Selain menyiapkan pola pakaian, sebelum mulai menjahit Anda tentu perlu memastikan butuh berapa meter kain untuk membuat pakaian. Masing-masing jenis pakaian tentu membutuhkan jumlah kain yang berbeda-beda. Nah, berikut ini referensi lengkap kebutuhan kain untuk model-model pakaian utama.

Butuh berapa meter kain untuk membuat celana wanita?

Untuk membuat celana pendek wanita, jika lebar kain 1,15 meter, maka diperlukan bahan untuk size S-M: 1,25 meter dan size L-XL: 1,5 meter. Bila lebar kain 1,5 meter, maka dibutuhkan bahan untuk size S-M: 90cm dan size L-XL: 1,10meter.

Untuk membuat celana panjang wanita, bila lebar kain 1,15 meter, maka dibutuhkan bahan untuk ukuran S-M: 2,25 meter dan ukuran L-XL: 2,5 meter. Jika lebar kain 1,5 meter, maka diperlukan bahan untuk ukuran S-M sebanyak 2 meter dan ukuran L-XL: 2,5 meter.

butuh berapa meter kain untuk buat kulot

image source: freepik.com

Butuh berapa meter kain untuk membuat celana pria?

Untuk membuat celana pendek pria, jika lebar kain 1,15 meter, maka diperlukan bahan untuk menjahit size S-M: 1,25 meter dan size L-XL: 1,5 meter. Bila lebar kain 1,5 meter, maka dibutuhkan bahan untuk menjahit size S-M: 90cm dan size L-XL, 1,10 meter.

Untuk membuat celana panjang pria, jika lebar kain 1,15 meter, maka dibutuhkan bahan untuk membuat celana panjang ukuran S-M : 2,25 meter dan ukuran L-XL : 2,5 meter. Namun bila lebar kain 1,5 m, maka bahan yang dibutuhkan untuk ukuran S-M : 2 meter dan ukuran L-XL: 2,5 meter.

Butuh berapa meter kain untuk membuat kemeja pria?

Untuk membuat kemeja lengan panjang pria, dibutuhkan lebar kain 1,15 meter, size S-M: 2 meter dan size L-XL: 2,25 meter. Lebar kain 1,5 meter, size S-M: 1,75 meter dan size L-XL: 2 meter.

Sementara itu untuk membuat kemeja lengan pendek pria, jika lebar kain 1,15 meter, maka dibutuhkan bahan untuk size S-M: 1,75 meter dan size L-XL: 2 meter. Jika lebar kain 1,5 meter, maka dibutuhkan bahan untuk size S-M: 1,5 meter dan size L-XL: 1,75 meter.

Butuh berapa meter kain untuk menjahit rok umbrella?

Rok umbrella terbilang membutuhkan kain yang cukup banyak. Untuk rok umbrella pendek, jika lebar kain 1,15 meter, maka diperlukan kain untuk ukuran S-M sebanyak 1,5 meter dan ukuran L-XL sebanyak 2 meter. Bila lebar kain 1,5 meter, maka dibutuhkan kain untuk ukuran S-M sebanyak 1,25 meter dan size L-XL sebanyak 1,5 meter.

Sedangkan untuk membuat rok umbrella panjang, dibutuhkan lebih banyak kain lagi. Jika lebar kain 1,15 meter, maka diperlukan kain untuk ukuran S-M sebanyak 2 meter dan ukuran L-XL sebanyak 2,25 meter. Bila lebar kain 1,5 meter, maka dibutuhkan kain untuk ukuran S-M sebanyak 1,75 meter dan ukuran L-XL sebanyak 2 meter.

Butuh berapa meter kain untuk membuat dress?

Dress menjadi salah satu pakaian favorit kaum wanita. Jika tertarik menjahit dress sendiri, siapkanlah bahan yang cukup banyak. Untuk dress pendek selutut berlengan pendek, bila lebar kain 1,15 meter, maka dibutuhkan bahan untuk ukuran S-M sebanyak 2,5 meter dan ukuran L-XL sebanyak 3 meter. Jika lebar kain 1,5 meter, maka diperlukan bahan untuk ukuran S-M sebanyak 2 meter dan ukuran L-XL sebanyak 2,5 meter.

Butuh berapa meter kain untuk membuat kulot sendiri?

Ada kulot panjang dan ada pula kulot pendek. Model yang manakah yang hendak Anda buat? Untuk membuat kulot panjang sendiri, jika lebar kain 1,15 meter, maka dibutuhkan kain untuk ukuran S-M sebanyak 2 meter dan ukuran L-XL sebanyak 2,25 meter. Bila lebar kain 1,5 meter, maka diperlukan kain untuk kulot panjang ukuran S-M sebanyak 1,25 meter dan kulot panjang ukuran L-XL sebanyak 1,25 meter.

Sedangkan untuk membuat kulot pendek, dibutuhkan bahan untuk ukuran S-M sebanyak 1, 25 meter dan ukuran L-XL sebanyak 1,5 meter jika lebar kain 1,15 meter. Jika lebar kain 1,5 meter, maka diperlukan bahan untuk ukuran S-M sebanyak 90cm dan ukuran L-XL sebanyak 1,10 meter.

Butuh berapa meter kain untuk membuat blouse?

Blouse lengan panjang ataukah blouse lengan pendek yang hendak Anda buat? Jika ingin menjahit blouse lengan panjang, dibutuhkan kain untuk ukuran S-M sebanyak 1,75 meter dan ukuran L-XL sebanyak 2 meter dengan lebar kain 1,15 meter. Jika lebar kain 1,5 meter, diperlukan kain untuk ukuran S-M sebanyak 1,5 meter dan untuk ukuran L-XL sebanyak 2 meter.

Bila ingin membuat blouse lengan pendek dengan lebar kain 1,15 meter, maka dibutuhkan kain untuk ukuran S-M sebanyak 1,5 meter dan ukuran L-XL sebanyak 1,75 meter. Bila lebar kain 1,5 meter, maka diperlukan kain untuk ukuran S-M sebanyak 1,5 meter dan ukuran L-XL sebanyak 1,75 meter.

butuh berapa meter kain untuk buat blouse

image source: freepik.com

Butuh berapa meter kain untuk membuat rok sepan panjang dan rok sepan pendek selutut?

Untuk membuat rok sepan panjang, dibutuhkan kain untuk ukuran S-M sebanyak 1,75 meter dan ukuran L-XL sebanyak 2 meter jika lebar kain 1,15 meter. Bila lebar kain 1,5 meter, diperlukan kain untuk ukuran S-M sebanyak 1,25 meter dan ukuran L-XL sebanyak 1,5 meter.

Sementara itu untuk rok sepan selutut, jika lebar lain 1,15 meter, maka dibutuhkan kain untuk ukuran S-M sebanyak 1,25 meter dan ukuran L-XL sebanyak 1,75 meter. Bila lebar kain 1,5 meter, diperlukan kain untuk ukuran S-M sebanyak 1 meter dan ukuran L-XL sebanyak 1,25 meter.

Butuh berapa meter kain untuk membuat tunik?

Setidaknya ada dua jenis tunik yang dikenal saat ini yakni tunik selutut dan long tunik. Jika ingin menjahit tunik selutut, siapkanlah bahan sebanyak 2 meter untuk ukuran S-M dan bahan sebanyak 2,25 meter untuk ukuran L-XL jika lebar kain 1,15 meter. Bila lebar kain 1,5 meter, maka dibutuhkan bahan untuk ukuran S-M sebanyak 1,75 meter dan ukuran L-XL sebanyak 2 meter.

Sedangkan untuk membuat long tunik, dibutuhkan kain sebanyak 2 meter untuk ukuran S-M dan kain sebanyak 2,25 meter untuk ukuran L-XL dengan lebar kain 1,15. Jika lebar kain 1,5 meter, maka ukuran kain yang dibutuhkan sebanyak 1,75 meter untuk size S-M dan sebanyak 2 meter untuk size L-XL.

butuh berapa meter kain untuk buat tunik

image source:: freepik.com

Butuh berapa meter kain untuk menjahit gamis?

Bergantung modelnya, gamis pada umumnya membutuhkan bahan lebih dari 2 meter. Untuk gamis model biasa, jika lebar kain 1,15 meter, maka dibutuhkan kain untuk size S-M sebanyak 2,5 meter dan size L-XL sebanyak 3 meter. Bila lebar kain 1,5 meter, maka diperlukan kain untuk ukuran S-M sebanyak 2 meter dan untuk ukuran L-XL sebanyak 2,5 meter.

Sementara itu untuk gamis model umbrella, jumlah bahan yang dibutuhkan lebih banyak lagi. Jika lebar kain 1,15 meter, maka diperlukan kain untuk size S-M sebanyak 3 meter dan size L-XL sebanyak 3,5 meter. Bila lebar kain 1,5 meter, dibutuhkan kain untuk size S-M sebanyak 2,5 meter dan size L-XL sebanyak 3 meter.

Butuh berapa meter kain untuk membuat mukena?

Untuk membuat mukena dewasa ukuran standar, dibutuhkan kain 2,5 meter untuk atasan dan kain 1,5 meter untuk bawahan. Sedangkan untuk membuat mukena dewasa ukuran jumbo, diperlukan kain sebanyak 2,75 meter untuk atasan dan 1,75 meter untuk bawahannya.

Berbeda dengan mukena dewasa, bahan untuk membuat mukena anak-anak dikelompokkan berdasarkan usianya.

Mukena anak-anak usia 0-2 tahun

Mukena anak-anak usia 0-2 tahun membutuhkan kain 0,75 meter untuk atasan dan kain 1 meter untuk bawahannya.

Mukena anak-anak usia 2-4 tahun

Mukena anak-anak usia 2-4 tahun memerlukan kain 1 meter untuk atasannya dan kain 1 meter untuk bawahannya.

Mukena anak-anak umur 4-6 tahun

Mukena anak-anak usia 4-6 tahun membutuhkan kain untuk atasan maupun bawahannya masing-masing sebanyak 1,25 meter atau 1,25 meter dikalikan dua.

Mukena untuk umur 8-10 tahun

Mukena anak-anak usia 8-10 tahun membutuhkan kain untuk atasan sebanyak 2 meter dan untuk bawahannya sebanyak 1,25 meter.

Butuh berapa meter kain untuk membuat hijab?

Membuat hijab sendiri terbilang cukup mudahlah lho. Untuk membuat hijab segi empat, carilah kain dengan lebar 1,15 meter dan panjang 1,15 meter atau lebar kain 1,5 meter dan panjang kain 1,5 meter.

Sedangkan untuk membuat hijab pashmina, jika lebar kain 1,15 meter maka dibutuhkan ukuran kain 175cm x 55cm untuk ukuran S-M dan ukuran kain 2m x 85cm untuk ukuran L-XL. Jika lebar kain 1,5 meter, maka dibutuhkan kain 1,8m x 75cm untuk ukuran S-M dan kain 2m x 85cm untuk ukuran L-XL.