  3. Selanjutnya masukkan Password Stockbit.
  4. Pada tampilan layar berikutnya, pastikan nomor HP kalian sudah benar.
  5. Tahapan selanjutnya, pastikan alaat email kalian sudah benar dan masih aktif. Sebab nantinya alamat email ini akan dipakai untuk mengirim laporan transaksi yang kalian lakukan.
  6. Beberapa saat kemudian, kalian akan menerima kode verifikasi yang dikirim ke alamat email. Masukkan kode verifikasi tersebut pada halaman verifikasi yang muncul.
  7. Berikutnya, isikan data diri kalian mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, alamat sesuai e-KTP, nama ibu kandung, pendidikan terakhir, nomor e-KTP dan NPWP jika ada. Teliti semua informasi tersebut dengan baik.
  8. Setelah itu, siapkan e-KTP kalian lalu unggah foto e-KTP.
  9. Tahapan selanjutnya, berfotolah dengan e-KTP kalian atau selfie dengan e-KTP. Ungguh foto tersebut.
  10. Sesudah itu, masukkan informasi yang berkaitan dengan rekening. Informasi rekening ini nantikan dipakai untuk mencairkan dana kalian di kemudian hari.
  11. Pada tampilan berikutnya, kalian akan diminta untuk menjawab sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan diri kalian seputar penghasilan dan tujuan berinvestasi. Bila seluruh pertanyaan sudah dijawab dan ceklis pernyataan telah dipilih, lanjutkan ke tahapan selanjutnya.
  12. Di tahapan ini, kalian diminta memilih bank untuk pembuatan RDN (Rekening Dana Nasabah). Adapun pilih bank untuk RDN yang tersedia adalah bank BCA dan bank Jago. Kali ini dicontohkan cara membuka akun trading dengan RDN BCA. Untuk itu pilih BCA pada kolom Pilih Bank RDN.
  13. Lanjutkan dengan memilih opsi “Saya Nasabah BCA” khusus bagi kalian yang sudah menjadi nasabah BCA.
  14. Kemudian masukkan nomer rekening BCA kalian pada kolom Verifikasi Rekening BCA. Lalu setujui pernyataan persetujuan konfirmasi rekening dengan memberi tanda ceklist.
  15. Berikutnya, isilah formulir seputar data pekerjaan.
  16. Isi formulir terkait data tambahan dengan menjawab beberapa pertanyaan.
  17. Lakukan konfirmasi tentang kepatuhan pajak atau FATCA (Foreign Account Tax Compliance Act).
  18. Teruskan dengan membaca dan menyetujui pernyataan nasabah RDN BCA.
  19. Lantas tanda tangan di kotak yang telah disediakan.
  20. Setelah itu buat pin trading yang terdiri dari 6 angka.

Tunggulah dalam waktu 1×24 jam untuk proses registrasi ini. Nantinya kalian akan mendapatkan notifikasi hasil registrasi yang sudah dilakukan.

Kesimpulan

Aplikasi saham terbaik, Stockbit mendukung kemudahan untuk berinvestasi saham. Penggunaannya mudah dan fitur investasinya lengkap. Keamanannya pun terjamin karena telah dilengkapi dengan keamanan generasi terbaru yakni Fingerprint dan Face ID. Dana pun aman, sebab disimpan di rekening terpisah yakni Rekening Dana Nasabah (RDN) atas nama nasabah sehingga tak disalahgunakan pihak lain. Aplikasi ini juga didukung tim support yang membantu setiap masalah yang kalian hadapi melalui live chat support. Nah, tunggu apa lagi? Yuk, download Stockbit dan mulai berinvestasi sekarang!

FAQ

Apa Itu Aplikasi Stockbit?

Stockbit adalah platform investasi saham terbaik. Tak hanya memudahkan investasi saham, aplikasi Stockbit juga menjadi tempat untuk berdiskusi, mengikuti berita-berita saham terkini, riset dan analisis investasi saham.

Berapa Minimum Deposit di Stockbit?

Tidak ada minimum deposit di Stockbit. Kalian bisa memulai berinvestasi dengan dana berapa pun!

Berapa Lama Proses Pembukaan Rekening di Stockbit?

Proses buka rekening di Stockbit hanya membutuhkan waktu 1 hari kerja saja. Kalian bisa mendaftar diri secara online dan rekening kalian akan diproses tanpa harus mengirimkan dokumen fisik.

Bagaimana Cara Menghubungi Stockbit?

Jika kalian mengalami kesulitan atau memiliki sejumlah pertanyaan, kalian bisa menghubungi pusat bantuan yang terdapat pada aplikasi Stockbit atau melalui laman resmi Stockbit. Bila kalian memerlukan bantuan lebih banyak lagi, kirimkan saja email ke support@stockbit.com.

Dimana Alamat Kantor Stockbit?

PT. Stockbit Sekuritas Digital beralamat di Menara Standard Chartered Lt. 33 Jl. Prof. Dr. Satrio No. 164, Kel. Karet Semanggi, Kec. Setiabudi Jakarta Selatan dengan kode pos 12930.

Apa Saja Sosial Media Stockbit?

Informasi terbaru seputar aplikasi Stockbit bisa kalian peroleh melalui lama resmi Stockbit.com dan juga sosial media IG @Stockbit (centang biru), Twitter @Stockbit (centang biru), dan fan page Facebook Stockbit (centang biru). 

Apakah Stockbit bisa dipakai untuk trading saham Amerika dan Kripto?

Tidak bisa. Aplikasi Stockbit hanya bisa dipakai untuk trading saham dalam negeri. Jika ingin trading saham Amerika dan kripto dalam satu aplikasi, gunakan aplikasi Nanovest. Nanovest aplikasi investasi saham Amerika dan kripto.

Sumber Referensi:
Stockbit.com
Sikapiuangmu.ojk.go.id

 

Blog ini menjadi tempat saya berbagi informasi seputar keterampilan wanita, gaya hidup, fashion, pengalaman pribadi dan hal-hal menarik lainnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.
Puji Lestari