Salah satu jenis pakaian yang paling banyak dicari kaum ibu adalah celana kolor anak. Tak cukup hanya 1 atau 2 potong, anak-anak butuh banyak celana kolor untuk berbagai kegiatan. Mulai dari tidur hingga bermain. Karena banyak dibutuhkan, beberapa ibu lantas berusaha menjahit sendiri berbekal pola celana kolor anak.

Persiapan Menjahit Celana Kolor Anak

Nah, jika ingin menjahit celana kolor anak sendiri, lakukan beberapa persiapan kecil terlebih dahulu. Berikut ini beberapa daftarnya.

1. Pilih bahan yang nyaman

Pilih bahan celana kolor anak yang bisa menyerap keringat dengan dengan baik, bertekstur lembut dan tidak membuat gerah. Adapun jenis bahan yang direkomendasikan adalah bahan kain katun atau kain kaos.

Sebaiknya hindar memilih bahan spandex atau nilon. Jenis bahan ini cenderung membuat kulit anak mudah berkeringat, selalu lembab dan basah karena kurang bisa menyerap air. Kondiri ini tentu akan membuat anak tak nyaman sekaligus bisa memicu munculnya jamur.

Pilih pula bahan dengan motif atau karakter yang disukai anak-anak. Tujuannya agar anak menyukai celana kolor yang Anda buatkan untuk mereka.

2. Siapkan pola jahit celana kolor anak

Pola dasar celana kolor anak tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran S, M, L, XL hingga XXL. Untuk itu, Anda perlu mengukur tubuh anak dan memilih ukuran pola dasar yang paling mendekati hasil pengukuran tersebut. Hindari memilih ukuran pola yang terlalu ketat. Sebab nantinya celana kolor tersebut akan membatasi gerak tubuh anak. Pilih pola yang ukurannya sedikit lebih besar dari ukuran tubuh anak agar diperoleh hasil akhir celana kolor anak yang longgar dan nyaman.

3. Ukur tubuh anak

Pola celana kolor ukuran S biasanya digunakan untuk anak usia 2 tahunan. Namun perlu diingat, terkadang ukuran tubuh anak Anda bisa saja melebihi atau kurang dari ukuran tubuh anak usia 2 tahun pada umumnya. Mengapa? Sebab ukuran tubuh ini juga dipengaruhi oleh faktor keturunan, asupan makanan anak sehari-hari dan kegiatannya. Untuk itu, lebih baik ukurlah tubuh anak lalu cocokan dengan pola dasar yang ada.

4. Siapkan elastis atau karet kolor

Elastis atau karet kolor tersedia dalam berbagai ukuran. Untuk celana kolor anak biasanya digunakan ukuran 2cm. Sedangkan untuk orang dewasa ukuran elastis 2.5cm hingga 3cm. Adapun panjang elastis yang diperlukan untuk celana kolor adalah 20cm sampai 25cm lebih pendel dari lingkar pinggang celana. Atau bisa juga disesuaikan dengan elastisitas atau kemampuan molor dari elastis. Sebab saat ini tersedia beragam merk elastis dengan kualitas yang berbeda-beda.

Pola Dasar Celana Kolor Anak

Jika persiapan sudah dilakukan, selanjutnya simak pola dasar berikut ini. Perhatikan baik-baik masing-masing ukurannya.

Ukuran S

Pola Celana Kolos Anak S

Pola Dasar Celana Kolor Anak Ukuran S

 

Ukuran M

pola celana anak

Kolor Anak Ukuran M

 

Ukuran L

Pola Kolor Anak L

Pola Kolor Anak Ukuran L

 

Size XL

Pola dasar kolor anak XL

Kolor Anak XL

 

Size XXL

Pola Jahit Kolor XL

Celana Kolor XL