Ingin belajar menjahit sendiri? Tak masalah. Belajar menjahit secara otodidak kini semakin gampang kok. Informasi seputar belajar menjahit dari dasar bisa diperoleh dengan mudah. Misalnya saja melalui berbagai website dan juga video tutorial di YouTube. Nah, sebelum mulai belajar jahit, sebaiknya siapkan dulu beberapa peralatan jahit yang paling pokok. Berikut ini alat jahit pemula yang wajib disiapkan:

Kain

Tak harus beli kain yang mahal dan bagus, sebaiknya beli saja kain lokal yang dijual per meter atau kain kiloan. Ketika memilih kain, tipsnya belilah kain bermotif.

Kain dengan motif yang cukup ramai seperti motif abstrak, motif dedaunan atau bunga-bunga akan menyamarkan jahitan yang kurang rapi.

Bagi pemula hal ini sangat penting, sebab biasanya semangat belajar akan runtuh jika hasil jahitan pertama tampak sangat buruk. Nanti seiring berjalannya waktu dan kemampuan jahit sudah meningkat, kain polos tanpa motif bisa jadi pilihan.

Gunting kain dan gunting benang

Idealnya, penjahit menggunakan rotary cutter dan cutting mat untuk kegiatan memotong bahan jahit. Namun untuk pemula, gunting biasa sudah sangat mencukupi.

  • Belilah dua buah gunting yakni gunting khusus kain dan gunting khusus benang atau gunting cekris.
  • Hindari menggunakan gunting khusus kain untuk menggunting material jenis lainnya untuk menjaga ketajaman gunting.
  • Untuk gunting benang, belilah gunting khusus benang atau gunakan gunting yang berukuran kecil. Gunting berukuran kecil akan menghindarkan dari “kecelakaan” terguntingnya kain saat menggunting benang.

Pendedel benang

Pendedel benang akan memudahkan membongkar jahitan yang salah. Proses membongkar jahitan pun jadi lebih cepat dan memperkecil kesalahan yang bisa merusak kain.

Hindari membongkar jahitan yang salah dengan menggunakan cutter atau gunting. Selain membutuhkan waktu yang lama, resiko terjadinya kerusakan pada kain jauh lebih besar.

alat jahit pemula, gunting kain, gunting benang, pendedel benang

pinterest.com // alat jahit pemula, gunting kain, gunting benang, pendedel benang

Jarum jahit tangan

Alat jahit pemula yang satu ini wajib dimiliki meski sudah menggunakan mesin jahit. Jarum jahit dibutuhkan untuk membuat jahitan tersembunyi , jahitan sum dan jahitan sejenis lainnya.

Jarum pentul

Jarum pentul sangat dibutuhkan untuk menyatukan kain atau lipatan kain yang hendak dijahit. Sebaiknya beli jarum pentul dengan kualitas yang bagus agar tak mudah berkarat dan tidak ‘nyantol’ di kain. Nantinya, klip penjepit kain boleh ditambahkan jika frekuensi menjahit sudah semakin sering.

Alat jahit pemula paling penting, benang jahit

Untuk belajar jahit, setidaknya beli 2 warna benang, krem dan hitam. Atau pilih warna benang yang senada dengan warna kain yang hendak dijahit.

alat jahit pemula, jarum jahit, jarum pentul, benang jahit

pinterest.com // alat jahit pemula, jarum jahit, jarum pentul, benang jahit 

Karbon kain dan rader

Karbon kain dan rader tak bisa dipisahkan. Kedua alat jahit pemula ini berfungsi untuk menjiplak pola ke kain dengan akurat. Karbon kain tersedia dalam berbagai pilihan warna sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Pensil kain atau kapur kain

Pensil kain atau kapur kain dipakai untuk menandai kain sesuai pola. Goresan pensil kain atau kapur kain ini bisa hilang dengan mudah saat kain disetrika atau dicuci sehingga tidak akan merusak kain.

kertas karbon jahit, rader, kapur kain

pinterest.com // kertas karbon jahit, rader, kapur kain

Meteran jahit, alat jahit pemula wajib punya

Jika ukuran pola atau bahan lebih dari 3cm, maka meteran jahit ini bisa menjadi pengganti penggaris. Misalnya saja untuk mengukur sarung bantal atau sprei.

Penggaris

Penjahit pemula cukuplah menggunakan penggaris panjang ukuran 30cm. Kelak jika sudah semakin mahir, alat jahit pemula seperti penggaris model atau french curve perlu dimiliki.

Nah, tentu saja masih ada banyak sekali alat jahit lainnya yang dibutuhkan oleh seorang penjahit. Namun setidaknya alat jahit pemula ini sudah sangat mendukung proses belajar jahit. Semangat belajar menjahit!