Saat mulai belajar jahit, penggaris dengan panjang 30cm dan meteran sudah sangat mencukupi untuk dimiliki. Tapi sebenarnya dalam kegiatan jahit menjahit ada beberapa penggaris pola yang tersedia untuk memudahkan membuat berbagai pola. Berikut ini penggaris pola dan fungsinya.

1. Penggaris lengkung 9

Penggaris berbentuk seperti angka 9 ini digunakan untuk membuat garis lengkung lengan atau lengkung lainnya. Dengan penggaris ini, lengkungan yang dihasilkan bisa lebih rapi dan presisi.

2. Penggaris pola lengkung golok

Mirip golok, penggaris ini dipakai untuk membuat garis lengkung untuk lingkar leher dan juga kerung lengan. Penggaris ini sangat membantu untuk membuat jahitan yang berkualitas.

Penggaris Pola Lengkung 9 dan Lengkung Golok

Tokopedia.com // Penggaris Pola Lengkung 9 dan Lengkung Golok

3. Penggaris kerung lengan

Seperti penggaris pola lengkung 9, penggaris pola ini dipakai juga untuk membuat lengkung lengan.

4. Penggaris lengkung blazer

Bagi mereka yang ingin bertekun menjahit blazer, penggaris ini sangat dibutuhkan untuk membuat garis lengkung lengan blazer yang rapi dan presisi.

Penggaris Pola Kerung Lengan dan Lengkung Blazer

Tokopedia.com // Penggaris Pola Kerung Lengan dan Lengkung Blazer

5. Penggaris kertas skala

Penggaris kertas berskala ini tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 1:1/2, 1: ΒΌ, 1: 1/6 dan 1 1/8. Adapun fungsinya untuk membuat pola skala kecil. Selain itu, penggaris kertas berskala ini juga dapat digunakan untuk mengetahui jumlah bahan yang diperlukan untuk menjahit sebuah model pakaian. Caranya, letakkan komponen baju dalam skala kecil pada bidang bahan yang juga dibuat perbandingan sesuai pola model pakaian yang hendak dibuat.

penggaris skala kertas

Tokopedia.com // Penggaris Skala Kertas

6. Penggaris pola segitiga siku

Penggaris ini dipakai untuk membentuk garis sudut. Misalnya saja garis badan dan tengah muka, garis lebar muka dan garis lebar punggung, garis badan dan tengah belakang.

7. Penggaris pola lengkung pinggul

Tak mudah membuat garis lengkung pinggul. Karena itulah dibutuhkan penggaris lengkung pinggang supaya garis lengkungnya presisi.

Penggaris Pola Segitiga Siku dan Lengkung Pinggul

Tokopedia.com // Penggaris Pola Segitiga Siku dan Lengkung Pinggul

Nah, setelah mengetahui bermacam-macam penggaris pola dan fungsinya, tak ada salahnya sejak sekarang mengumpulkan satu demi satu penggaris pola ini. Mulailah dari penggaris pola yang paling sering digunakan seperti penggaris kerung lengan dan penggaris lengkung pinggul. Selain penggaris, tentunya masih ada beberapa alat jahit pemula lainnya yang perlu disiapkan.